Masya Allah, Inilah 25 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Beragam manfaat kencur yang sering digunakan sebagai bumbu dapur atau dipakai sebagai obat tradisional oleh beberapa orang lantaran dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Tapi siapa sangka jika kencur juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik yang sering kita pakai setiap harinya.

Menjadi salah satu tumbuhan paling bermanfaat, kencur merupakan tanaman yang mudah dipelihara baik ditanam secara bebas di kebun ataupun di dalam pot.

Kencur cukup mudah dijumpai di pasar tradisional dan pasar modern. Sedangkan untuk tanaman kencur banyak ditemukan di pekarangan atau kebun. Dari seluruh bagian tanaman kencur, rimpang kencur yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Daging rimpang kencur berwarna putih dan memiliki aroma yang khas.

Kencur telah lama digunakan masyarakat Asia termasuk Indonesia sebagai obat tradisional dan bumbu masakan. Salah satu olahan kencur yang cukup terkenal baik untuk kesehatan tubuh adalah jamu beras kencur. Selain terkenal baik untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak, kencur juga kaya akan manfaat untuk orang dewasa.

Hal demikian tak lepas dari kandungan zat dan senyawa kimia yang ada dalam kencur yang baik untuk kesehatan. Kandungan baik di dalam kencur di antaranya pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin dan masih banyak lainnya.

Selain sebagai bumbu dalam masakan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kencur dengan cara membuatnya sebagai jamu. Namun, bagi kamu yang suka mengonsumsi kencur mentah juga tetap bisa mendapatkan manfaatnya.

Jauh sebelum berbagai obat-obatan modern muncul dan dijadikan sebagai cara untuk mengobati berbagai macam penyakit, orang Indonesia berhasil memerangi banyak penyakit dengan resep obat tradisional, salah satunya manfaat kencur untuk kesehatan. Bahkan beberapa orang masih menggunakan obat-obatan tradisional ini untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bahkan beberapa orang masih menggunakan obat-obatan tradisional ini untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Ragam manfaat yang ditawarkan kencur tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi kencur yang membuatnya kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Tanaman Kencur.

Melansir webmd.com, dalam 1 sdm kencur kering, terdapat sejumlah kandungan gizi yang menyehatkan.

Kandungan kencur terdiri dari:

Kalori: 6, Protein: 0 gram, Lemak: kurang dari 1 gram, Karbohidrat: 1 gram, Serat: kurang dari 1 gram, dan Gula: 0 gram.

Rempah tanaman kencur ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut 25 manfaat kencur untuk Kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Energi Tubuh.

Manfaat kencur ternyata juga bisa dijadikan energy booster saat tubuh lemas dan lelah. Kawan-Kawan bisa merebus 2 cm kencur dengan satu gelas air, dan minum setiap malam sebelum tidur. Di pagi berikutnya, Kawan-Kawan akan merasa segar dan energik. Bentuk kencur yang menyerupai jahe ini memiliki rasa yang sedikit pedas dan asam.

2. Mengatasi Kelelahan.

Sekadar informasi, Tibet dan Jepang juga menggunakan kencur sebagai bahan dupa. Ini terutama sebagai formula untuk meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan sensasi relaks bagi tubuh yang lelah. Menurut studi di Tibet, kandungan di dalam kencur bisa berubah menjadi energi saat dicerna dalam usus dan bercampur dengan hormon tubuh.

3. Meningkatkan Nafsu Makan.

Anak-anak Indonesia umumnya diberi minuman jamu beras kencur. Hal ini terkait dengan manfaat kencur yang konon mampu meningkatkan nafsu makan, karena kandungan karminatif di dalamnya. Kawan-Kawan bisa menambahkan kencur pada setiap olahan masakan untuk anak. Baik itu dipotong tipis-tipis memanjang, ditumbuk, diparut, atau digeprek. Manfaat kencur juga dapat sekaligus menambah aroma khas dan cita rasa masakan dan minuman, lho.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat.

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam kencur bisa meningkatkan kinerja empedu. Hal ini terkait erat dengan jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh. Salah satu bahan jamu, yakni kencur, berfungsi untuk mempromosikan produksi empedu dalam tubuh manusia. Empedu bertanggung jawab dalam penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat. Empedu akan bekerja dengan lancar dan menyerap racun, lalu menekan produksi kolesterol. Bahan herbal ini juga diyakini bisa mengontrol jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

5. Sebagai Antioksidan.

Nama latin kencur, yakni kaempferia galanga, memiliki khasiat untuk menangkal infeksi penyebab penyakit. Tubuh manusia membutuhkan antioksidan untuk mengusir radikal bebas berbahaya dan virus. Kawan-Kawan dan keluarga bisa mendapatkan manfaat kencur untuk kesehatan, karena mengandung antioksidan. Ini juga menjelaskan mengapa kencur bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Sebagai Obat Batuk.

Manfaat kencur selanjutnya, yaitu untuk mengobati batuk. Seseorang bisa mengonsumsi kencur untuk menyembuhkan gejala batuk di awal-awal penyakit. Cukup cuci akar kencur, kupas, dan parut. Letakkan kencur parut di atas kain, dan peras untuk mendapatkan jusnya. Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya. Minum sirup kencur tersebut 3 kali sehari sampai gejalanya reda.

7. Mengurangi Kembung.

Manfaat tanaman kencur adalah dapat mengobati perut kembung. Kawan-Kawan bisa makan kencur mentah yang sudah dicuci dengan air hangat. Berikan sedikit garam untuk menambah citarasa. Alternatif lain adalah dengan merebus 3 cm akar kencur dengan satu gelas air. Minum racikan kencur 2 kali sehari untuk mencegah dan mengatasi perut kembung.

8. Mengobati Otot yang Bengkak/Terkilir.

Mengobati otot yang terkilir dengan campuran kencur adalah hal umum yang dilakukan orang Indonesia. Kandungan kencur yang bernutrisi, manfaat lainnya ini sebagai pertolongan pertama untuk cedera. Campurannya 1 rimpang kencur dicampur dengan nasi mentah tumbuk. Campuran ini kemudian diaplikasikan ke area yang bengkak. Cobalah lihat perubahan dari anggota tubuh yang sakit dengan tumbukan kencur.

9. Meredakan Sakit Maag.

Manfaat kencur ternyata juga bisa meredakan sakit maag yang sedang kambuh. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam kencur dapat menurunkan asam lambung dalam perut. Asam lambung yang normal akan bisa meredakan sakit maag yang sedang kambuh. Ini pun bisa dirasakan dari kombinasi khasiat jamu kunyit jahe kencur, lho.

10. Melangsingkan Tubuh.

Kawan-Kawan sedang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalankan program diet? Kencur bisa ditambahkan sebagai menu diet dan sebagai jalan keluar alami untuk melangsingkan tubuh. Manfaat kencur untuk melangsingkan tubuh bukan dengan membuat nafsu makan menurun. Manfaat kandungan senyawa di dalam kencur juga bekerja dalam menurunkan berat badan agar tubuh menjadi ideal.

11. Sebagai Obat Sakit Kepala.

Selain itu, manfaat kencur selanjutnya adalah untuk kesehatan kepala. Kencur bisa dipilih sebagai alternatif jika sedang sakit kepala atau migrain. Pilihan tepat jika Kawan-Kawan sedang mengurangi konsumsi obat generik yang bisa menimbulkan ketergantungan.

12. Mengobati Penyakit Diare.

Menurut studi yang dilakukan International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences membuktikan bahwa dengan minum kencur bisa mengobati penyakit diare. Dalam penelitian tersebut, kandungan sitotoksik serta antibakteri di dalam kencur bisa membunuh bakteri jahat serta mencegahnya datang kembali. Kawan-Kawan bisa menumbuk kencur dan madu, lalu disaring untuk mendapatkan sarinya. Setelahnya, campur dengan sedikit air hangat dan minum setiap pagi sampai rasa mulas di perut tak datang lagi.

13. Mencegah Jerawat.

Manfaat kencur yang lain juga dapat menghambat munculnya jerawat pada tubuh dan wajah. Dengan rutin mengonsumsi kencur, hormon pemicu tumbuhnya jerawat akan ditekan dan dicegah produksinya. Artinya, hal ini membuat jerawat yang baru muncul akan segera sembuh dan tidak menimbulkan bekas flek hitam di wajah.

14. Meningkatkan Produksi Sel Sperma.

Di Timur Tengah, manfaat kencur digunakan untuk meningkatkan gairah seksual, dan orang Asia Tenggara sering menggunakan kencur untuk pengobatan gangguan menstruasi. Studi tahun 2014 dalam National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa ekstrak etanol dalam kencur dapat meningkatkan sel sperma. Selain itu, telah terbukti bahwa suplemen harian jus delima dan minuman kencur juga dapat meningkatkan motilitas sperma hingga 3 kali lipat.

15. Mencegah Penuaan Dini.

Tahukah Kawan-Kawan, salah satu manfaat kencur bagi kesehatan adalah mencegah penuaan dini, lho. Selain membantu menangkal penuaan dini, kekuatan antiradang pada kencur, juga untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh. Antiradang berperan dalam menghambat sintesis prostaglandin, yang membuat beberapa ahli percaya bahwa itu dapat mencegah rematik. Penelitian dalam National Library of Medicine, senyawa flavonol dalam kencur dapat mencegah masalah tulang, peradangan pada kulit dan penyakit lambung.

16. Mencegah Pertumbuhan Kanker.

Manfaat jamu kunyit jahe kencur mengandung antioksidan cukup tinggi yang fungsinya sebagai pencegahan kanker. Senyawa flavonoid yang ditemukan di kencur, telah terbukti memerangi genotoksisitas kimiawi dan pertumbuhan sel ganas dalam tubuh. Para peneliti mengatakan kencur efektif melawan kanker lambung, kulit, pankreas, kanker payudara, dan hati. Menurut sebuah studi tahun 2014, ekstrak air kencur mencegah pertumbuhan tumor lambung manusia.

17. Merangsang Pertumbuhan Sel Otak.

Manfaat kencur untuk kesehatan juga sebagai antidepresan. Studi lain menunjukkan bahwa dengan mengurangi pengendapan plak beta-amiloid di otak, rempah-rempah ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit yang menyerang sel otak. Konsumsi kencur dan madu di pagi lalu minum secara rutin, Kawan-Kawan.

18. Melancarkan Pernapasan.

Kencur telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk flu, batuk dan sakit tenggorokan. Manfaat kencur dan madu membantu fungsi paru-paru dan melonggarkan dahak. Senyawa dalam kencur dapat mengurangi dahak, serta melancarkan pernapasan. Ekstrak kencur juga membantu mengontrol dan menenangkan asma dan sindrom gangguan pernapasan akut dari efek antiradang.

19. Menjaga Kesehatan Jantung.

Manfaat kencur dan madu lainnya yakni untuk melindungi jantung. Kencur terbukti dapat meningkatkan sirkulasi jantung, menurunkan kolesterol serta antiradang. Studi menunjukkan bahwa kencur dapat mengurangi kontraksi jantung dan melindungi dari serangan jantung. Konsumsi serat makanan dapat mengikat kolesterol yang beredar dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kencur memiliki jumlah serat yang baik, menjadikannya senjata alami untuk kesehatan.

20. Menghilangkan Ketombe.

Manfaat kencur yang dimiliki berguna dalam mengobati dan menghilangkan masalah ketombe. Kencur membunuh jamur penyebab ketombe dan memperkuat rambut dari akarnya. Dengan membersihkan rambut dari ketombe, ini membantu memperbaiki dan memperkuat kulit kepala. Selain itu, manfaat kencur juga membantu dalam mengurangi rambut rontok, lho!

21. Menurunkan Demam.

Selain untuk meredakan gejala batuk dan flu, manfaat kencur juga bisa sebagai penurun demam pada anak. Antibakteri, serta sifat antijamur yang dimiliki oleh kencur sangat berguna dalam mengurangi demam. Ini adalah pengobatan alami yang sangat efektif untuk gejala sakit tenggorokan dan pilek.

22. Mengurangi Gejala Peradangan Sendi. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat kencur lainnya yakni dapat mengurangi peradangan sendi. Tanaman herbal ini mengandung zat antiradang yang disebut gingerol yang menghambat sintesis prostaglandin dan menghambat jalur histaminik juga serotonik. Senyawa antiradang dalam manfaat kencur ini dapat bermanfaat dalam mengurangi gejala arthritis. Kencur bahkan diyakini bisa menjadi pengobatan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah suatu kondisi kelainan sendi yang disebabkan oleh peradangan dan sebagai akibat dari gangguan autoimun yang berlangsung lama.

23. Melancarkan Sirkulasi Darah.

Mengutip studi yang diterbitkan dalam Europe PMC, manfaat kencur diklaim memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Dengan begitu, manfaat tanaman kencur ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan memungkinkan masuknya nutrisi ke jaringan kulit. Selain itu, sifat antioksidan yang dimiliki oleh kencur juga bisa mencegah racun berbahaya disimpan di tubuh.

24. Mengatasi Penyakit Kulit.

Manfaat kencur juga dapat dirasakan bagi mereka yang memiliki penyakit kulit. Kencur biasanya digunakan untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, seperti panu.

Diketahui juga bahwa kencur dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit lainnya seperti eksim, luka bakar, dan gatal-gatal. Caranya mudah, oleskan kencur pada kulit sebanyak 2-3 kali sehari.

25. Bahan Dasar Tabir Surya.

Ternyata senyawa dalam kencur sering digunakan untuk penelitian. Mengutip dari jurnal "Karakteristik Morfologi Tanaman Kencur", tanaman ini memiliki senyawa Etil parametoksisinamat (EPMS).

Senyawa ini sering dipakai dan digunakan sebagai bahan dasar tabir surya. Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar UV matahari. Senyawa ini juga digunakan obat herbal seperti antijamur, antibakteri, dan penyembuhan asma.

Itu dia beberapa manfaat kencur untuk kesehatan. Satu hal yang perlu diingat, beberapa manfaat kencur di atas masih bersifat dugaan. Artinya, tidak setiap orang bisa merasakan manfaat tersebut. Hal lain yang perlu diperhatikan, Kawan-Kawan perlu menghindari penggunaan kencur apabila memiliki alergi terhadap rempah ini. Kawan-Kawan juga mesti membatasi konsumsi kencur agar tidak berlebihan. Dengan begini, Kawan-Kawan diharapkan bisa merasakan manfaat kencur dengan lebih optimal.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh.


Komentar