Ma Syaa Allah, Inilah 28 Manfaat Tanaman Ciplukan Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kawan-kawan, di Indonesia, pemakaian obat tradisional atau tanaman obat sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu sebelum obat modern ditemukan dan dipasarkan. Obat tradisional ini digunakan untuk meningkatkan kesehatan, memulihkan kesehatan, pencegahan penyakit dan penyembuhan oleh masyarakat secara turun temurun.

Salah satu tanaman yang dipergunakan dalam pengobatan tradisional tersebut adalah tanaman ciplukan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Tanaman ciplukan dapat tumbuh di semua negara dengan iklim tropis terutama di Afrika, Asia, dan Amerika. Tanaman ciplukan keberadaanya kerap kali dianggap sebagai tanaman gulma, terutama di daerah persawahan dan sering kali dicabuti karena mengganggu tanaman sawah.

Nama latin tanaman ciplukan adalah Physalis angulata L. Sedangkan Buah ciplukan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, dan winter cherry. Sedangkan untuk nama daerah tanaman ciplukan adalah keceplokan, ciplukan (Jawa), nyor-nyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba.;

Kandungan Buah Ciplukan;

Menurut U.S. Department Of Agriculture (USDA) satu cangkir atau 140 gram buah ciplukan mengandung:

Kalori: 74, Karbohidrat: 15,7 gram, Serat: 6 gram, Protein: 2,7 gram, Lemak: 1 gram, Vitamin C: 21 persen dari RDI untuk perempuan dan 17 persen untuk pria, Tiamin: 14 persen dari RDI untuk perempuan dan 13 persen untuk pria, Riboflavin: 5 persen dari RDI, Niacin: 28 persen dari RDI untuk perempuan dan 25 persen untuk pria, Vitamin A: 7 persen dari RDI untuk perempuan dan 6 persen untuk pria, Zat besi: 8%persen dari RDI untuk perempuan dan 18 persen untuk pria, Fosfor: 8 persen dari RDI.

Buah ciplukan juga memiliki jumlah beta-karoten dan vitamin K yang tinggi bersama dengan sedikit kalsium, menurut penelitian yang dipublikasikan di National Institute of Health Ciplukan mengandung senyawa chlorogenik acid, asam citrum dan fisalin.

Buah ini juga memiliki kandungan nutrisi seperti asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, serta elaidic acid.

Buah Ciplukan juga kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D hingga vitamin K.;

Kandungan Senyawa Kimia Daun Ciplukan;

Tanaman Ciplukan mengandung asam sitrat, Physalin terpen/ sterol, saponin, Flavonoid, Fisalin B, Fisalin D, Fisalin, alkaloid dan terpenoid. Dari kandungan tersebutlah daun ciplukan berkhaisat untuk kesehatan termasuk untuk stroke.

Khasiat Buah Ciplukan;

Menurut Sediarso, Sunaryo H dan Amalia N tahun 2013, Manfaat buah ciplukan diantaranya dapat memperbaiki pencernaan, antiinflamasi, desinfektan, asma, batuk rejan, bronkitis, orkitis, bisul, borok, kanker, tumor, leukemia dan kencing manis.

Famili Solaneceae yang memiliki banyak efek farmakologi seperti hepatoprotective, immunomodulatory, antibacterial, antifungal, antiinflammatory, antitumor, cytotoxic activity, insect-antifeedant dan insectrepellent activities.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan yakni aktivitas anti bakteri untuk mengatasi bakteri yang menyebabkan peradangan, peradangan tersebut merupakan penyebab munculnya jerawat serta bisul yang tentunya mengganggu kecantikan kulit wajah.;

Berikut manfaat daun dan buah Ciplukan selengkapnya yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Sumber Antioksidan;

Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat berperan sebagai Antioksidan.

Antioksidan merupakan zat yang mampu melindungi sel melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Melansir US Proceedings of The National Academy of Science, senyawa ini berfungsi melindungi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian lain dari Procedia Chemistry, membuktikan bahwa antioksidan yang terkandung dalam buah ciplukan berperan aktif mengatasi berbagai penyakit, seperti Hepatitis, Malaria, Rematik, Dermatitis, dan Asma. Selain itu antioksidan dapat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya yakni menguatkan kekebalan tubuh agar tahan terhadap flu, virus, dan infeksi, mengurangi munculnya berbagai jenis kanker, Anti-penuaan dari sel dan keseluruhan tubuh, mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh.

Cara penggunaannya:

  • Siapkan daun, buah serta batang ciplukan dan seliter air.
  • Bersihkan terlebih dahulu, lalu potong kecil kecil.
  • Rebus semua bahan tadi hingga tersisa setengah liter saja.
  • Saring terlebih dahulu dan konsumsi air hasil rebusan secara rutin pagi dan sore hari.;

2. Memiliki Sifat Anti Inflamasi;

Buah ciplukan memiliki manfaat sebagai anti inflamasi. Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut withanolides mungkin memiliki efek anti-inflamasi di dalam tubuh yang bermanfaat untuk melindungi dari kanker usus besar.

Dalam penelitian Jounal of Chron’s and Colitics, ekstrak kulit Ciplukan akan mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Selain itu, tikus yang diobati dengan ekstrak ini memiliki tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah di jaringannya.

Meskipun tidak ada penelitian manusia yang sebanding, penelitian tabung reaksi pada sel manusia mengungkapkan manfaat buah ciplukan terhadap peradangan yang menjanjikan.;

3. Meningkatkan Sistem Imunitas;

Sebuah penelitian Indo American Journal of Pharmaceutical Research menunjukkan, buah ciplukan terlibat dalam efek imunologis atau sistem imunitas tubuh. Peneliti mengeringkan ciplukan dan mengekstraksinya dengan etanol 70 persen. Hasilnya, ekstrak ciplukan tersebut memberikan dampak positif dan mampu menginduksi apoptosis atau kematian pada sel kanker payudara.

Meski membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun hasil ini bisa menjadi data yang bagus dan memiliki potensi untuk bisa dikembangkan menjadi salah satu terapi kanker yang diakui.

Studi lain dari National Health for Biotechnology Information pada sel manusia mencatat bahwa, buah ini mengandung banyak polifenol yang menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu. Hal ini akan membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan juga memainkan beberapa peran kunci dalam respons sistem imunitas tubuh yang sehat.;

4. Sifat Antibakteri dan Anti Jamur;

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tumbuhan dari famili Solaneceae yang memiliki banyak efek farmakologi seperti hepatoprotective, immunomodulatory, antibacterial, antifungal, antiinflammatory, antitumor, cytotoxic activity, insect-antifeedant dan insectrepellent activities.

Dengan demikian, tanaman ciplukan memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang akan membantu membasmi bakteri dan jamur yang merugikan tubuh.;

5. Sifat Anti Kanker;

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah punya sifat anti kanker. Akan tetapi, yang perlu dierhatikan, buah ciplukan belum terbukti dapat mengobati atau mencegah kanker.

Efek potensial buah beri ciplukan pada kanker hanya diteliti pada hewan dan sel.

Penting untuk diperhatikan bahwa banyak zat memiliki efek anti kanker dalam sel, bahkan bahan kimia beracun. Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut 4beta-Hydrozywithanolide E, mungkin memiliki sifat anti kanker.

Efek ini telah dipelajari pada hewan dan sel pada jenis kanker berikut: Kanker paru-paru, Kanker hati, dan Kanker payudara.;

6. Untuk Mengelola Diabetes;

Tidak hanya dapat menjadi antioksidan saja, namun daun ciplukan bahkan dapat menjadi obat untuk mengelola diabetes yang menjadi salah satu penyakit yang mematikan.

Penelitian yang dilakukan Sunaryo dkk (2012) menyimpulkan bahwa senyawa aktif dari fraksi kloroform herba ciplukan pada mencit memiliki efek antidiabetes serta dapat memperbaiki jumlah sel langerhans pankreas sebanding dengan glibenklamid.

Jadi bisa diambil kesimpulan manfaat daun ciplukan untuk diabetes karena senyawa aktif dari kloroform memiliki efek mencegah diabetes. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun ciplukan ini untuk mencegah dan mengelola diabetes.;

7. Mengatasi Penyakit Tifus;

Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi orang yang mengalami penyakit tifus. Penyebab tifus adalah bakteri Salmonella typhimurium yang ditandai dengan demam, mual, muntah, diare dan hilangnya nafsu makan. Kandungan antibakteri dalam daun ciplukan dapat membantu mengatasi penyakit tifus ini secara alami secara bertahap.;

8. Manfaat Daun Ciplukan untuk Payudara;

Jangan anggap Remeh Kanker payudara karena merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Kandungan antioksidan dalam ciplukan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dapat mengurangi kemungkinan munculnya beberapa jenis kanker. Seperti salah satunya yakni kanker payudara.

Cara yang dapat diterapkan untuk mencegah kanker payudara yakni dengan dioles ke payudara. Siapkan beberapa bahan seperti pucuk daun ciplukan masih muda, tunas kunyit serta parutan kelapa. Semua bahan tadi dibersihkan lalu dicampur, setelah itu lumatkan hingga halus. Tempelkan pada bagian payudara secara rutin.;

9. Mengatasi Gondongan;

Sebagai antiradang atau inflamasi yang berkhasiat, oleh karena itu daun ciplukan memiliki manfaat seperti masalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yakni gondongan.

Gondongan adalah keadaan dimana kelenjar bagian bawah leher memebengkak dan menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Konsumsi rebusan daun ciplukan untuk mengatasi masalah tersebut.;

10. Mempercepat Penyembuhan Borok;

Untuk yang sering mengalami borok karena disebabkan berbagai luka di kulit atau menggaruk kulit terlalu sering karena gatal, borok bisa diatasai dengan daun ciplukan.

Caranya, tumbuk beberapa lembar daun ciplukan lalu tambahkan sedikit air lalu oleskan pada borok. Lakukan secara rutin agar borok cepat mengering.;

11. Mengatasi Sariawan;

Tentunya jika terkena sariawan rasanya sakit dan sangat mengganggu. Bagian mulut yang terkena sariawan terasa tidak nyaman. Sariawan disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C.

Daun ciplukan mengandung vitamin C yang cukup banyak sehingga daun ciplukan ampuh untuk mengatasi sariawan. Caranya adalah dengan rajin mengkonsumsi rebusan daun ciplukan atau menempelkan daun ciplukan pada bagian yang terkena sariawan.;

12. Mengatasi Masalah Kolesterol;

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kelebihan kolestrol jahat dalam tubuh dapat berdampak kurang baik. Kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan peredaran darah tidak lancar sehingga akan memicu munculnya penyakit kardiovaskuler seperti penyakit stroke dan jantung yang mematikan.

Ternyata ada manfaat daun ciplukan untuk kolestrol jahat yang berbahaya. Dengan rajin mengkonsumsi rebusan daun ciplukan secara rutin akan menjadikan aliran darah lancar karena kadar kolestrol terkurangi.;

13. Mencegah Penyakit Jantung;

Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, mengkonsumsi secara rutin daun dan buah ciplukan akan memperlancar peredaran darah dan mencegah penumpukan kolestrol yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Dengan demikian, mengkonsumsi daun dan buah ciplukan dapat menghidarkan seseorang dari serangan penyakit jantung.;

14. Manfaat Daun Ciplukan Untuk Stroke;

Ternyata tersimpan khasiat daun ciplukan untuk stroke selain dapat mengatasi penyakit lainnya seperti kanker. Stroke sendiri merupakan salah satu penyakit menakutkan bagi semua orang yang kadang keadiannya pun tiba tiba. Penyebab stroke adalah aliran darah tidak lancar karena tersumbat oleh kolestrol.

Ikuti cara dibawah ini untuk merasakan khasiatnya dalam mengatasi stroke.

Buat jus daun ciplukan. Siapkan beberapa lembar daun ciplukan dan bersihkan terlebih dahulu. Kawan-kawan dapat menghaluskannya dengan blender dan tambahkan sedikit madu. Selain itu, Kawan-kawan juga dapat memakannya secara langsung.;

15. Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik;

Orang yang menderita nyeri sendi atau rematik akan merasa tidak nyaman. Gejala rematik pada setiap orang tentunya berbeda beda, bergantung pada anggota tubuh mana yang diserang. Karena ciplukan punya manfaat sebagai pereda nyeri, ciplukan juga dapat dicoba untuk mengatasi nyeri sendi dan rematik.

Caranya, kita tinggal menghaluskan daun ciplukan hingga lembut, lalu tambahkan sedikit kapur sirih dan jeruk nipis lalu oleskan pada bagian yang terasa pegal.;

16. Mengatasi Flu;

Dalam daun ciplukan terkandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga batukpun dapat dihindari. Umumnya kita mengenal jeruk sebagai sumber vitamin C, namun Kawan-kawan dapat merasakan manfaat vitamin C yang ada pada daun ciplukan dengan cara merebusnya. Rebusan air daun ciplukan tadi dapat diminum sehari harinya secara rutin agar terhindar dari flu yang bisa menyerang kapan saja.;

17. Mencegah Asma;

Selain flu dan batuk biasa , daun ciplukan juga bermanfaat unutk menyembuhkan gangguan pada organ pernafasan seperti asma. Dengan merebus kombinasi daun dan batang tanaman ciplukan lalu konsumsi secara rutin dan rasakan manfaatnya;

18. Mencegah Paru Paru Basah;

Kegunaan daun ciplukan sangatlah banyak seperti pada buahnya, dimana daun ciplukan berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan pada organ paru paru, terutama paru paru basah agar penderita dapat menurunkan resiko kambuh lagi.

Konsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin agar dapat mencegah kambuhnya penyakit paru paru basah.;

19. Daun Ciplukan Untuk Mengatasi Jerawat Dan Bisul;

Daun Ciplukan dapat mengatasi masalah jerawat dan bisul. Kandungan Antibakteri dan anti peradangan atau antiinflamasi dalam daun ciplukan akan membantu kulit dalam proses melawan bakteri dan peradangan sehingga kulit terhindar dari jerawat.

Selain itu kandungan antioksidan dalam daun ini juga berperan dalam mencegah munculnya jerawat dan bisul. Ada cara yang ampuh yang dapat ditempuh yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun ciplukan, bersihkan terlebih dahulu, tumbuk hingga halus, dan oleskan pada kulit yang terkena bisul.;

20. Mencegah Penuaan Dini;

Setiap wanita tentunya tidak ingin terjadi penuaan dini pada kulitnya bukan? Nah kali ini ada manfaat daun ciplukan untuk mencegah penuaan dini.

Hal tersebut dikarenakan dalam daun ciplukan terkandung antioksidan yang akan melawan radikal bebas baik itu dari polusi atau sinar matahatri yang dapat menyebabkan penuaan dini.;

21. Memelihara Kesehatan Tulang;

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah memelihara kesehatan tulang. Buah Ciplukan tinggi vitamin K, vitamin larut lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang.

Vitamin K adalah komponen penting dari tulang dan tulang rawan dan juga terlibat dalam tingkat perombakan tulang yang sehat. Ini merupakan cara bagaimana tulang rusak dan terbentuk kembali dengan baik.

Melansir International Journal of Endocrinology, vitamin K harus dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk kesehatan tulang yang optimal.;

22. Meningkatkan Sistem Penglihatan;

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem penglihatan. Buah ciplukan mengandung lutein dan beta-karoten, bersama dengan beberapa karotenoid lainnya.

Makanan tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan.

Secara khusus, karotenoid lutein terkenal untuk mencegah penyakit mata.;

23. Menyembuhkan Penyakit Kuning;

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah menyembuhkan penyakit kuning. Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan perubahan warna kulit menjadi kuning akibat tingginya kadar bilirubin dalam darah.

Penyakit ini biasa dialami oleh bayi terutama yang baru lahir, namun pada beberapa kondisi bisa juga menyerang orang dewasa.

Kandungan antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid, dan polifenol pada ciplukan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kuning ini.;

24. Mempertahankan Kerja Saluran Kemih;

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah menjaga kerja saluran kemih. Ciplukan dapat menjadi salah satu zat diuretik yang dapat memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan juga mencegah batu kandung kemih.

Sumber lain juga menyebutkan bahwa daun ciplukan mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit kencing nanah.;

25. Membantu Menurunkan Berat Badan;

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Sebagai makanan rendah kalori (hanya 53 kalori per 100 gram), buah ciplukan adalah pilihan menarik bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Buah-buahan mungil ini dapat memberikan sebagian besar nutrisi harian namun tidak menyumbangkan lemak atau kalori negatif apapun ke asupan keseluruhan. Ini tentu membantu menjaga tujuan penurunan berat badan tetap pada jalurnya.;

26. Mencegah Maag;

Buah ciplukan telah lama digunakan dalam perawatan asam lambung. Penelitian Latin American and Caribbean Bulletin of Medicinal and Aromatic Plants pun mendukung pengobatan Ayurveda yang menerapkan penggunaan buah ciplukan untuk mencegah maag.;

27. Melindungi Kesehatan Hati dan Ginjal;

Kandungan di dalam buah ciplukan dipercaya dapat mengurangi luka yang terdapat di organ hati. Selain itu, ciplukan juga memiliki efek memulihkan penurunan fungsi hati.

Buah ciplukan juga dapat melindungi ginjal dari racun dengan menstimulasi pengeluaran urine serta menyingkirkan lemak, garam, dan racun dari sistem getah bening.;

28. Membantu Menjaga Keterampilan Kognitif;

Buah ciplukan mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu mencegah penyakit otak, seperti demensia dan alzheimer. Kedua penyakit tersebut mengakibatkan proses penurunan daya ingat.

Vitamin C membantu menjaga kognisi, fokus, dan memori pada otak.;

Cara Mengolah Daun Ciplukan:

Sebenarnya masyarakat Indonesia umumnya mengolah daun ciplukan dengan dua cara, tergantung pada penyakit apa yang diobatinya. Jika direbus, lalu diminum air rebusannya untuk mengatasi penyakit dalam seperti untuk mengatasi stroke.

Namun bila cara megolahnya dengan jalan dihaluskan lalu dioleskan ada bagian yang sakit, biasanya untuk mengatasi penyakit luar seperti untuk bisul dan jerawat.;

Cara Menikmati Buah Ciplukan;

Untuk bisa menikmati manfaat buah ciplukan, kita juga harus tahu cara mengonsumsinya. Bagi pecinta buah segar dan masam, buah ciplukan langsung konsumsi setelah bungkusnya dibuka atau dikeringkan setelah sekamnya yang tipis dibuang.

Buah ciplukan segar dapat ditemukan di pasar petani dan banyak toko bahan makanan, atau dibeli secara online. Buah ciplukan juga sering dijual dalam bentuk buah kering dan juga sering dijual dengan nama ‘Inca berry’. Buah ciplukan akan menambah rasa unik pada hampir semua hidangan atau camilan.

Berikut beberapa cara enak saat menikmati buah ciplukan yang bisa dicoba:

  • Makan mentah sebagai camilan.
  • Tambahkan ke salad buah.
  • Taburkan di atas salad gurih.
  • Haluskan menjadi smoothie.
  • Celupkan ke dalam saus cokelat untuk pencuci mulut.
  • Ubah menjadi saus untuk dinikmati dengan daging atau ikan.
  • Aduk menjadi salad gandum.
  • Tambahkan di atas yogurt dan granola.;

Tips Aman Makan Buah Ciplukan;

Agar lebih aman untuk kesehatan, inilah beberapa cara makan buah ciplukan:

Makan buah ciplukan saat sudah matang atau warnanya sudah kuning emas. Kawan-kawan bisa mengupas daun yang menjadi kuncup buahnya untuk mengetahui sudah matang atau belum.

Cuci buah ciplukan sampai bersih.

Kawan-kawan bisa memakan utuh buah ciplukan yang sudah matang dan dicuci dulu. Bisa juga mencampur buah ciplukan ke dalam salad atau diblender dengan buah-buahan lainnya untuk dijadikan smoothies.;

Bahaya Buah Ciplukan bagi Kesehatan;

Meski jarang terdengar, buah ciplukan cukup digemari karena rasanya yang manis. Tapi waspada, buah ini bisa beracun bila salah dimakan!

Bahaya Buah Ciplukan bagi Kesehatan;

Buah ciplukan mungkin tidak terdengar familier layaknya buah-buahan lainnya. Padahal, buah berwarna kuning emas ini cukup sering ditemukan di sekitar kebun, tanaman liar, maupun pekarangan rumah.

Meski memiliki bentuk yang menarik dan rasanya manis, buah ciplukan ternyata memiliki efek samping bila Anda salah mengonsumsinya. Apa saja bahaya dari buah ciplukan?;

Bahaya Makan Buah Ciplukan bagi Kesehatan;

Buah ciplukan berasal dari tumbuhan liar yang tergolong keluarga tanaman nightshade dan tumbuh di tempat tropis. Dikenal dengan berbagai sebutan, yaitu golden berry, morel berry, groundcherry, dan lain sebagainya.

Ciplukan memiliki rasa yang asam manis seperti nanas dan mangga. Banyak orang mengonsumsi buah ini sebagai camilan, untuk hidangan salad, dan lainnya.

Meski begitu, buah ciplukan tidak bisa dimakan sembarangan karena mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

Melansir Healthline, buah ciplukan mengandung solanine, yaitu racun yang secara alami terbentuk dan ditemukan pada jenis sayuran nightshade. Solanine dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk kram dan diare. Selain itu, dampak yang dihasilkan bisa berakibat fatal dalam kasus yang sangat parah. 

Konsumsi buah ciplukan dalam jumlah banyak juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, tikus jantan diberi jus buah ciplukan dengan dosis sebesar 2.227 mg setiap hari. Hasilnya, tikus jantan tersebut mengalami kerusakan jantung (namun tidak pada tikus betina).

Buah ciplukan mengandung racun berbahaya karena tumbuh secara liar di perkebunan maupun sekitar tanaman liar. Buah ini tidak boleh dimakan mentah atau ketika warnanya masih hijau karena zat racunnya tadi. Kemungkinan, ciplukan masih beracun ketika belum matang secara menyeluruh. Agar lebih aman, konsumsilah buah ciplukan saat sudah matang atau ketika warnanya sudah kuning emas.

Selain buahnya, daun ciplukan juga dapat Anda olah untuk dikonsumsi, misalnya dengan merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya.

Apakah ada efek sampingnya? Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan kalau mengonsumsi air rebusan daun ciplukan berbahaya untuk kesehatan. 

Hal tersebut menandakan bahwa rebusan daun ciplukan masih aman untuk dikonsumsi.;

Efek Samping Buah Ciplukan;

Melansir Veterinary and Human Toxicology, solanin dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti kram dan diare dan bisa berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi. Beberapa orang bisa mendapatkan efek lebih buruk dari konsumsi ciplukan mentah. Jika ingin mengonsumsi buah ciplukan, pilihlah buah yang tidak memiliki warna hijau. Ciplukan yang berwarna hijau mengandung racun yang berbahaya dikonsumsi tubuh. Selain itu memakan buah berlebihan bisa berakibat buruk untuk tubuh.;

Kawan-kawan, itulah tadi informasi mengenai manfaat ciplukan untuk kesehatan. Akan tetapi, selain memiliki manfaat, ternyata buah ciplukan mentah juga memiliki potensi bahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan Kawan-Kawan untuk mengkonsumsi buah ciplukan yang sudah benar-benar matang.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar

Posting Komentar