Breaking News
Loading...
Thursday, August 07, 2008

Tips AdSense - Berbagi Ruang Iklan AdSense Bersama-sama Dalam Satu Blog

12:37:00 PM

Bolehkah dalam satu website/blog ditampilkan iklan AdSense milik 2 atau lebih penerbit? Tentu saja boleh. Ini bukan jawaban asal Kang Kombor. Blog AdSense yang menginformasikan hal tersebut. Silakan baca versi aslinya di sini.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbagi ruang iklan adalah:

  • Jumlah maksimum produk AdSense yang dapat ditampilkan tidak berubah (3 AdSense For Content, 3 Link Unit, 2 Search bar)
  • Google AdSense tidak dapat membagi pendapatan secara rata ke setiap account, setiap pendapatan yang dihasilkan akan dikreditkanke account yang diasosiasikan dengan ad unit yang diklik atau dilihat pengunjung.
  • Semua situs gotong-royong yang menampilkan iklan Google harus sesuai dengan program policies AdSense.
  • Pemilik situs bertanggung jawab terhadap konten di setiap halaman di mana kode iklan diletakkan pada situs/blog yang dikelola. Sebelum memasang iklan, Google merekomendasikan untuk meninjau apakah ada pelanggaran kebijakan di situs tersebut.
  • Kalau Sampeyan bukan pemilik situs, minta ijinlah kepada pemilik situs apabila ingin memasang AdSense di situs tersebut.

Hehehe... di atas itu adalah terjemahan bebas dari yang ada di blog AdSense. Di bawah ini barulah Tips Kang Kombor yang aseli.

Tips Membuat Blog Gotong Royong Untuk Berbagi Ruang Iklan AdSense



#1 Tiga orang bikin blog bareng

Model ini paling gampang nih. Ada tiga orang yang sepakat untuk bikin blog bikin duit secara gotong-royong. Blog itu nantinya akan digunakan untuk menerbitkan iklan dari Google AdSense. Nah, ada beberapa hal yang Kang Kombor bisa tawarkan sebagai solusi untuk pembagian ruang iklan.

Yang perlu diperhatikan adalah pada satu halaman boleh ditampilkan 3 Ad Units, 3 Link Units dan 2 Search bar. Nah, oleh karenanya, hal-hal di bawah ini yang bisa dilakukan:

Halaman indeks

  1. Buat 3 ruang untuk ad unit
  2. Buat 3 ruang untuk link unit
  3. Buat 1 ruang untuk search unit

Untuk ruang ad unit dan link unit, masing-masing orang dapat 1 ruang iklan. Nah, sebaiknya dalam jangka waktu tertentu dirotasi ruang iklannya. Sedangkan, untuk search unit, satu orang saja yang yang mendapat giliran memasang kode iklannya pada satu periode. Ini juga digilir jadwalnya. Paling mudah dibagi jangka waktunya per-4 bulan dirotasi. Setahun ada 12 bulan. Peserta kongsi 3 orang. 12 dibagi 3 = 4. Hehehe, gampang kan?

Halaman Single

Sama sajalah dengan halaman indeks. Ngapain pusing-pusing? Bedanya, dalam halaman single ini penempatan Ad Unit yang harus diatur agar pas. Misalnya, 1 di bawah judul (336x250), 1 di bawah artikel sebelum komentar (336x250), 1 di sidebar (120x600).

#2 Satu orang pemilik blog dengan banyak author

Yang kedua ini juga bisa. Misalnya Si Fulan punya domain ilmuotomotif.com. Si Fulan ini nggak ngerti otomotif dan nggak bisa nulis soal otomotif. Dia belum mati. Dia bisa menghubungi para jagoan nulis otomotif untuk bergabung menjadi pengarang (author). Nah, para author itu bisa menyisipkan kode publisger ID dengan bantuan Author AdSense WordPress plugin seperti yang sudah Kang Kombor singgung di 10 pulgins terbaik untuk AdSense. Eh, tapi maaf, Kang Kombor sendiri belum mencoba plugin itu. Kang Kombor hanya membantu Sampeyan untuk memanfaatkan plugin tersebut. Siapa tahu Sampeyan tidak punya gambaran plugin itu mau dipake dalam skenario dan situasi yang seperti apa.

--***---

Mohon maaf update blog ini agak tersendat. Kang Kombor sedang sibuk di darat karena ada hajat penting berkaitan dengan urusan berbangsa dan bernegara. halah....

33 comments:

  1. kalo misal saya pernah bikin adsense tp cuman daper adsense for search dan ga dipasang di blog, trus pengen pasang n pinjem akun adsense kang kombor di blog saya bisa ga?
    pembagian hasilnya seperti apa?

    ReplyDelete
  2. Saya dapet info ini pertama dari mas isnaini.. Asyik juga ya kalo begini..

    ReplyDelete
  3. @aha:
    Silakan, Mas Arif.

    @El Locco:
    Tipikal mahasiswa malas.... Absen lalu kabur, hihihi... pengalaman pribadi.

    @Dhimas:
    Lama nggak ke tempat Mas Isnaini.

    ReplyDelete
  4. Pada prinsipnya itu bisa dilakukan.

    Penerbit iklan dapat membagi kode iklan yang dibuat di AdSense ke channel-channel yang berbeda. Tujuannya adalah untuk keperluan tracing dan analisis.

    Jadi, dengan membuat channel baru bernama caplang, seorang penerbit iklan dapat menggenerate kode iklan untuk dipasang di caplang.net.

    Pendapatan penerbit iklan dari caplang.net dapat dilihat pada detil laporan pendapatan. Tinggal dilihat saja channel Caplang.net nyumbang berapa pada bulan itu. Pendapatan channel Caplang.net yang dijadikan patokan untuk revenue sharing.

    Mengenai besaran prosentase revenue sharingnya, paling fair sih 50:50.

    Silakan ditawarkan kepada penerbit AdSense, Kang Caplang...

    ReplyDelete
  5. HARGA INTERNET WIRELESS ISI ULANG SPEED UP TO 512 KBPS TERSEDIA :MOBILE HP CDMA DAN MODEM USB CDMA MOBILE; HSDPA/3,5,G INTERAXI -500 MB 100RB /BLN -1GB -175000/BLN -2GB -325000/BLN-4GB 700000/BLN HB:www.lintasnet.com TLP;08179985563 /02191012887.

    ReplyDelete
  6. wah saya blm serius di adsense kang, soalnya trafik sepi. ntr usaha naikin trafik dulu. minta tips naikin trafik ya kang?? :)

    ReplyDelete
  7. Adsense saya selalu kecil,.. coba kalo dah banyak traffic-nya.. lumayan buat di-adsenisasi

    ReplyDelete
  8. masih belum kepikiran.....single fighter sih......

    makasih kang tips2 nya......

    ReplyDelete
  9. wah sip mas soalnya mau buat blog bersama nih...

    ReplyDelete
  10. ke man saja Kang?....sibuk...ya? buat Partai kah?

    ReplyDelete
  11. Ini benar-benar info menarik.
    Dulu aku merindukan yang ini.
    Dan hari ini ternyata dibolehkan.

    Salam suksese kang

    sumintar.com

    ReplyDelete
  12. [...] menggembirakan yaitu dengan dibolehkannya beberapa account PPC dalam satu website coba lihat di blognya kang kombor. Dengan demikian kita bisa titip kode adsense ke website / blog yang trafiknya [...]

    ReplyDelete
  13. Wah...ngajak patungan sapa yah...biar adsensenya rame kayak Kang Kombor....

    ReplyDelete
  14. Boleh nitip adsense disini gak? (He3x keenakan dah gua)

    ReplyDelete
  15. Kalo adsense lom kepikiran neh, soalnya sama kaya mas tipis. Trafik ga mendukung

    ReplyDelete
  16. wah thx bang kombor!! saya jadi dapet ide baru dari petunjuk anda! sekali lagi terima kasih!!!

    ReplyDelete
  17. wahhhh informsi yg bermanfaat kang kombor
    sukses buat kang kombor

    ReplyDelete
  18. wah apa malah gak jadi ruwet, kirain bisa lebih dari 3 biji ad for contentnya gitu..

    ReplyDelete
  19. wah biso numpang acc adsense nang site e kang kombor...

    ReplyDelete
  20. Info yg sangat berguna, aplikatif. thx boosss.

    ReplyDelete
  21. Bukan kang kombor kalau tidak membikin gebrakan di dunia Adsense.
    Tapa gara-gara sampean gak nampilin adsense di blog ini, saya jadi ikut-ikutan.

    Wah melorot deh pendapatan..

    Salam sukses

    ReplyDelete
  22. PakDhe, saya sedang nyoba bidvertiser makanya AdSense saya copotin semua untuk melihat kesaktian bidvertiser. Eh, ternyata nggak jodoh. Ya udah, mulai Senin depan AdSense akan saya naikkan lagi. Lumayan buat tambah-tambah, hehehe....

    ReplyDelete
  23. jadi kepikiran bikin blog yg bisa diisi adsense dengan account yg berbeda...tapi sama sapa ya ?

    ReplyDelete
  24. Wah Boljug itu infonya nanti dicoba ahhh. thanks ya kang :)

    ReplyDelete
  25. terima kasih tips nya.. L-)
    gue baru dapat G ads tadi...
    tutorial nya amat berguna...

    Terima kasih skali lagi

    ReplyDelete
  26. wuih trafik diperhatikan yak, saya masih anteng-anteng aja dengan trafik sepi dan earning yang masih di bawah $5. Kapaan ya bisa dapat trafik banyak kayak om kombor

    ReplyDelete
  27. saya punya website ko adsense ga mau muncul padahal sudah ku oprex sampe hampir pingsan ga mau muncul. berbagai cara sudah saya lakukan tetep aja ga mau muncul. ku oprex dr menggunakan worpress, joomla, tetep aja ga muncul tapi klo di pasang di blogger muncul kok, apa hosting berpengaruh? padahal hostingku berbayar. soalnya saya coba menggunakan pake domain dan hosting yang gratisan adsensenya muncul. terakhir saya coba pasang di web temenku dengan setting dan theme pokonya settinganya di bikin sama semuanya deh, sampai kode adsenya pun sama2 punyaku alhasil di temenku muncul adsnsenya, tapi di aku tetep aja ga mau muncul. ko bisa gitu yah? para master tolongin aku dunk hampir pingsan neh yah minimal iklan layanan masyarakat gpp deh :)

    ReplyDelete
  28. kalo gitu sih, penghasilannya cuman dikit. mending nge bangun blog atau web sendiri

    ReplyDelete

 
Toggle Footer