Tips Google Adsense - Sebuah Persamaan Sukses

Kang Kombor kebetulan sedang jalan-jalan ke blog milik Darren Rowse dan membaca seri tips Adsensenya. Kang Kombor sampai pada tips keempat yaitu mengenai persamaan sukses AdSense. Dia menyebutnya equation for success.

Kang Kombor merasa perlu berbagi tips ini karena persamaan itu mengandung beberapa hal yang sudah sering dibahas oleh para tukang bikin duit di internet, salah satunya adalah trafik. Tentu bukan hanya trafik saja yang akan mampu membangkitkan pendapatan AdSense Sampeyan. Ada variabel lain yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat persamaannya.

Adsense Revenue = Traffic Levels + High Paying Ads + Relevant Ads + Optimally Positioned and Designed Ads

Kalau diterjemahkan dengan metode ngombor akan menjadi:



Pendapatan AdSense = Level Trafik + Iklan Berbayaran Tinggi + Iklan Relevan + Iklan yang Posisi dan Desainnya Dioptimasi

Kang Kombor pernah menyampaikan mengenai search engine sebagai sumber duit. Hal itu berkaitan dengan level trafik ke blog duit kita. Kalau variabel yang lainnya Kang Kombor lupa pernah membicarakannya atau belum. Hmm... daripada pusing mencari-cari, mari kita babar saja masing-masing variabel tersebut.

Eh, sebelum ada yang protes, Kang Kombor perlu sampaikan juga bahwa Kang Kombor juga memiliki pengalaman sendiri dengan beberapa variabel tersebut. Kang Kombor pernah diprotes karena hanya menerjemahkan tips dari bloger luar negeri dan tidak menulis ulang berdasarkan pengalaman Kang Kombor. Maka dari itu, saat ini Kang Kombor sampaikan bahwa Kang Kombor secara pribadi juga memiliki pengalaman dengan beberapa variabel di atas. Dan maaf, Kang Kombor kali ini tidak menerjemahkan secara langsung melainkan menuliskannya dengan segala kedangkalan ilmu Kang Kombor. Kang Kombor ngarang sendiri penjelasannya. Hihihi... jadi ingat waktu kuliah dulu. Kalau dikasih soal, jawabannya ngarang semua.

#1 Level Trafik

Ini jelas sekali. Semakin tinggi trafik ke blog kita, akan semakin banyak iklan dilihat. Seterusnya, akan semakin banyak kemungkinan iklan diklik. Yang soal beginian mah nggak usah diperkeruh lagi dengan penjelasan yang aneh-aneh.

#2 Iklan Berbayaran Tinggi

Apabila konten blog mampu menarik iklan yang berbayaran tinggi, kita akan memiliki rejeki yang semakin baik. Iklan mahal nilai kliknya besar. Kang Kombor pernah merasakan mendapat klik yang bayarannya lebih dari $1. Buat Kang Kombor itu cukup tinggi karena banyak kliknya yang cuma $0,01. Untuk jadi $1 saja butuh 100 klik. Ngenes banget kan?

#3 Iklan Relevan

Blog yang mampu mendapatkan iklan yang relevan dengan konten yang disajikan akan memberikan pendapatan yang lebih baik daripada blog yang tidak mampu mendapatkan iklan yang relevan. Misalnya saja Kang Kombor membuat blog tentang wimax. Nah, blog itu mampu menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan topik yang dibhas, yaitu seputar wimax. Blog itu tentu akan memiliki pendapatan yang lebih tinggi daripada blog tentang turisme di Bali tetapi mendapatkan iklan tentang velg sepeda motor.

#4 Iklan yang Posisi dan Desainnya Dioptimasi

Google AdSense memberi kebebasan kepada kita untuk menempatkan iklan dan mendisain penampilan iklan (dalam hal warna) sesuka kita. Hal itu harus kita manfaatkan dengan baik. Iklan perlu ditempatkan pada posisi yang selalu terlihat atau langsung terlihat oleh pengunjung. Di sebuah halaman indeks atau homepage misalnya, iklan yang berada di posisi atas -- baik di header maupun sekitar header -- akan memberikan kemungkinan untuk diklik yang lebih tinggi daripada iklan yang diletakkan di footer yang baru kelihatan saat halaman sudah digulung ke bawah selama sekitar 1 menit.

Demikian pula dengan warna. Kita bisa memilih agar iklan yang ditampilkan masuk dengan desain blog kita (blend) atau justru dibuat kontras sehingga tampil mencolok. Semuanya akan memberi pengaruh. Iklan yang di-blend akan memberikan kesan bahwa iklan itu bagian dari konten kita. Yang dibuat kontras akan menarik mata untuk melihat ke arahnya. Bandingkan dengan iklan yang tidak didesain warnanya, tentu iklan yang blended atau kontras akan lebih bagus pendapatannya daripada iklan yang tidak diberi sentuhan cinta desain.

Gabungkan semua variabel itu bersama-sama

Keempat variabel di atas akan sangat bagus apabila digabungkan bersama agar saling mengisi. Misalnya, kalau blog kita memiliki iklan berbayaran tinggi, iklan relevan dan desain yang optimal tetapi blog kita tidak memiliki trafik yang bagus maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang bagus. Sebaliknya, apabila Sampeyan memiliki trafik yang sangat tinggi tetapi iklan Sampeyan diletakkan di posisi yang tidak pernah terlihat oleh pengunjung serta blog Sampeyan desainnya buruk, Sampeyan menyia-nyiakan trafik yang tinggi itu. Kerja Sampeyan untuk mendatangkan trafik akan mubazir.

Nah, semoga tips dari Darren Rowse yang Kang Kombor bagi di sini bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat malam. Tadi Kang Kombor ngantuk berat sehingga tidak berani untuk pulang ke rumah karena harus mengendarai motor selama kurang lebih 1,5 jam. Eh, ternyata dengan berbagi tips ini (ngetik), ngantuk pergi dengan sendirinya. Kang Kombor pamit dulu untuk pulang ke rumah.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

46 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 12:34:00 AM

wah bagus sekali nih tipsnya dan mantap tapi sayang sekarang blog bahasa indonesia ga kelaur ya terpaksa saya bilang goodbay adsense.... :(( :((

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 1:06:00 AM

makasih kang infonya. Yang paling sulit dari semuanya itu menurut saya adalah buat banyak traffic mas. Tapi yang sulit adalah bikin kontennya kang. :D :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 1:08:00 AM

Maaf yang saya maksud lumayan sulit.. pada kalimat akhir

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 6:35:00 AM

Wah benar2 siep mas...bisa di coba nich

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 10:51:00 AM

mas gimana supaya iklannya muncul pas di bawah judul postingan setelah di klik read more? (seperti punya kang kombor)

tolong berbagi ya mas, trims.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Sabtu, Juli 19, 2008 12:25:00 PM

Untuk wordpress atau blogspot?

Sebagai preliminary, untuk wordpress.org, kode adsense dipasang di single.php.

Nah, kalau blogspot, pasang dulu Selective Expandable Post Hack. Nanti kode adsense baru dipasang di sana.

Oke deh, nanti saya buatkan petunjuknya melalui posting sendiri.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 1:47:00 PM

mantap kang......

mesti di bookmark nich.....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 2:14:00 PM

waaah thank u banget kang tips nyaaa.... duuuh moga2 lancar ni adsense nyaaaa....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 3:01:00 PM

wah keren tipsnya mas langsung tak praktekin ya...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 7:49:00 PM

Tipsnya manthap om...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 8:58:00 PM

Tipsnya segera dicoba, Kang.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Juli 19, 2008 11:36:00 PM

Kang kombor memang jago adsense,
kalau tip dan triknya sangat realistis,

Teratur,
Terencana,
Mudah dipahami,
Kang kombor tinggal dimana sih,
Kok ingin YM man.
Ym saya = warungdigital
di add donk agar saya bisa add juga.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Minggu, Juli 20, 2008 12:22:00 AM

@all: terimakasih atas your encouraging comments. Maaf Kang Kombor kali ini tidak bisa jawab satu-satu ya. Yang bernada pertanyaan yang coba Kang Kombor jawab.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Minggu, Juli 20, 2008 12:27:00 AM

Untuk semua saja, ym saya: moharifwidarto

Tolong kalau mau add, pada messagenya diisi ya. Misalnya: "ini kombor dari kombor.com". Dulu pernah ada yang add terus Kang Kombor terima. Eh, ternyata cewek yang sedang jualan. Dia akan melayani semua kecuali koitus. Halah! Sontoakas! Males banget nggak sih?

Pak Tani, tadi saya sudah add.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
bocahiseng
Minggu, Juli 20, 2008 1:36:00 AM

keren kang infonya??

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juli 20, 2008 8:05:00 AM

Wah saya juga lagi cari cara masang "Selective Expandable Post Hack". ditunggu tutorialnya kang

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juli 20, 2008 8:34:00 AM

mantep banget kang, sayang disini masih bermasalah dengan trafik :-(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juli 20, 2008 10:29:00 AM

makasih om udah nerjemahin........ langsung praktek

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juli 20, 2008 10:56:00 AM

Wah tips dari sampean boleh juga neh mas!!! gue boleh coba to di weblog bahasa inggrisku?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Juli 20, 2008 12:48:00 PM

aku juga...trafikku miskin....

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 21, 2008 12:02:00 AM

semua udah dailakukan dari dulu. yg belum cuman naikin trafik :D . jadi poin lainnya udah optimal kl gk ada yg pengunjungnya sapa yg mau ngeklik hehe. susah bener nih kang menang pertarungan di SE, apalagi blog adsense yg hrs berbahasa inggris mengharuskan kita bertarung secara global. susah bgt gk menang2 dari dulu :(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 21, 2008 6:07:00 AM

berarti ini benar-benar cocok untuk blog yang memang sudah siap tempur ya, kang?

secara saya suka belajar tentang meraup dollar dari internet, tips ini cukup informatif, terimakasih.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 21, 2008 11:46:00 AM

wahh tips yang menarik nih kang
tapi sebagian besar blogger indonesia sudah di tendang jauh2 tuh ma adsense :( mending tips untuk program review aja mas kombor bagus tuh :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 21, 2008 11:49:00 AM

YM saya kang = klik_made

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 21, 2008 4:07:00 PM

Kang Kombor pulang malam apa nggak dimarahi sama istri? Atau punya banyak istri simpanan? waka ka kaka ka

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
benbego
Senin, Juli 21, 2008 11:42:00 PM

Nomor 1= iya. itu bener banget.
nomor 2= ini juga ok. tapi susah ngedapetinnya. Harus memiliki seo yg tepat biar pas sama mau kita. jadi ada kemungkinan untuk bisa diarahkan dapet iklan yg berbayar mahal.
nomor 3= kembali ke no.2. Plus tambahin fokus ke satu tema aja. soal wimax ya sekitar itu aja.
nomor 4= setuju. aku terapin banget di blog aku. rata2 ctr kisaran 4-5%. yg jelas harus cari komposisi yg tepat buat nge blend iklan dg themes blog. sering2 aja utak atik warna. klo perlu pelajari psikologi warna.

1-4 semuanya saling mendukung. Paling sulit no.1 Baca ini seni mencari traffik visitor

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juli 22, 2008 7:24:00 AM

[...] saja.Dan teori relativitas (nggak tahu relativitas itu apa )  ini saya dapatkan dari blog kang kombor ,dalami artikelnya  ,amati maksudnya ,terapkan jurusnya  .Bagi yng ingin menggeluti binis ini [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
ika
Selasa, Juli 22, 2008 11:25:00 AM

udah dua taun join adsense gatot mulu,, kapan2 mau niat lagi ah berjuang di adsense..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Juli 22, 2008 5:47:00 PM

[...] janji Kang Kombor sebelumnya pada jawaban atas tanggapan kr!shnA di atas, kali ini Kang Kombor berikan tips untuk menampilkan AdSense di bawah judul posting, khusus untuk [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
kombor
Selasa, Juli 22, 2008 6:08:00 PM

AdSense gatot tapi kalau AdBrite, Bidvertiser, Chitika, dll sukses kan ya sami mawon, Mbak.

Kang Kombor hanya adsense saja mainannya. Itu pun di blog Bahasa Indonesia dan sudah ada yang protes karenanya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Juli 28, 2008 11:48:00 PM

Tip yang semakin ok saja,
sukses selalu dan sip deh...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Agustus 02, 2008 1:04:00 AM

[...] Tips Google Adsense - Sebuah Persamaan Sukses [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Agustus 02, 2008 1:07:00 AM

[...] janji Kang Kombor sebelumnya pada jawaban atas tanggapan kr!shnA di atas, kali ini Kang Kombor berikan tips untuk menampilkan AdSense di bawah judul posting, khusus untuk [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Agustus 02, 2008 3:06:00 AM

[...] Tips Google Adsense - Sebuah Persamaan Sukses [...]

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Agustus 09, 2008 4:13:00 AM

kayaknya traffic yang paling susah deh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Agustus 16, 2008 11:14:00 AM

nice tips boss....thx

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Oktober 13, 2008 7:06:00 AM

thanks untuk tipsnya kang, do'ain sukses ya kang biar dapet iklan berbayar tinggi.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
pdg
Senin, Oktober 20, 2008 11:51:00 AM

ada yang mo nyoba ngoprek google adsense ndak, ternyata masih banyak kelemahannya
http://rapidshare.com/files/155711234/Hacking_Adsense.rar

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, November 01, 2008 12:23:00 AM

Dari semuanya, point 1 emang paling sulit,,

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, November 20, 2008 12:58:00 AM

wah tips nya keren tuh..

om tolong beri kritik dan saran ya



Penyebab utama global warming :

1.banyaknya peternakan-peternakan hewan di dunia ini
2.penebangan pohon sembarangan
3.polusi dimana-mana

cara menangkal nya:
1.jadilah vegetarian
2.perbanyak menanam pohon
3.pakailah teknologi ramah lingkungan

untuk lebih lengkap nya lihat di:

http://hernadi-key.blogspot.com

info-info terbaru tentang global warming..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, November 21, 2008 4:52:00 AM

mampir ya mas

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, Januari 19, 2009 11:46:00 PM

numpang lewat mas skalian knalan ma empunya web, salam kenal dr saya n makasih atas infonya

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Februari 01, 2009 8:09:00 PM

tip yang bagus sekali kang.. wah bagi2 terus dnk ilmunya..

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Maret 10, 2009 4:28:00 AM

kalo blognya pake bahasa indonesia, boleh gak kang, mf gw msh pemula

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Maret 25, 2009 3:11:00 AM

wah nih situs harus dikunjungi terus.

OK Kang Kombor, saya akan always OL di web anda ini. Nunggu update ilmu baru.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, Oktober 25, 2015 8:43:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan