22 Manfaat Daun Kacang Panjang Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarokatuh.

Kawan-Kawan semua tentu tahu dengan sayuran kacang panjang dan sedikit banyak punya pengetahuan bahwa kacang panjang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi apakah Kawan-Kawan tahu bahwa daun kacang panjang juga sedap untuk disayur dan selain itu kaya akan manfaat untuk kesehatan?

Seperti kacang panjang, beberapa orang sering memperlakukan daun kacang panjang sebagai sayuran lezat. Bagi sebagian orang lain ini mungkin terdengar aneh, karena mereka tidak pernah mengkonsumsi atau bahkan melihat bentuk daunnya. Bahkan, daun tanaman kacang panjang ini dapat diolah menjadi makanan, dan yang terpenting, selain rasanya, daun kacang panjang memiliki kekayaan yang cukup berlimpah untuk kesehatan.

Tanaman kacang panjang merupakan tanaman perdu semusim. Tanaman ini berbentuk perdu yang tumbuhnya menjalar. Namun tahukah Kawan-Kawan, bahwa tanaman lembayung atau kacang panjang bukan tanaman asli Indonesia melainkan berasal dari India dan Afrika Tengah.

Menurut (Asripah,2009), Bagian dari tanaman kacang panjang yang diolah menjadi sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, daunnya dapat dijadikan sayuran hijau. Sedangkan yang dgunakan untuk obat yaitu akar, daun dan buah dari kacang panjang.

Daun kacang panjang sering juga disebut sebagai daun lembayung. Daun lembayung memiliki ciri ciri sebagai berikut.daunnya merupakan daun majemuk, terdiri dari sekitar tiga helai lonjong, berseling, panjang dari daunnya berkisar antara 6 hingga 8 cm, memilikii lebar daun 3 hingga 4,5 cm, tulang daun menyirip dan berwarna hijau. Bunga tanaman ini majemuk, berwarna hijau keputih-putihan.

Orang Jawa menyebut kacang panjang sebagai kacang lanjaran, orang Cina menamainya taukok, kacang belot (Malaysia) dan lembayung in english adalah yardlong bean atau asparagus bean.;

Kandungan Senyawa Dalam Daun Lembayung;

Tidak banyak orang tahu bahwa daun kacang panjang mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan Kawan-Kawan. Dalam 100 gram daun kacang panjang, ada kalori 43 kkal, karbohidrat 5,8 gram, protein 4,1 gram, lemak 0,4 gram, fosfor 145 miligram, besi 6 miligram. Selain itu, daun kacang panjang juga diperkaya dengan sejumlah nutrisi baik lainnya seperti Vitamin A 5240 UI, Vitamin C hingga 29 miligram, Vitamin B1 0,28 miligram, dan vitamin tingkat rendah lainnya.

Berikut ini manfaat daun lembayung atau daun kacang panjang untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Produksi ASI Pada Ibu Menyusui;

Tahukah Kawan-Kawan bahwa dalam ASI terkandung lemak rantai panjang, enzim lipase serta kandungan vitamin yang lengkap. Mineral pada ASI kadarnya sangat sedikit tetapi dapat memenuhi kebutuhan bayi sampai 6 bulan.

Dalam ASI kandungan gizinya berbeda dengan susu sapi, untuk itulah, pemberian ASI eksklusif wajib diberikan sampai bayi berumur 6 bulan. Namun kadang ada masalah pada ibu yang menyusui dimana produksi ASI kurang.

Namun jangan khawatir karena ada manfaat daun kacang panjang untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. karena pada Daun kacang panjang terkandung saponin dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Dimana peran dari hormon prolaktin tersebut masuk kedalam peredaran darah dan kelenjar-kelenjar pembuat ASI, dari kelenjar tersebutah dapat merangsang produksi ASI;

2. Sebagai Antidiabetes;

Daun kacang panjang dipercaya sebagai obat herbal yang berkhasiat dalam memerangi diabetes karena memiliki kandungan flavonoid. Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam berbagai penelitian ilmiah, dimana flavonoid dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Selain mengatasi diabetes atau kelebihan kadar gula darah dengan daun kacang panjang tersebut penerapan pola hidup sehat juga perlu dilakukan agar diabetes dapat dihindari;

3. Berperan Sebagai Diuretik atau Peluruh Kencing;

Manfaat daun kacang panjang yang selanjutnya adalah dapat digunakan untuk memperlancar buang air kecil atau diuretik.

Perlu Kawan-Kawan ketahui bahwa selain asupan gizi yang seimbang, sistem pembuangan sisa makanan yang lancar pada tubuh kita, termasuk buang air kecil supaya kesehatan kita tidak terganggu.

Dengan rajin mengkonsumsi daun kacang panjang maka setidaknya kita telah mencegah salah satu penyakit pada sistem pembuangan;

4. Mencegah Kekurangan Darah atau Anemia;

Daun kacang panjang ternyata bisa membantu mencegah anemia. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi, vitamin C, dan kalsium yang ada dalam daun kacang panjang.

Kandungan-kandungan dalam daun kacang panjang ini bisa membantu memproduksi sel darah merah lebih banyak. Dan jika produksi sel darah merah bisa terpenuh, kekhawatiran terhadap anemia bisa teratasi.

Cara konsumsi daun kacang panjang ini bisa dengan membuatnya menjadi ramuan atau juga bisa dijadikan sayur untuk pelengkap menu makan sehari-hari.;

5. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang;

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang menopang berat badan kita, tulang yang sehat serta kuat diperlukan agar dapat mendukung kegiatan sehari hari kita.

Jika tulang dalam kondisi kurang baik akibat osteoporosis, maka akan sulit bagi kita dalam melakukan kegiatan dan aktivitas fisik, termasuk bekerja. Mengganggu sekali bukan? Selain itu bila dibiarkan akan menyebabkan tulang menjadi cedera bila terlalu dipaksakan.

Maka dari itu dalam rangka memelihara kesehatan tulang kita, diperlukannnya asupan kalsium yang cukup dalam tubuh, kalsium tersebut selain dapat Kawan-Kawan temukan pada susu, juga bisa Kawan-Kawan jumpai pada daun kacang panjang;

6. Menjaga Kesehatan Gigi;

Gigi juga merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh kita selain tulang, umumnya masalah gigi keropos akan menyerang orang lansia, namun yang muda pun dapat terserang keropos gigi, salah satu penyebabnya adalah konsumsi makanan yang mengandung gula.

Bila gigi kita sudah keropos maka rasanya tidak bisa dibayangkan, kalau tidak percaya tanyakan saja pada orang yang telah mengalami gigi bolong.

Tidur menjadi susah dan kepala terasa pusing, tubuh terasa sakit semua, untuk itu asupan kalsium selain berguna untuk menyehatkan tulang, memilik fungsi untuk menguatkan gigi agar tidak mudah keropos;

7. Melancarkan Aliran Darah Pada Arteri;

Tentunya Kawan-Kawan telah mengetahui bahaya dan penyakit yang ditimbulkan akibat dari aliran darah yang tersumbat, ya, salah satunya yakni dapat menyebabkan stroke.

Hal tersebut disebabakan karena darah yang membawa suplai oksigen keotak kita dan sari makanan keseluruh tubuh tersumbat. Untuk mengatasinya sebaiknya rutin mengkonsumsi sayur sayuran yang dapat melancarkan aliran darah seperti daun kacang panjang ini;

8. Mampu Mengatasi Tekanan Darah Tinggi;

Penyakit serangan jantung merupakan salah satu penyakt yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi daun lembayung secara teratur, maka tekanan darah pun akan normal, karena adanya manfaat daun lembayung untuk mengatasi hipertensi.

Hal itu disebabkan oleh manfaat daun kacang panjang yang dapat melancarkan aliran darah pada arteri;

9. Mencegah Terjadinya Keputihan;

Bila Kawan-Kawan seorang wanita dan kurang rajin dalam menjaga kebersihan organ reproduksi maka hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan.

Untuk mencegah terjadinya keputihan selalulah jaga kebersihan organ reproduksi dan konsumsi sayur-sayuran seperti daun kacang panjang;

10. Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kemih;

Manfaat daun kacang panjang yang satu ini disebabkan karena dalam daun lembayung terdapat kandungan antibakteri.

Dimana penyebab dari infeksi saluran kemih salah satunya karena adanya mikroorganisme atau bakteri dalam saluran kemih, yang menyebabkan rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil.

Tentunya mengganggu bukan? Tapi Kawan-Kawan jangan khawatir, selain khasiat daun kacang panjang untuk mengatasi diabetes, ternyata daun kacang panjang juga mampu berperan dalam mengatasi dan membasmi bakteri penyebab infeksi;

11. Mampu Menjaga Kesehatan Mata;

Kesehatan mata perlu kita jaga, karena dengan mata kita dapat melihat dunia ini, maka dari itu mata merupakan organ paling penting dalam tubuh.

Selama ini yang kita ketahui bahwa kesehatan mata dapat terjaga bila asupan vitamin A Cukup, dan yang kita ketahui umumnya vitamin A didapat dari wortel.

Namun tahukah Kawan-Kawan, bahwa dalam daun kacang panjang terkandung vitamin yang lengkap, termasuk vitamin A. Jadi selain dengan mengkonsumsi wortel, alternatif lain adalah dengan mengkonsumsi daun kacang panjang tersebut;

12. Membantu Menjaga Kesehatan Otot;

Kebanyakan orang akan menerapkan pola makan sedekmikian rupa dan beloahraga atau nge-gym untuk mendapatkan otot yang kuat serta sehat. Selain dengan menerapkan hal hal diatas, manfaat untuk menjaga kesehatan otot dapat Kawan-Kawan temui juga pada daun kacang panjang ini;

13. Mengatasi Masalah Nafsu Makan;

Akibat dari menurunnya nafsu makan adalah dapat menyebabkan tubuh kurang suplai nutrisi, sehingga bedampak buruk pada kesehatan kita. Umumnya hal ini terjadi pada usia anak anak.

Hal tersebut jangan dibiarkan, karena pada masa kanak kanak sedang terjadi fase perkembangan dimana sangat membutuhkan asuan nutrisi yang lebih banyak dan lengkap ketimbang orang dewasa.

Dengan rutin mengkonsumsi daun kacang panjang, nafsu makan dapat ditingkatkan sehingga kekhawatiran akan kekuragan gizi tidak lagi menghantui;

14. Melancarkan Susah Buang Air Besar;

Manfaat daun kacang panjang yang selanjutnya adalah melancarkan sudah buang air besar. Manfaat itu dapat kita rasakan bila kita mengkonsumsi daun tersebut secara rutin. Kandungan serat didalamnya akan mengatasi munculnya masalah sembelit atau susah buang air besar.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyebab dari sembelit adalah kurangnya asupan serat serta air yang diperlukan oleh tubuh dalam aktivitas pencernaam, kandungan serat didalamnya mampu membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan serat harian;

15. Baik untuk kesehatan Payudara;

Untuk ibu ibu yang sedang dalam tahapan menyusui, kadang-kadang ada saja yang mengalami pembengkakan pada payudaranya.

Konsumsi daun kacang panjang mampu menjaga kesehatan payudara, hal tersebut juga telah dibuktikan dengan banyaknya penelitian mengenai khasiat daun kacang panjang untuk payudara, selain itu orang jaman dahulu juga telah menggunakan daun kacang panjang untuk mengatasi masalah yang satu ini;

16. Mengatasi Radang Sendi;

Manfaat daun kacang panjang berikutnya ialah mengatasi radang sendi. Kandungan senyawa anti inflamasi pada daun kacang panjang dipercaya dapat membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga hal ini berfungsi efektif meredakan radang sendi dan rematik.

Untuk mendapatkan khasiatnya cukup mudah. Kawan-Kawan hanya perlu mengonsumsi daun kacang panjang secara langsung. Selain itu, daun kacang panjang juga dapat diolah menjadi aneka masakan, seperti lalapan, pecel, dan beragam tumisan;

17. Mencegah Penumpukan Kolestrol;

Kawan-kawan tentu telah mengetahui apa saja penyakit mematikan yang dapat menyerang akibat dari menumpuknya kolestrol dalam tubuh.

Namun tahukah Kawan-Kawan bahwa kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh dalam kondisi tertentu? Daun lembayung mampu mencegah penumpukan kolesterol dalam tubuh kita sehingga mampu menghindarkan kita dari terserang penyakit-penyakit akibat berlebihannya kadar kolesterol dalam tubuh kita;

18. Membantu Diet;

Nah seperti yang telah dijelaskan diatas, daun kacang panjang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol sesrta dapat mengatasi masalah sembelit, selain itu daun kacang panjang juga berkhasiat dalam melancarkan pencernaan.

Maka dari itu ada manfaat daun kacang panjang untuk membantu program diet Kawan-Kawan, selain dengan menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga tentunya.

19. Mencegah Kerontokan Rambut;

Hati-hati jika Kawan-Kawan memiliki masalah dengan kerontokan rambut. Hal tersebut karena kerontokan rambut apabila tidak segera ditangani, secara bertahap dapat menyebabkan kebotakan. Keontokan rambut bisa diatasi dengan daun lembayung atau daun kacang panjang. Caranya adalah dengan menyiapkan 11 lembar daun kacang panjang muda, tambahkan 9 lembar daun waru lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan secara merata ke kulit sambil dipijat merata. Kemudian bungkus kepala dengan handuk dan biarkan campuran menembus ke dalam pori-pori kepala;

20. Mencegah Pembengkakan;

Kanudungan anti inflamasi atau anti peradangan dalam daun kacang panjang mampu mengatasi masalah pembengkakan pada area tubuh kita;

21. Mencegah Risiko Terkena Kanker;

Kandungan antioksidan dalam daun kacang panjang cukup tinggi, dimana antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya kanker.

Sehingga dengan rutin mengkonsumsi daun kacang panang sejak dini, kita telah berusaha untuk mencegah munculnya penyakit mematikan ini;

22. Meningkatkan Stamina Tubuh;

Karena kandungan gizi dan nutrisi yang cukup banyak dalam daun kacang panjang ini maka daun tersebut bermanfaat menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh;

Cara Mengolah Daun Lembayung:

1. Ditumis Atau Dioseng;

Olahan sayuran lembayung yang satu ini cukup banyak digunakan untuk mengolah daun lembayung, agar rasanya lebih enak saat kita makan;

2. Dikukus Dan Dijadikan Lalapan;

Tahukah Kawan-kawan bahwa dengan cara mengukus maka sayur-sayuran tidak akan banyak kehilangan nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya. Setelah dikukus Kawan-kawan dapat mencampurnya saat memakan nasi sebagai lalapan;

3. Juice Daun Kacang Panjang;

Mungkin untuk hal yang satu ini yakni dengan membuat jus terdengar aneh, namun bila Kawan-kawan sedang dalam program diet, sebaiknya rutin mengkonsumsi olahan jus daun kacang panjang dan dicampur sayuran lain yang kaya akan serat;

Nah Kawan-Kawan semua, itulah informasi tentang 22 manfaat daun kacang panjang untuk kesehatan dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar