Ma Syaa Allah, Inilah 31 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kawan-Kawan semua, buah pepaya mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalori, serat, protein, vitamin A, kalsium, magnesium, dan vitamin B1. Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, tetapi biji yang ada di dalam buah pepaya pun juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat biji pepaya ini dapat memberikan kita kesehatan secara alami di dalam tubuh dengan mudah.

Biji pepaya memiliki ukuran yang kecil dan rasa yang sedikit pedas. Biji pepaya dapat dikonsumsi secara langsung, cara dikeringkan, atau dihaluskan. Dan Kawan-Kawan bisa mengonsumsi olahan biji pepaya dengan berbagai jenis sajian. Biji pepaya sendiri memiliki banyak sekali kandungan luar biasa yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh.

Biji pepaya kering mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut kandungan nutrisi yang rerdapat di dalamnya, antara laiin: Kalori, Protein, Lemak, Serat, Zat besi, Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Seng (zinc). Biji pepaya juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat, serta mengandung polifenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan kuat.

Seperti daging pepaya, bijinya juga memiliki banyak manfaat yang tak kalah menyehatkan untuk tubuh. Ini berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini daftar manfaat biji pepaya bagi kesehatan.

Berikut ini 31 manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Menyehatkan saluran pencernaan;

Biji pepaya dapat memberikan kesehatan pada saluran pencernaan. Biji pepaya mampu membunuh bakteri dan parasit berbahaya yang ada di saluran pencernaan.

Cara mengonsumsi biji pepaya yaitu, Kawan-Kawan dapat menjadikan biji pepaya sebagai minuman pengganti kopi. Cuci bersih biji pepaya, lalu keringkan selama 2-3 hari, setelah kering tumbuk biji pepaya hingga halus. Setelah itu seduh bubuk biji pepaya seperti layaknya menyeduh kopi, tambahkan madu atau gula jika menginginkan rasa manis. Alternatifnya adalah dengan cara mengonsumsi satu sendok biji pepaya setiap hari;

2. Melancarkan Pencernaan;

Sama seperti daging buah pepaya, biji pepaya juga berguna untuk memelihara fungsi pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam biji pepaya mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, maka buang air besar menjadi lebih lancar dan risiko sembelit bisa dihindari. Pancernaan yang sehat juga dapat membuat kita terhindari berbagai penyakit pencernaan seperti radang usus, luka usus, dan wasir.

Cara mengonsumsi biji pepaya yaitu, Kawan-Kawan dapat menjadikan biji pepaya sebagai minuman pengganti kopi. Cuci bersih biji pepaya, lalu keringkan selama 2-3 hari, setelah kering tumbuk biji pepaya hingga halus. Setelah itu seduh bubuk biji pepaya seperti layaknya menyeduh kopi, tambahkan madu atau gula jika menginginkan rasa manis. Alternatifnya adalah dengan cara mengonsumsi satu sendok biji pepaya setiap hari;

3. Menjaga kesehatan ginjal;

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan selanjutnya adalah melindungi ginjal. Biji pepaya dipercaya mampu melindungi ginjal dari gagal ginjal akibat racun. Biji pepaya dapat berperan layaknya parasetamol, yang dapat melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal Kawan-Kawan.

Kawan-Kawan perlu mengambil ekstrak biji pepaya yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok air perasan lemon. Konsumsi dua kali dalam sebulan dapat membuat ginjal semakin sehat. Alternatifnya, Kawan-Kawan dapat membuat smoothies dengan mencampur biji pepaya dan beberapa buah-buahan sesuai selera. Selain itu Kawan-Kawan juga dapat menggunakan biji pepaya sebagai bahan pengganti lada hitam. Caranya yaitu, Kawan-Kawan cuci bersih biji pepaya, lalu keringkan atau masukan ke dalam oven dan panggang selama 2-4 jam. Setelah dingin tumbuh biji hingga halus. Selesai, biji pepaya siap digunakan;

4. Mencegah kanker;

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Penyakit berbahaya yang satu ini dapat Kawan-Kawan hindari dengan rajin mengonsumsi biji pepaya loh. Kandungan Flavonoid dalam biji pepaya dapat mencegah risiko tumbuhnya sel-sel kanker melalui mekanisme antioksidan dan anti radang.

Kandungan antioksidan likopen yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker dan nutrisi yang sangat banyak, membuat biji pepaya memiliki sifat anti kanker.

Biji buah pepaya memiliki kandungan phytonutrient isothiocyanate yang bisa menurunkan risiko kanker prostat dengan signifikan. Jika Kawan-Kawan rutin mengonsumsi biji pepaya, hal itu bisa membuat Kawan-Kawan lebih baik dalam mencegah kanker prostat. Biji pepaya juga berkhasiat untuk mencegah kanker payudara.

Kawan-Kawan bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau madu yang dicampurkan dengan biji pepaya yang sudah di haluskan. Minuman ini dapat diminum secara langsung atau direbus terlebih dahulu disesuaikan dengan selera masing-masing;

5. Menjaga kesehatan dan mendetoksinasi hati;

Biji Pepaya diketahui dapat melindungi hati dari kerusakan dan induksi kimiawi. Di dalam biji pepaya terdapat kandungan nutrisi vital yang dapat menyembuhkan sirosis atau kerusakan pada hati. Itulah mengapa biji pepaya dapat menjadi salah satu bahan untuk membersihkan hati di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji pepaya Kawan-Kawan dapat menghaluskan 5-6 biji pepaya, lalu campurkan pada makanan atau jus. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari, dalam kurun waktu 1 bulan agar hati kembali sehat;

6. Menyehatkan usus;

Biji pepaya kaya akan serat sehingga berfungsi mengatur pergerakan usus, mengeluarkan racun dari tubuh, dan dengan demikian menjaga usus yang sehat.

Carpaine, senyawa kimia yang ditemukan dalam biji pepaya dipercaya dapat membunuh bakteri dan parasit di usus, sehingga sistem pencernaan tetap sehat;

7. Mengatasi inflamasi;

Biji pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain enzim yang mampu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan radang. Selain itu biji pepaya juga memiliki kandungan anti inflamasi yang membuat biji pepaya mampu meredakan radang sendi, bengkak, dan kemerahan pada kulit terkait dengan beberapa masalah kesehatan seperti asam urat, nyeri sendi, asma dan arthritis.

Untuk mendapatkan manfaat biji pepaya guna mengatasi peradangan karena asam urat atau arthritis, Kawan-Kawan dapat mengunyah langsung 1 sendok biji pepaya setiap hari atau dapat ditumbuk halus. Kemudian beri tambahan madu untuk mengurangi rasa pedas dari biji pepaya. Selain itu Kawan-Kawan juga bisa menambahkan biji pepaya yang telah dihaluskan sebagai bumbu pelengkap masakan.

8. Mencegah perkembangan bakteri;

Bakteri jahat memang sangat berbahaya untuk tubuh, karena dapat memberikan penyakit. Namun nyatanya Kawan-Kawan bisa kok mencegah perkembangan bakteri di dalam tubuh dengan menggunakan ekstrak biji pepaya.

Kawan-Kawan bisa menggunakan manfaat biji pepaya ini untuk mengatasi bakteri jahat seperti, escherichia coli, staphylococcus, dan salmonella, yang ada dalam sistem pencernaan Kawan-Kawan. Sehingga perkembangan bakteri jahat bisa teratasi dengan sangat baik dan tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Beberapa bakteri seperti Salmonella, Staph, dan E.coli dapat dilawan hanya menggunakan beberapa butir biji pepaya. Selain itu, biji yang memiliki rasa kuat ini juga ampuh dalam menangkal infeksi yang disebabkan oleh virus. Oleh karenanya, cara paling ampuh menyembuhkan seseorang yang keracunan adalah dengan biji dari pepaya;

9. Membuang parasit dalam tubuh;

Tidak hanya mampu mencegah perkembangan bakteri jahat saja, nyatanya manfaat biji pepaya juga mampu membuang parasit di dalam tubuh kita loh Kawan-Kawan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat biji pepaya bisa didapatkan karena enzim proteolytic yang membantu menyingkirkan parasit yang ada di pencernaan.

Enzim ini membantu memecah protein sekaligus parasit beserta dengan telurnya. Meski begitu, temuan terkait hal ini dibutuhkan penelitian lanjutan. Agar khasiat biji pepaya optimal dalam menyingkirkan infeksi parasit, Kawan-Kawan bisa mencampurkan 1-2 sendok bubuk biji pepaya dalam 1 gelas air hangat. Minumlah di pagi sebelum sarapan selama 3 hari berturut-turut;

10. Menurunkan kolesterol jahat;

Biji pepaya mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Asam lemak ini mengontrol kadar kolesterol dengan mengurangi low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat. Biji pepaya juga kaya akan serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan demikian, mengonsumsinya dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh;

11. Menjaga Kesehatan Rambut;

Ternyata tidak hanya memberikan kesehatan pada tubuh saja loh Kawan-Kawan, manfaat biji pepaya juga mampu menjaga kesehatan pada rambut Kawan-Kawan. Hal ini karena di dalam biji pepaya terkandung vitamin A yang cukup tinggi. Dan kandungan ini menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum di mana dapat menjaga kelembapan rambut.

Selain itu, vitamin C dalam biji pepaya warna putih juga dapat membangun dan memelihara kolagen sehingga memberikan struktur pada kulit. Sehingga kulit kepala Kawan-Kawan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari bakteri penyebab ketombe berlebih;

12. Mengatasi uban;

Selain menjaga kesehatan rambut, biji pepaya pun dipercaya dapat membantu menghilangkan uban di rambut. Salah satu cara mengatasi uban yang banyak orang tidak ketahui adalah menggunakan biji pepaya. Cara mendapatkan manfaatnya yaitu dengan menumbuk halus bijinya yang telah dikeringkan sebelumnya. Gunakanlah bubuk halus biji pepaya secara rutin pada saat keramas;

13. Membantu mengatasi jerawat;

Bagi Kawan-Kawan yang memiliki jerawat, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat adalah biji pepaya yang dipadukan dengan daun pepaya.

Buatlah pasta yang berasal dari biji dan daun pepaya. Oleskan pasta ini pada area wajah yang berjerawat dan biarkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Ramuan ini membantu memperbaiki jaringan kulit yang terdapat jerawat;

14. Memperlambat pertumbuhan sel tumor;

Menurut sebuah penelitian, biji pepaya mengandung komponen immunomodulatory yang mampu memperlambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu, khasiat biji pepaya juga berasal dari antioksidan jenis flavonoid dan fenolik.

Senyawa fenolik yang berperan sebagai antioksidan memiliki kemampuan untuk pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif, kanker, penuaan dini, dan gangguan sistem imun tubuh. Sementara flavonoid dalam beberapa penelitian disebutkan mampu menjadi antibakteri, antivirus, antiradang, antialergi, dan antikanker;

15. Mengatasi nyeri otot;

Nyeri pada otot dapat dialami oleh siapa saja, dan tentu saja nyeri otot ini sangat mengganggu aktivitas harian Kawan-Kawan. Namun tenang Kawan-Kawan, Kawan-Kawan bisa kok mengatasi nyeri otot pada tubuh dengan menggunakan manfaat biji pepaya.

Hal ini karena, biji pepaya memiliki kandungan berupa enzim anti inflamasi. Kandungan enzim ini berfungsi meredakan nyeri otot dengan baik dan juga efektif. Kawan-Kawan bisa mengonsumsi 1 sendok biji pepaya untuk mengatasi nyeri pada otot;

16. Mengatasi Asam Lambung;

Manfaat biji pepaya yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi asam lambung. Yup! Asam lambung bisa terjadi pada siapa saja, bila sudah seperti ini maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Kawan-Kawan. Assam lambung sendiri terjadi karena seseorang telat makan atau salah mengonsumsi sesuatu yang membuat asam pada lambung mereka naik.

Bila sudah begini maka tubuh akan mengalami gejala seperti nyeri di dada, perut terasa mual, hingga merasa sakit kepala dan migrain. Bila sudah seperti ini, maka Kawan-Kawan bisa kok menggunakan manfaat biji pepaya Kawan-Kawan. Hal ini karena enzim papain dalam pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan.

Ahli gizi pendiri Top Balance Nutrition AS, Maria Bella, M.S., R.D menjelaskan bahwa, enzim dan serat dalam pepaya bisa mengurangi gejala asam lambung naik seperti panas hebat di perut atas sampai dada (heartburn). Sehingga tidak heran bila biji pepaya dapat mengatasi asam lambung yang naik dengan baik. Kawan-Kawan dapat mengonsumsi 1 sendok biji pepaya setiap hari untuk mendapatkan manfaat tersebut. Atau, bisa juga Kawan-Kawan makan daging buah pepaya matang sekalian bijinya;

17. Menurunkan darah tinggi;

Buah dan Biji Pepaya memiliki kandungan potasium yang mampu menurunkan tekanan darah. Satu buah pepaya beserta bijinya mengandung kurang lebih 16 persen kebutuhan tubuh akan potasium. Bahkan dibandingkan dengan buah melon dan tomat, buah pepaya mengandung potasium yang paling tinggi, yaitu 781 mg per buahnya.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji pepaya, Kawan-Kawan bisa menambahkan buah pepaya dan bijinya ke dalam salad. Selain itu jika Kawan-Kawan pecinta steak, Kawan-Kawan bisa memanfaatkan biji pepaya yang telah di haluskan sebagai taburan di atas steak Kawan-Kawan;

18. Mengatasi keracunan makanan;

Keracunan makanan bisa dialami oleh siapa saja, dan dengan mengonsumsi sedikit biji pepaya maka Kawan-Kawan dapat mencegah atau menyembuhkan pasien akibat keracunan makanan. Hal ini karena kandungan anti bakteri dan anti jamur dalam biji pepaya dapat membasmi dengan baik bakteri seperti E.coli, staph, dan salmonella yang menyebabkan keracunan makanan. Sehingga biji pepaya ini sangat baik dalam mengatasi berbagai macam orang yang keracunan makanan;

19. Obat Tifus dan Demam Berdarah;

Bukan hanya mengatasi orang yang keracunan makanan saja, nyatanya biji pepaya juga mampu menangkal berbagai infeksi akibat virus yang bisa mengakibatkan penyakit tifus dan demam berdarah loh Kawan-Kawan. Bahkan di Nigeria, biji pepaya yang dicampur susu terbukti dapat menyembuhkan demam tifus. Sehingga bila Kawan-Kawan mengalami tifus atau demam berdarah, maka dapat diobati dengan mengonsumsi biji pepaya;

20. KB Alami;

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan selanjutnya adalah, sebagai KB alami. Untuk menekan peningkatan penduduk di negara kita, pemerintah mengeluarkan kebijakan 2 anak lebih baik dan menekankan para pasangan untuk melakukan KB. Namun sayangnya, efek samping dari pil KB kadang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang memiliki efek berjerawat, kulit menjadi hitam, dan berat badan yang naik secara drastis.

Karena itu memanfaatkan biji pepaya adalah solusi untuk Kawan-Kawan yang ingin KB secara alami dan aman. Biji buah pepaya mampu mengurangi jumlah sperma pada pria. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa ekstrak biji pepaya dapat menurunkan vitabilitas (usia hidup sperma) dan motilitas (gerak sperma) pada pria;

21. Mengatasi kram otot dan nyeri selama menstruasi;

Biji pepaya memiliki sifat antiinflamasi sehingga dipercaya mampu meredakan kram otot dan nyeri selama periode menstruasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi satu sendok biji pepaya untuk mengatasi masalah terkait nyeri otot;

22. Melawan infeksi;

Khasiat biji pepaya juga dipercaya mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur dan parasit tertentu. Mengonsumsi ekstrak biji pepaya kering bersama madu ternyata efektif untuk menghilangkan parasit yang ada di usus sehingga kerja usus menjadi lancar;

23. Sumber antioksidan;

Biji pepaya merupakan antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas;

24. Anti bakteri;

Ekstrak dari biji pepaya akan membantu menyerang berbagai bakteri jahat seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, dan Salmonella, yang ada dalam sistem pencernaan kita;

25. Mencegah virus;

Ternyata biji pepaya mampu memerangi virus jahat yang ada pada tubuh. Bahkan di Costa Rika, Amerika Tengah, biji pepaya dianggap sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Maka dari itu manfaat biji pepaya untuk mencegah virus;

26. Mencegah stress;

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah mencegah stress. Biji pepaya dapat mencegah tubuh dari stres oksidatif. Jus yang dibuat dari biji pepaya dapat bekerja secara efisien dalam mengekang efek radikal bebas dalam tubuh dan mencegahnya tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan.

27. Membunuh cacing di perut;

Makan biji pepaya adalah salah satu cara alami terbaik untuk manfaat biji pepaya yang menyingkirkan cacing di dalam perut dan bisa merusak kesehatan pencernaan;

28. Menurunkan berat badan;

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Kandungan lipid sehat dan kalium di dalam kombinasi biji pepaya dan madu akan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga membantu untuk menurunkan berat badan;

29. Membentuk otot;

Kombinasi biji pepaya dan madu tinggi akan protein sehingga membantu membangun jaringan otot dan akan membuat tubuhmu terlihat lebih kencang;

30. Melawan kelelahan;

Manfaat biji pepaya selanjutnya dalah melawan kelelahan. Biji pepaya dan madu mengandung glucosinolates yang membantu tubuh untuk melawan kelelahan;

31. Membunuh virus flu;

Kandungan zat antioksidan yang kuat dalam biji pepaya dan madu akan membuat sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat sehingga bermanfaat untuk melawan virus flu;

Efek Samping Biji Pepaya;

Meskipun memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan, biji buah pepaya kemungkinan memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini efek sampingnya:

1. Beberapa penelitian kecil menemukan adanya kaitan antara kandungan pada biji pepaya yang belum matang dengan gangguan pertumbuhan janin. Namun, hal ini belum dapat disimpulkan sepenuhnya. 

2. Penelitian pada hewan menunjukan adanya kaitan  biji pepaya dengan penurunan jumlah sperma.

3. Menyebabkan diare.

Kawan-Kawan, Itulah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki segundang manfaat, namun konsumsi biji buah ini harus dibatasi agar tidak menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan tubuh;

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Komentar