Ma Syaa Allah, Inilah 45 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan Tubuh

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Kawan-Kawan adakah yang belum tahu petai cina? 

Tumbuhan petai cina banyak dijumpai di Indonesia. Nama latin petai cina adalah Leucaena glauca, tumbuhan ini sebetulnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, yang kemudian menyebar luas dan mudah beradaptasi di daerah tropis seperti Indonesia. Pohon lamtoro bisa ditemui di dataran rendah dan memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah, seperti kalanding (Madura) dan petai selong (Sumatera).

Pohon lamtoro disebut sebagai petai selong karena buahnya yang mirip buah petai (Parkia speciosa), tapi ukurannya jauh lebih kecil dan penampangnya lebih tipis. Biji petai cina sendiri berbentuk lonjong dan pipih serta berwarna hijau saat muda dan cokelat bila sudah tua.

Ciri lain dari pohon adalah ialah bentuk bunga yang berjambul berwarna putih atau sering disebut cengkaruk. Sedangkan batangnya berukuran tidak besar, namun keras, serta bagian akarnya tunggang dan daunnya majemuk.

Di daerah Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro atau kemlandingan. Biji tanaman ini sering dijadikan kudapan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari berbagai sayuran seperti mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal membuat makanan ini sering dijadikan teman berbuka puasa. 

Kandungan Senyawa Petai Cina:

Dalam daun dan buah petai cina terkandung beberapa zat yang bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya:

Kandungan Pada Daun Petai Cina:

alkaloid, saponin, lektin, flavonoid, tanin, mimosin, leukanin, protein, kalsium, fosfor, besi, asam lemak, serat, vitamin A, dan vitamin B;

Kandungan Pada Biji Petai Cina:

kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, zat besi, vitamin A, mimosin, leukanin, leukanol dan vitamin B1;

Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan:

Berikut ini manfaat petai cina untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Sumber Antioksidan;

Salah satu sumber radikal bebas adalah asap rokok yang mengandung superoksida, hidrogen peroksida, hidrosil dan peroksil. Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok pria terbesar di ASEAN yaitu 67,4 persen pria di Indonesia adalah perokok.

Radikal bebas merupakan penyebab kanker, untuk mencegah kanker, diperlukan antioksidan. Dikutip dari Harjanto superdioksida dismutase yang merupakan antioksidan endogen akan mengkatalis reaksi dismutase radikal bebas anion superoksida menjadi hidrogen peroksida dan molekul oksigen sehingga anion superoksida tidak dapat menyerang sel tubuh.

Superioksida dismutase dapat anda temukan pada daun petai cina, dikutip dari Butarbutar dkk 2016, bahwa ekstrak etanol daun petai mengandung mempengaruhi aktivitas superoksida dismutase tetapi yang paling efektif adalah dosis 100 miligram per kilogram Berat Badan.

Khasiat petai sebagai antioksidan dikutip dari Rohyami 2008, dimana dalam daun petai cina terkandung zat aktif alkaloid, saponin, flavanoid dan tanin. Flavanoid termasuk senyawa fenolik alam yang potensial sebagai antioksidan dan mempunyai bioaktifitas sebagai obat;

2. Mampu Mengontrol Kadar Gula;

Kelebihan kadar gula atau diabetes mellitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatkan kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya.

Penyakit Diabetes Mellitus, yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemi, secara abnormal merupakan salah penyakit yang akan meningkat jumlahnya di masa depan.

Diabetes mellitus tidak bisa disembuhkan, akan tetapi dapat dikontrol, sehingga penyakit ini akan terjadi seumur hidup, jadi diabetes membutuhkan pengobatan dalam jangka panjang, dengan tujuan untuk mempertahankan kadar gula darah dalam batas normal.

Manfaat petai cina mampu mengontrol kadar gula dalam darah, dikutip dari penelitian Silvita dkk, menyimpulkan bahwa pemberian infusa biji petai cina mampu menurunkan kadar gula darah puasa pada mencit model diabetes dengan dosis 0.03 gram per 20 gram Berat Badan;

3. Mempercepat Penyembuhan Luka;

Manfaat daun petai cina mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, dalam daun petai cina terkandung bahan kimia yang dpaat menyembuhkan luka tanpa menimbulkan efek samping seperti iritasi.

Flavonoid dalam daun petai cina mampu berperan sebagai antiperadangan pada luka. Perawatan luka untuk mempercepat penyembuhan luka dengan petai cina cukup dengan cara daunnya dikunyah atau digerus lalu ditempelkan pada luka.

Dikutip dari Rahmawati 2016, efek perawatan luka bersih dengan menggunakan gerusan daun petai cina 30 gram dapat mempercepat penyembuhan luka bersih dengan rata rata penyembuhan 5,8 dengan lama penyembuhan terbanyak pada hari ke 5;

4. Anti Peradangan;

Penyebab peradangan atau inflamasi disebabkan oleh berbagai rangsangan yang mencakup luka luka fisik, infeksi, panas dan interaksi antigen dan antibodi. Inflamasi atau orang awam biasa menyebutnya radang atau bengkak adalah sebuah kerusakan jaringan atau reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh demam, bengkak dan nyeri.

Petai cina merupakan tanaman yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan terbukti digunakan oleh masyarakat untuk mengobati peradangan atau inflamasi.

penelitian mengenai antiperadangan yang dilakukan oleh Wahyuni 2006, menunjukkan bahwa menggunakan infusa daun petai cina memiliki efek antiinflamasi terhadap tikus putih jantan galur Wistar yang diinduksi dengan karagenin 1% dengan nilai AUC (ml Jam) sebesar 0,24;

5. Mencegah Infeksi;

Di negara negara berkembang, penyakit infeksi masih menjadi penyebab utama tingginya angka kesakitan atau morbidity dan angka kematian, penyebab infeksi adalah mikroba patogen yang sifatnya dinamis.

Dikutip dari Otto 2010, Staphylococcus aureus umumnya hidup pada kulit dan membran mukosa manusia. Merupakan jenis bakteri yang sering menyebabkan infeksi pada manusia. Hampir setiap orang akan mengalami beberapa tipe infeksi Staphylococcus aureus sepanjang hidupnya, dari infeksi kulit ringan, keracunan makanan, sampai infeksi berat.

Manfaat petai cina untuk mencegah infeksi disebabkan karena daun petai cina dapat digunakan sebagai antibakteri karna mengandung senyawa aktif leupol.

Menurut penelitian Utami dkk, 2019 kombinasi ekstrak etanol daun patai cina dan lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, dan kosentrasi yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus adalah kosentrasi 100 miligram per mililiter;

6. Dapat Digunakan Untuk Bahan Shampo;

Umumnya masyarakat beranggapan bahawa shampo yang mampu menghasilkan busa yang banyak, lebih efektif dalam membersihkan kotoran. Namun pada umumnya bahan pembusa tersebut berupa bahan sintetik atau buatan yang apabila digunakan dalam dosis berlebih dapat menyebabkan iritasi kulit.

Sebenarnya alam juga menyediakan bahan yang mampu mebuat busa, atau yang lebih dikenal dengan saponin, saponin dapat menghasilkan busa dikarenakan struktur senyawa penyusunnya yakni rantai sapogenin nonpolar dan rantai samping polar yang larut dalam air.

Kandungan saponin ada dalam petai cina sehingga petai cina punya manfaat untuk bahan shampo, dimana dikutip dari penelitian Pertiwi dkk, menunjukkan bahwa saponin daun petai cina optimal dalam pembuatan shampo dengan konsentrasi sebanyak 15% selain itu sahmpo daun petai cina memenuhi SNI 06-2692-1992;

7. Mengobati Luka Bakar;

Luka bakar merupakan salah satu cidera yang memerlukan perawatan terbaik untuk mencapai tingkat kesembuhan yang optimal. Jika seorang mengalami luka bakar, biasanya diikuti infeksi yang merupakan masalah serius karena menyebabkan keterlambatan dalam pematangan epidermis dan menyebabkan pembentukan jaringan parut.

Tanaman tradisional merupakan salah satu cara penyembuhan luka bakar yang cukup potensial, dalam hal ini adalah luka bakar kecil dan ringan, salah satunya adalah petai cina, manfaat petai cina untuk mengobati luka bakar telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Menurut penelitian Dewantari dan Suhartini, 2015 formulasi dan uji aktivitas gel ekstrak daun petai cina sebagai obat luka bakar membuktikan bahwa semakin tinggi konsentrasi gel ekstrak daun petai cina maka akan semakin luas daya sebarnya, semakin baik daya penyembuhan luka dan mempersingkat daya lekatnya;

8. Kaya Akan Protein;

Protein dalam tubuh digunakan dalam tubuh sebagai sumber energi yang memberikan 4 Kilo kalori per gramnya. Dalam tubuh jumlah total protein sekitar 19 % dari berat daging. 45% dari protein tubuh adalah otot.  Pada orang dewasa kebutuhan protein yang dibutuhkan yakni 1 gram perkilogram berat badan per hari. Sedangkan untuk anak anak di butuhkan protein yang lebih banyak dalam masa pertumbuhan.

Dikutip dari penelitian Virgiansyah 2018, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kadar protein pada susu biji petai cina yaitu 2,7588 %;

9. Meringankan Rasa Nyeri;

Pastinya rasa nyeri atau sakit merupakan perasaan emosional yang sangat mengganggu, untuk setiap orang, ambang batas rasa nyeri yang dapat ditoleransi berbeda beda, hal tersebut disebabkan karena rasa nyeri merupakan perasaan yang subjektif.

Rasa nyeri sendiri adalah tanda bahwa ada bagian tubuh yang sedang bermasalah, fungsi dari nyeri adalah memberikan pertanda tentang adanya gangguan yang sedang terjadi didalam tubuh seseorang. Rasa nyeri timbul karena adanya rangsangan mekanis, kimiawi, kalor atau listrik yang dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan dan melepaskan mediator nyeri seperti bradikinin, histamin, serotonin, dan prostaglandin.

Tahukah Kawan-Kawan petai cina punya manfaat untuk mengurangi rasa nyeri atau analgetik? Ya, karena petai cina punya kandungan senyawa flavonoid dan tanin didalamnya;

10. Sebagai Anti Bakteri;

Dalam daun petai cina terkandung senyawa alkaloid. Dikutip dari Dewanti 2010, Alkaloid memiliki kemampuan sebagai antibakteri, dengan cara mengganggu komponen penyusun peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak berbentuk secara utuh dan mengaibatkan kematian sel.

Selain itu dalam petai cina terdapat senyawa flavonoid, dimana senyawa flavonoid dapat membentuk senyawa kompleks terhadap ptotein ekstraseluler yang mampu mengganggu membran sel bakteri.

Kandungan tanin didalamnya juga berperan sebagai antibakteri, dimana tanin dapat mengerutkan dinding sel atau membran sel sehingga mengganggu sel bakteri, sel tidak dapat melakukan aktifitas hidup sehingga pertumbuhan bakteri terhambat atau mati. Itulah sebabnya mengapa ada manfaat petai cina sebagai antibakteri.

Menurut penelitian Sartinah dkk 2010, bahwa ekstrak washbenzen daun petai cina aktif terhadap bakteri Stapylococcus aureus. Senyawa yang terkandung pada isolat aktif antibakteri dari daun petai cina diperkirakan adalah lupeol;

11. Mampu Menurunkan Kadar Gula;

Diabetes atau kelebihan kadar gula adalah kondisi dimana kadar gula dalam tubuh seseorang melebihi batas normal, perlu diketahui bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat diturunkan kadar gulanya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan petai cina.

Penelitian ang telah dilakukan oleh Mujianto 1987, tentang efek hipoglikemik infusa biji petai cina, menyatakan bahwa infusa biji petai cina memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah dengan efek penurunan sebesar 17,92%, dengan penggunaan infusa biji petai cina konsentrasi 40% 20 mililiter per Kilogram Berat Badan;

12. Sebagai Diuretik;

Manfaat petai cina yang selanjutnya yaitu mampu berperan sebagai diuretik. Diuretik ialah obat yang dapat membuang kelebihan air atau garam terutama natrium dari dalam tubuh melalui urin. Manfaat biji petai cina tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Dikutip dari penelitian Nurhayati 2005, efek diuretik biji petai cina yang diekstrak dengan metode soxhletasi menggunakan penyari etanol 96% menunjukkan bahwa kadar 2% sudah memberikan efek diuretik terhadap tikus putih jantan galur Wistar. Sedangkan kadar 4% dan 8% memberikan efek diuretik yang hampir sama dengan kontrol positif yaitu furosemid;

13. Memiliki Efek Antihelmintik atau Membasmi Cacingan;

Cacing Ascariasis merupakan masalah kesehatan masyarakat dunia dan juga Indonesia, terutama pada anak anak. Hal ini berkaitan dengan keadaan ekonomi rendah, kebersihan lingkungan, dan sanitasi lingkungan yang buruk.

Penyakit infeksi yang disebabkan caing ascariasis dapat menimbulkan gejala ringan hingga berat dan dapat mengganggu pertumbuhan anak, untuk mengatasi masalah infeksi tersebut diubtuhkan obat antihelmintik, khasiat obat antielmintik tersebut dapat ditemukan pada tanaman petai cina.

Dikutip dari penelitian Violita 2014, menunjukkan bahwa ekstrak daun petai cina berefek antihelmintik terhadap terhadap Ascaris suum secara in vitro;

14. Menjaga Kekuatan Tulang;

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tubuh tidak mampu menghasilkan kalsium sendiri. Untuk mendapatkan kalsium, manusia mengandalkan makanan yang mengandung fosfor.

Fosfor memainkan peran penting dalam membran sel, serta asam nukleat. Dalam petai cina terdapat kandungan kalsium serta fosfor yang memberi nutrisi pada tulang, maka dari itu ada manfaat petai cina untuk menguatkan tulang;

15. Menjaga Kesehatan Kulit;

Manfaat petai cina bagi kesehatan kulit dihasilkan karena sifatnya sebagai antibakteri dan antijamur.

Selain itu, petai cina juga mempunyai sifat anti peradangan, dalam hal ini untuk mengatasi peradangan pada kulit karena psoriasis. Kandungan antioksidan didalamnya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dari penuaan dini;

16. Dapat Meredakan Penyakit Kulit Psoriasis;

Petai Cina atau Lamtoro dapat membantu penderita penyakit kulit psoriasis. International Journal of Molecular Sciences menjelaskan psoriasis adalah penyakit kulit inflamasi kronis dengan predisposisi genetik yang kuat dan sifat patogen autoimun.

Penyakit ini tidak menular, tetapi jika dibiarkan menyebar ke seluruh tubuh dengan sangat cepat. Psioriasis cukup menyiksa karena terasa gatal, kemerahan, caesar dan kering di kulit.

Untuk meringankan penyakit psoriasis ini Kawan-Kawan bisa memanfaatkan Petai Cina. Caranya, Kawan-Kawan dapat menghaluskan biji petai kemudian tempelkan pada area yang terkena penyakit kulit psoriasis.

Selain dijadikan obat luar, Kawan-Kawan  juga dapat memanfaatkan Petai Cina dengan cara dikonsumsi secara langsung. Kawan-Kawan pun bisa mengolahnya menjadi menu makanan atau sekedar direbus;

17. Bagus Untuk Diet;

Manfaat petai cina untuk diet dihasilkan oleh kandungan protein didalamnya. Makanan yang kaya akan protein akan mengurangi rasa lapar sehingga kenyang lebih lama dan otomatis makan menjadi lebih sedikit.

Selain itu, petai cina rendah lemak dan kalori sehingga mengonsumsi petai cina aman dan cocok bagi seseorang yang sedang dalam program diet. Aasupan protein yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori;

18. Mencegah Osteoporosis;

Penyakit ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang seperti telah dijelaskan pada manfaat nomor 14;

19. Menguatkan Gigi;

Selain menguatkan tulang, kandungan kalsium dan fosfor dalam petai cina juga mampu menjaga atau bahkan menguatkan kepadatan gigi;

20. Mengurangi Insomnia;

Salah satu manfaat daun lamtoro yang juga efektif adalah untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Kesulitan untuk beristirahat pada malam hari ini karena banyak faktor. Baik stres karena pekerjaan menumpuk maupun kondisi fisik.

Untuk mengatasinya cobalah dengan meminum air rebusan daun lamtoro. Kawan-Kawan juga bisa mengolah daun ini menjadi jus atau untuk masakan Kawan-Kawan. Makan daun ini secara rutin berguna pula membuat tidur lebih nyenyak;

21. Meningkatkan Mood;

Apakah Kawan-Kawan sering merasa kehilangan mood? Jika tubuh seseorang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti petai cina;

22. Melancarkan Aliran Darah;

Menjaga kelancaran aliran dan distribusi darah ke seluruh tubuh sangat penting. Terganggunya fungsi ini bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskuler yang berbahaya. Seperti penyakit jantung, hipertensi, hingga stroke.

Untuk menjaga kerja pembuluh darah, Kawan-Kawan bisa memanfaatkan daun lamtoro ini. Caranya juga mudah, tinggal merebus beberapa lembar daunnya hingga mendidih dan meminum airnya. Lebih baik Kawan-Kawan lakukan secara teratur; 

23. Menghindari Trombus;

Petai cina mengandung flavonoid dimana zat ini membantu sel darah merah mengalir dengan lancar tanpa terjadi penggumpalan. Dengan kata lain dapat digunakan untuk menghindari trombus;

24. Mencegah Hipertensi;

Karena manfaatnya yang mampu melancarkan aliran darah maka petai cina pun memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi. Selain itu, Vitamin C di dalam petai cina dapat membantu mengkontrol tekanan darah manusia sehingga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi. Hal ini ada hubungannya dengan manfaat berikutnya yaitu mencegah stroke;

25. Mencegah Stroke;

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa jika di dalam tubuh seseorang memiliki kandungan vitamin C yang cukup maka akan menekan resiko stroke pada orang tersebut. Dengan demikian petai cina dapat mencegah stroke karena terdapat vitamin C di dalamnya.

Berdasarkan pertemuan tahunan pada American Academy of Neurology, peneliti mengungkap bahwa risiko hemorrhagic stroke (yang lebih mematikan, namun lebih arang terjadi dibandingkan stroke biasa) lebih rendah pada orang yang memenuhi kebutuhan vitamin C mereka.

Hasil ini ditemukan setelah peneliti mengamati tingkat vitamin C pada darah dari 65 partisipan yang mengalami hemorrhagic stroke, kemudian membandingkannya dengan kadar vitamin C dalam darah partisipan yang sehat. Mereka menemukan bahwa partisipan yang memiliki cukup vitamin C dalam darah mereka berkemungkinan lebih kecil untuk terkena stroke, dibandingkan dengan yang kekurangan vitamin C.

Sebelumnya, penelitian tahun 2008 di University of Cambridge juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat vitamin C tinggi pada darah berisiko terkena stroke 42 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kekurangan vitamin C. Meski begitu peneliti menjelaskan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi bagaimana cara vitamin C bisa menurunkan risiko stroke.

Berdasarkan National Institutes of Health, diketahui bahwa pria dewasa direkomendasikan mengonsumsi 90 miligram vitamin C sehari, sementara wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 miligram vitamin C sehari;

26. Menjaga Kesehatan Mata;

Siapa yang tidak suka jika matanya sehat? Petai cina akan membantu menjaga kesehatan mata kita karena kandungan Vitamin A dan vitamin C yang terdapat pada petai cina. Sebagaimana diketahui secara luas, Vitamin A dan Vitamin C terbukti mampu menjaga kesehatan mata;

27. Mencegah Diare;

Diare membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya karena membuat mereka harus bolak-balik ke kamar mandi sambil menahan perut yang sakit. Kandungan flafonoid dan tanin di dalam petai cina dapat mengeraskan dinding lambung sehingga mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus seperti diare;

28. Melancarkan Haid;

Haid yang lancar merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita. Petai cina ini ternyata memiliki kemampuan dalam membantu melancarkan haid. Selain itu vitamin A yang dikandungnya dapat berperan dalam membersihkan darah;

29. Meningkatkan Kecerdasan;

Fungsi tubuh seperti sistem saraf membutuhkan vitamin B1 dalam nenjalankan aktivitasnya. Sistem saraf yang baik diindikasikan dengan baiknya pula kecerdasan seseorang. Dengan kata lain vitamin B1 dapat berperan unuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu makanan yang mengandung vitamin ini adalah petai cina;

30. Meningkatkan Kekebalan Tubuh;

Ternyata, flafonoid dan vitamin A maupun C si dalam petai cina juga mampu meningkatkan sistem imum atau kekebalan tubuh sehingga tanaman ini baik dikonsumsi oleh orang yang sering menderita alergi;

31. Penawar Racun;

Tanin juga dapat digunakan sebagai penawar racun, salah satu makanan yang mengandung tanin adalah petai cina;

32. Anti Virus;

Zat yang dikandung oleh petai cina seperti vitamin C dan flavonoid dapat mengusir virus yang hinggap di tubuh. Dengan kata lain, petai cina dapat disebut sebagai anti virus;

33. Detoksifikasi tubuh;

Manfaat petai cina dapat mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara detoksifikasi. Petai cina memiliki senyawa Alkaloid. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh. Flavonoid dalam petai cina juga membantu menyingkirkan virus dan bakter di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan.

Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis. Fungsi ini juga berpengaruh pada kesehatan ginjal dan mendukung kinerjanya secara maksimal;

34. Bahan Toner Kulit;

Daun pohon Lamtoro mengandung enzim alami yang sangat baik untuk kulit kita. Enzim ini dapat memicu pembentukan kolagen atau sel-sel kulit. Kolagen adalah komponen alami kulit.

Kolagen yang berkurang menyebabkan kulit kusam, kering, keriput, dan gelap. Pohon ini menawarkan salah satu cara teraman untuk memicu pembentukan kolagen di kulit.

Dapat mengalahkan setiap tanda polusi dan penuaan. Daun pohon ini bertindak sebagai toner, menyehatkan kulit dan melembabkan, meningkatkan kilau dan cahaya kulit;

35. Melembutkan Kulit;

Untuk para wanita yang ingin memiliki tekstur kulit lembut, halus dan bersinar, daun petai cina bisa digunakan sebagai lulur. Remas-remas daun petai cina dan gunakan sebagai scrub kulit. Lakukan cara ini secara rutin pada saat mandi sebanyak 2 kali dalam seminggu. Akan tetapi untuk Kawan-Kawan yang memiliki alergi dan menimbulkan rasa gatal saat menggunakan petai cina ini, maka hentikan pemakaian ini;

36. Mencerahkan Kulit;

Tanaman petai cina atau lamtoro ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit terlihat lebih cerah yakni dengan meremas-remas beberapa daun petai cina lalu balurkan pada permukaan kulit dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air sampai bersih;

37. Mengatasi Jerawat;

Daun petai cina memang sudah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit termasuk mengatasi jerawat. Caranya, remas-remas 3 lembar daun petai cina dengan sedikit air lalu usapkan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit baru di bilas dengan air dingin;

38. Mencegah Penuaan Dini;

Vitamin C dan flavonoid di dalam petai cina mampu membantu dalam meregenerasi dan mengencangkan kulit. Sedangkan zat tanin berperan dalam menghaluskan kulit . Dengan demikian petai cina mencegah terjadinya penuaan dini;

39. Mengatasi Ketombe;

Pohon petai cina tidak hanya dikenal karena dapat bermanfaat untuk rambut. Namun, minyak yang diekstrak dari biji pohon petai Cina dikenal karena sifat antijamur dan antibakterinya. Ini dapat ditambahkan sebagai minyak dasar pilihan Anda dan dioleskan ke kulit kepala untuk mengatasi masalah rambut seperti ketombe. Namun, lebih baik berkonsultasi dengan spesialis rambut sebelum menggunakannya;

40. Mengobati Herpes;

Herpes, salah satu penyakit kulit yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka yang terkena, dapat dihilangkan secara alami dengan petai Cina. Campur 30 gram Petai Cina dengan 1 siung bawang putih dan sebarkan di area kulit yang terkena. Biarkan selama 20 menit dan kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat;

41. Mengobati Disentri;

Manfaat daun lamtoro lainnya yang tak kalah penting adalah untuk mengatasi penyakit disentri. Gangguan yang terjadi dalam bentuk peradangan pada usus ini tak jarang mengharuskan penderitanya menginap di rumah sakit.

Untuk mengobati disentri secara alami, Kawan-Kawan dapat membuat ramuan tradisional dari petai Cina. Rebus 15 gram biji Petai Cina bersama dengan 30 gram Purslane dan 400 ml air hingga tersisa setengahnya atau 200 ml. Minumlah air mendidih ini di pagi dan sore hari sampai disentri dapat disembuhkan;

42. Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang;

Petai cina juga bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan tulang yang patah. Caranya adalah dengan menghaluskan petai cina, kunyit, jahe, daun katuk, bawang merah dan bawang putih lalu rebus dengan air sebentar saja. Gunakan rebusan ini sebagai obat baluran kemudian bungkus dengan perban atau kain kasa. Ganti ramuan ini 1 kali sehari;

43. Mengatasi Abses Paru dan Bisul;

Untuk mengatasi abses paru dan juga bisul, maka Kawan-Kawan bisa merebus 10 gram biji petai cina beserta daunnya dengan air sebanyak 750 ml. Rebus sampai tersisa 250 ml saja dan jika sudah agak dingin minum pada pagi hari secara rutin sampai penyakit sembuh;

44. Menghilangkan Bulu Pada Tubuh;

Untuk menghilangkan pertumbuhan bulu pada tubuh, Kawan-Kawan bisa menggunakan getah yang berasal dari pohon petai cina tanpa menimbulkan efek samping apapun juga. Kulit akan terlihat mulus bebas bulu namun tidak akan tampak kemerahan dan gatal pada kulit;

45. Mengatasi Eksim;

Daun dan juga biji petai cina juga memberikan efek menenangkan dan melembutkan kulit kasar yang meradang sekaligus mencegah gatal serta pendarahan pada kulit. Beberapa gejala dari eksim adalah kulit yang sangat kering ditambah kemerahan, terkadang bersisik, disertai pula dengan gatal-gatal yang akhirnya bisa menjadi luka. Karena tak nyaman, bila Anda mengalami eksim silakan gunakan tanaman ini sebagai obat efektif untuk mengatasi eksim;

Cara mengolah petai cina:

Manfaat petai cina memang cukup banyak bagi kesehatan manusia, tapi belum banyak masyarakat yang mengetahuinya sehingga tanaman lamtoro ini hanya dijadikan sebagai pakan ternak.

Ada pula petani yang mengolah petai cina menjadi pembasmi gulma organik (bioherbisida) karena kandungan senyawa alelopati di dalamnya.

Meskipun demikian, pete cina sudah mulai diolah menjadi bahan pangan alternatif bagi manusia, yakni dengan cara:

1. Daunnya dikonsumsi, seperti lalapan atau pecel;

2. Bijinya disangrai, kemudian dijadikan sebagai pengganti biji kopi;

3. Daun dihaluskan kemudian dibalurkan pada permukaan kulit;

Efek Samping Petai Cina;

Sejauh ini belum diketahui efek samping mengonsumsi petai cina berlebihan, namun Kawan-Kawan sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Bila Kawan-Kawan mengalami gangguan kesehatan selepas mengonsumsi petai cina, segera periksakan diri ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar

Posting Komentar