Masya Alloh, Inilah 33 Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Bukan rahasia lagi jika sebagian besar bumbu dapur dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah rempah kunyit yang memberikan warna pada berbagai makanan. Tidak hanya memberikan warna, kunyit juga seringkali digunakan sebagai bahan ramuan herbal bersama temulawak, dan tanaman herbal ataupun rempah lainnya. Namun, apa sajakah manfaat kunyit bagi kesehatan?

Kandungan kunyit.

Dalam 100 gram, kunyit mengandung nutrisi sebagai berikut:

Protein: 10 gram.

Kalsium: 168 miligram.

Magnesium: 208 miligram.

Fosfor: 299 miligram.

Kalium: 2 gram.

Vitamin C: 1 miligram.

Zat besi: 55 miligram.

Selain nutrisi di atas, kunyit juga mengandung senyawa bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Berikut 33 Khasiat dan Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Mendukung penurunan berat badan.

Persyaratan utama dalam penurunan berat badan adalah menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Namun, tidak ada salahnya menambahkan kunyit ke dalam diet Anda karena kunyit dapat membantu penurunan berat badan.

Menurut jurnal European Review for Medical and Pharmacological Sciences, kunyit dapat menjaga berat badan dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh orang dengan berat badan berlebih.

2. Kaya akan antioksidan.

Kandungan curcumin dalam kunyit adalah komponen yang membentuk berbagai macam khasiat kunyit. Salah satunya adalah dalam menangkal radikal bebas. Senyawa curcumin juga ditemukan mampu meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh.

3. Menurunkan risiko penyakit hati.

Kunyit dapat membantu mengurangi peluang terkena penyakit hati dengan meningkatkan fungsi dari dinding pembuluh darah. Rempah ini pun mampu menjaga kesehatan jantung setara dengan berolahraga terutama pada wanita yang sudah menopause.

4. Berpotensi mencegah dan mengatasi Alzheimer.

Senyawa curcumin yang terdapat di dalam kunyit berpotensi sebagai penyembuh untuk Alzheimer. Meskipun memerlukan studi lebih lanjut, telah ditemukan manfaat kunyit dalam menghilangkan penumpukan protein amyloid plaque yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer.

5. Mengatasi depresi.

Bagi para penderita depresi, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan kunyit untuk mengatasi kemunculan gejala depresi. Sebuah studi menunjukkan bahwa zat curcumin dalam kunyit memiliki efektivitas yang sama dengan antidepresan Prozac.

6. Memperkecil peluang terkena penyakit otak.

Meskipun berukuran kecil, manfaat kunyit berdampak besar. Curcumin dalam kunyit bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit otak dengan meningkatkan aktivitas hormon tertentu yang berfungsi dalam proses pembentukan jaringan saraf yang baru.

7. Mengandung antiradang.

Peradangan dalam tubuh yang berlebih dapat memicu berbagai macam penyakit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kandungan curcumin dalam kunyit memiliki kandungan antiradang yang setara dengan beberapa penyembuh antiradang.

Manfaat kunyit dalam menurunkan peradangan adalah dengan menghalangi molekul NF-kB yang berperan dalam proses peradangan.

8. Mencegah kanker.

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang ingin dihindari oleh masyarakat. Kunyit ditemukan mampu membunuh sel-sel kanker, mencegah penyebaran kanker, dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.

9. Menanggulangi radang sendi.

Salah satu manfaat kunyit yang tak kalah baik adalah dapat mengurangi nyeri pada penderita radang sendi atau osteoarthritis. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.

10. Menjaga kesehatan kaum lansia.

Ingin orang tua Anda tetap bugar saat beraktivitas? Coba masukkan kunyit ke dalam menu hariannya. Kunyit mampu meningkatkan kesehatan pada orang lanjut usia karena kandungan antioksidan dan antiradangnya yang tinggi.

11. Menjaga sistem pencernaan.

Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan

Saat ini, sedang diadakan studi untuk mengetahui apakah kunyit mampu mengatasi peradangan pada usus dan mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.

12. Mengatasi gejala asam lambung.

Manfaat kunyit untuk maag berasal dari kandungan antioksidan kurkumin yang bersifat antiradang. Kandungan kurkumin tersebut bisa meringankan gejala radang tenggorokan yang diakibatkan oleh asam lambung naik.

Dengan begitu, gejala rasa sakit perut dan nyeri ulu hati (heartburn) dapat berkurang. Bahkan, manfaat kunyit untuk asam lambung dari kurkumin ini juga dapat melindungi saluran pencernaan dari iritasi akibat zat pereda nyeri dan zat sejenisnya. 

Antioksidan tersebut dapat membantu menyembuhkan luka lambung, menyeimbangkan populasi bakteri baik lambung, dan mencegah pembentukan kanker.

13. Menghilangkan kembung.

Selain menetralkan asam lambung, kunyit juga bisa menghilangkan kembung. Hal ini menjadikan kunyit sebagai salah satu herbal yang sering dipakai wanita saat datang bulan. Senyawa pada kunyit mampu mengurangi asam yang berlebihan. Cukup dengan mengonsumsi satu sendok bubuk kunyit yang dilarutkan ke satu gelas air hangat. Minum secara rutin selama dua minggu, maka rasakan khasiatnya.

14. Melancarkan pencernaan.

Pola makan yang kurang teratur dan tidak baik, membuat pencernaan jadi terganggu atau susah buang air besar. Dengan meminum air kunyit hangat secara rutin, maka pencernaanmu akan normal dan sehat kembali. Kunyit dapat merangsang pelepasan empedu di dalam tubuh, jadi bisa memperlancar pencernaan dengan baik.

15. Meredakan diare.

Salah satu faktor diare karena masuknya virus ke dalam tubuh, virus ini masuk bisa melalui makanan atau pun karena alergi. Hadapi diare dengan mengandalkan kunyit. Kunyit mengandung zat kalium dan magnesium yang dapat membantu menyeimbangkan cairan pada tubuh. Kandungan dalam kunyit juga mampu membantu melawan dehidrasi tubuh.

16.Melancarkan Buang Air Besar.

Kunyit dipercaya mampu membantu melancarkan Buang Air Besar. Senyawa kurkumin yang ada di dalam kunyit dikatakan memicu produksi empedu.

Hal itu merupakan salah satu komponen utama pencernaan. Peningkatan sekresi dari empedu dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Buang air besar pun akan semakin lancar.

17. Menurunkan kolesterol.

Khasiat kunyit yang lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kunyit dalam mengurangi tingkat kolesterol.

18. Mengurangi gatal pada penderita penyakit ginjal.

Khasiat kunyit terhadap penderita penyakit ginjal adalah membantu mengatasi gatal yang disebabkan oleh penyakit ginjal yang diderita. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menelusuri khasiat kunyit terhadap penyakit ginjal.

19. Meringankan gejala alergi serbuk bunga.

Kunyit dapat meringankan gejala alergi serbuk bunga atau yang dikenal dengan hay fever, berupa gatal, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan hidung yang berair.

20. Menurunkan kadar gula darah.

Studi menunjukkan bahwa kunyit berguna untuk menurunkan kadar gula darah dan karenanya berpotensi untuk mencegah diabetes. Namun, masih dibutuhkan penelitian lain mengenai manfaat kunyit dalam mengurangi gula darah.

21. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit sudah sejak zaman dulu dimanfaatkan sebagai herbal tradisional dan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena tinggi antioksidan dan memiliki senyawa antiradang.

22. Memiliki kandungan antibakteri.

Kunyit tidak hanya sekedar pemberi warna kuning, tetapi juga mengandung antibakteri yang dapat menghancurkan membran sel dari bakteri. Oleh karenanya, kunyit dapat melawan infeksi bakteri.

23. Mempercepat penyembuhan luka.

Khasiat curcumin dalam kunyit ditemukan mampu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan menangkal radikal bebas. Hal tersebutlah yang membuat kunyit dapat mempercepat penyembuhan luka.

24. Membuat kulit lebih bersinar.

Manfaat kunyit untuk wajah juga sangat terkenal. Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit memberikan efek yang baik untuk tubuh, yaitu untuk membuat kulit terlihat lebih glowing alias bersinar. Anda dapat membuat kunyit menjadi masker pada kulit.

25. Mengatasi gejala psoriasis.

Kandungan antiradang dan antioksidan dalam kunyit tidak hanya dapat menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga berfungsi untuk meringankan gejala dan kambuhnya penyakit psoriasis. Namun, selalu konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan kunyit untuk penyembuhan psoriasis.

26. Menyehatkan jantung.

Penyakit jantung sering terjadi pada orangtua, namun bukan berarti penyakit ini tak dapat menyerang kawula muda. Jantung adalah organ vital yang memiliki fungsi penting, memompa darah supaya dapat mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. 

27. Menunda penuaan dini.

Kunyit kaya akan antioksidan tinggi. Kunyit dapat melindungi integritas kulit, dengan mencegah radikal bebas yang merusak tekstur dan elastisitas kulit. Kunyit juga dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, salah satu faktor penuaan dini. 

28. Mengatasi masalah jerawat.

Kunyit adalah salah satu bahan paling kuat yang digunakan untuk melawan berbagai masalah kulit. Kunyit memiliki sifat antibakteri yang mencegah perkembangan jerawat. Selain itu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu kamu menyingkirkan kemerahan dan peradangan. Kamu dapat mencampurkan kunyit dan susu untuk membuat pasta untuk mengoleskannya pada area yang sakit.

29. Mengatasi kulit berminyak.

Kunyit bisa mengontrol minyak berlebih dan sebum pada kulit. Jadikan kunyit sebagai masker alami untuk mengurangi minyak pada pori-pori wajahmu. Caranya campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan perasan jeruk nipis atau lemon. Aduk rata hingga berbentuk kental. Oleskan pada wajah sebagai masker, diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

30. Mengangkat sel kulit mati.

Kunyit memiliki kandungan yang dapat mengelupaskan sel kulit mati secara lembut. Tekstur kunyit tak akan membuat kulit menjadi iritasi. Caranya buatlah scrub menggunakan campuran bubuk kunyit dan tepung chickpea. Tuang air secukupnya hingga kental seperti scrub. Aplikasikan pada seluruh tubuh sembari dipijat perlahan. Gunakan scrub kunyit ini secara rutin, maka kulitmu akan lebih bercahaya dan cerah alami.

31. Pewarna rambut alami.

Buat kamu yang bosan dengan rambut hitam dan ingin berubah warna rambut, bisa menggunakan kunyit sebagai bahan alami. Kunyit mengandung warna kuning alami yang tajam, bisa untuk melapisi rambut. Caranya campurkan seperempat bubuk kunyit, campur dengan air hangat. Saring airnya lalu masukkan ke botol semprot. Semprotkan langsung pada rambut sembari dipijat secara perlahan. Diamkan hingga mengering, bilas sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap dua hari sekali.

32. Mengatasi ketombe.

Kunyit memiliki manfaat anti peradangan untuk kulit yang luar biasa, termasuk kulit kepala. Tak heran apabila kunyit sangat efektif dijadikan ramuan untuk kesehatan rambut. Khasiat kunyit membantu mengatasi iritasi pada kulit kepala, yang sering mengakibatkan ketombe datang. Caranya, campurkan kunyit dengan minyak kelapa, lalu oleskan ke seluruh bagian kepala. Diamkan selama satu sampai tiga jam. Setelah itu bilas dengan air hangat.

33. Meredakan Nyeri Haid.

Manfaat kunyit selanjutnya sangat berguna bagi perempuan. Bagi para perempuan yang sedang mengalami nyeri haid, mengonsumsi kunyit dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin juga mengurangi produksi hormon penyebab rasa sakit dan peradangan. Mengonsumsi kunyit secara teratur tentunya sangat baik dalam rangka menjaga kesehatan kamu.

Demikianlah 33 khasiat manfaat kunyit untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar