Masya Alloh, Inilah 13 Manfaat Gambir untuk Wajah dan Kecantikan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kawan-Kawan semua, Gambir atau Uncaria Gambir adalah tanaman endemik Indonesia yang kaya akan manfaat. Gambir merupakan tanaman yang berasal dari Pulau Sumatra, tepatnya di Sumatra Barat. Gambir sejak dahulu dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Berbagai penelitian ilmiah juga telah berhasil membuktikan manfaat dari kandungan gambir. Gambir banyak dimanfaatkan oleh industri-industri kecantikan di Indonesia untuk membuat formula yang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah.

Berikut 13 manfaat tanaman gambir untuk wajah dan kecantikan:

1. Mengatasi Jerawat.

Jerawat merupakan sebuah penyakit kulit yang terjadi akibat adanya proses peradangan pada kelenjar sebasea. Jerawat banyak dijumpai pada wanita, terutama apabila memasuki masa-masa pre menstruasi. Keberadaan jerawat pada kulit dapat mengganggu penampilan wanita.

Oleh karena itu, beragam metode untuk mengatasi jerawat dibuktikan dengan proses ilmiah, salah satu yang telah terbukti efektif untuk mengatasi jerawat itu adalah gambir. Gambir memiliki kandungan katekin yang bermanfaat dalam mengobati jerawat dan menghilangkan bekas-bekas flek hitam akibat jerawat.

Ekstrak gambir dapat menghambat terjadinya inflamasi pada kulit. Jadi, Kawan-Kawan dapat memanfaatkan ekstrak gambir untuk mengatasi jerawat yang timbul yaa!

2. Mencegah Penuaan Dini.

Selain katekin, gambir juga kaya akan kandungan tannin. Kandungan tannin yang terdapat pada gambir dapat digunakan untuk membuat ekstrak antiaging yang bermanfaat mencegah penuaan dini.

Memiliki kulit wajah yang nampak awet muda meskipun sudah memasuki usia senja adalah idaman bagi para wanita. Untuk dapat mendapatkan impian tersebut, Kawan-Kawan dapat memanfaatkan kandungan ekstrak gambir untuk rangkaian perawatan harian kulit wajahmu agar tetap tampil bercahaya.

3. Suplemen Anti Radikal Bebas.

Beragam aktivitas yang dijalani oleh wanita dapat menyebabkan paparan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat diperoleh dari adanya paparan bahan-bahan kimiawi beracun, seperti polusi udara, asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik.

Dampak dari paparan radikal bebas ini menyebabkan kulit wajah dapat mengalami breakout dan bermasalah. Kandungan kimia yang ada dalam gambir dapat dimanfaatkan untuk menjadi suplemen yang dapat menangkal radikal bebas.

Kawan-Kawan bisa memilih produk perawatab kulit yang memiliki ekstrak gambir untuk hasil perlindungan maksimal pada wajah dalam mengatasi dampak radikal bebas.

4. Mengobati Luka.

Terkadang kulit wajah dapat mengalami iritasi dan luka akibat adanya benturan atau goresan yang tidak disengaja. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya perih dan menyisakan bekas luka. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dapat menggunakan ekstrak gambir. Kandungannya dapat menyejukkan luka iritasi pada wajah dan memberikan efek sejuk di wajah.

5. Kaya akan Kandungan Antioksidan.

Buah gambir merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan dapat menghambat proses oksidasi yang terjadi pada sel tubuh, termasuk sel kulit.

Efek adanya proses penghambatan ini adalah kulit nampak lebih cerah dan lebih segar. Ekstrak gambir dalam produk perawatan kulit memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang membuat efek kulit lebih cerah.

6. Mencegah Kanker Kulit.

Kanker kulit merupakan kondisi dimana kulit mengalami masalah akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya reaksi alergi maupun paparan radikal bebas yang berbahaya.  Rutin memakai produk perawatan kulit dengan kandungan ekstrak gambir yang kaya akan manfaat dapat  membantu untuk mencegah timbulnya resiko terkena kanker kulit.

7. Mengatasi Flek Hitam pada Wajah.

Selain jerawat, flek hitam merupakan masalah yang sering terjadi pada kulit wajah dan dapat menganggu penampilan wanita. Flek hitam seringkali muncul di area bawah mata dan sekitar pipi.

Flek hitam disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, genetik, maupun bekas jerawat. Untuk menghilangkan flek hitam, gambir juga salah satu ekstrak yang ampuh untuk mengatasi flek hitam membandel pada wajah.

8. Menjaga Elastisitas Kulit Wajah.

Memiliki kulit wajah yang elastis adalah indikasi dari kulit wajah yang sehat dan nampak awet muda. Kulit wajah yang elastis terjadi akibat kelembaban alami wajah yang terjaga dengan baik. Gambir merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat dan kandungan yang mampu menjaga kelembaban kulit wajah dan meningkatkan elastisitas kulit wajah.

9. Mencerahkan Kulit Wajah.

Kulit wajah yang cerah dan sehat adalah impian para wanita. Kandungan tannin yang terdapat pada tanaman gambir, dapat membantu untuk mencerahkan kulit wajah kamu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu hanya perlu untuk rutin melakukan perawatan dengan memanfaatkan produk perawatan kulit dengan ekstrak gambir.

10. Menjaga Kesegaran Kulit Wajah.

Wajah yang selalu segar akan memberikan aura positif. Hal ini tentunya akan berdampak pada radiasi positif yang ditimbulkan untuk orang-orang sekitar yang tersayang.

Untuk itu, Kawan-Kawan harus rajin merawat diri, ekstrak gambir merupakan salah satu yang cocok untuk menjaga kesegaran kulit wajah. Kawan-Kawan bisa mengaplikasikan ekstrak gambir dalam bentuk toner, cleanser, maupun moisturizer untuk merasakan manfaatnya.  

11. Memperbaiki Sel Kulit Rusak Akibat Radikal Bebas.

Gambir yang kaya akan manfaat dapat berperan dalam regenerasi sel kulit baru. Hal ini berfungsi karena adanya perbaikan setelah terkena paparan sinar Ultra Violet matahari setelah melakukan aktivitas seharian.

Untuk itu, Kawan-Kawan bisa menggunakan masker wajah yang memiliki kandungan gambir. Hal ini akan menjadikan sel-sel kulit yang rusak dapat regenerasi kembali.

12. Meningkatkan Produksi Kolagen.

Kolagen merupakan protein yang penting dijaga keberadaannya untuk mempertahankan elastisitas kulit wajah. Kolagen terdiri dari lapisan asam amino yang dapat tumbuh dan mendukung jaringan tubuh manusia, terutama kulit.

Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang menganduk ekstrak gambir, dapat memicu produksi kolagen dalam kulit. Hal ini akan merawat elastisitas kulit wajahmu dan membuatnya nampak lebih kenyal dan lembab secara alami.

13. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan.

Garis halus dan kerutan dapat bertambah seiring pertumbuhan usia wanita. Selain itu, pembersihan make up yang kurang tepat juga dapat berdampak pada munculnya garis galus dan kerutan di wajah. Hal ini akan menyebabkan efek wajah yang kendur dan kurang bersemangat.

Untuk itu, Kawan-Kawan dapat memanfaatkan ekstrak gambir yang terdapat pada produk-produk perawatan kulit yang beredar dan merasakan manfaatnya untuk mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Kawan-Kawan, itulah tadi informasi mengenai 13 manfaat gambir untuk wajah dan kecantikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Komentar