Siap Memblogspotkan Satu Domain Lagi

Kang Kombor siap memblogspotkan satu domain lagi. Sebuah domain yang sudah beberapa lama diparkir dan tetap bertahan dengan PR3. Domain yang sekitar dua atau tiga tahun lalu pernah digunakan sebagai domain mapping sebuh blog di wordpress.com bersama domain kombor.com ini.


image

Domain itu sebenarnya sudah dilepas dari parkiran dan digunakan untuk autoblogging. Akan tetapi, karena web hosting domain itu jadi satu dengan kombor.com, maka blog itu ikut KO juga. Sampai saat ini apabila diakses, yang nampak hanya halaman yang menunjukkan bahwa Apache Web Server berhasil diinstal di server tersebut.

Kang Kombor akan menggunakan domain tersebut untuk autoblog di blogspot. Konsepnya, Kang Kombor akan mengambil feeds dari situs berita ke blog tersebut dan menjaring opini pembaca mengenai berita yang sedang naik tersebut. Mudah-mudahan saja ada yang mau berdiskusi di sana. Kalau pun tidak, lebih baik domain itu tidak nganggur dan tidur. Sayang setiap tahun diperpanjang apabila hanya dianggurin.

Untuk commenting system mungkin Kang Kombor akan menggunakan intensedebate yang juga sudah lama Kang Kombor pakai di sebuah blog lain. Intensedebate saat ini sudah diakuisisi oleh Automattic, perusahaan di belakang wordpress. Di sebuah blog selfhosted wordpress, dengan sebuah plugin maka komentar intensedebate dapat disinkronisasi dengan blog tersebut. Untuk blogspot, sayangnya belum dapat disinkronisasi. Kang Kombor sudah menanyakan hal tersebut ke Automattic dan mendapat jawaban bahwa saat ini sayangnya fitur tersebut belum tersedia. Automattic mempertimbangkan apakah akan memberikan fitur tersebut di masa mendatang.

Satu lagi layanan serupa intensedebate adalah disqus. Sebuah sistem komentar threded comment yang terintegrasi dengan beberapa situs social networking. Sayangnya, Kang Kombor lebih percaya intensedebate saat ini mengingat intensedebate sudah dimikili oleh Automattic. Beda halnya apabila nanti Google mengakuisisi disqus. Apabila saat itu tiba Kang Kombor tentu akan mempercayai disqus juga.

Untuk threaded comment yang dapat sinkron dengan komentar Blogger, artinya bahwa apabila suatu saat sistem komentar pihak ketiga itu dilepas dari blog maka komentar yang dibuat pada layanan komentar pihak ketiga itu masih akan tetap ada pada postings kita, ada sebuah layanan yang menyediakannya. JS-Kit penyedia layanan itu. Sistem komentarnya disebut Echo Life. Sayangnya, saat ini JS-Kit tidak gratis. Kita harus mengeluarkan $12,5 per tahun untuk menggunakan layanan itu.
Mudah-mudahan Google dapat mengakuisi salah satu dari disqus atau JS-Kit dan memberikan layanan itu gratis kepada kita. Setelah readmore disediakan, threaded comment adalah fitur yang Kang Kombor harapkan dapat disediakan oleh Blogger.

Oh ya, domain yang akan Kang Kombor blogspot-kan itu sudah Kang Kombor setting email dengan domain sendiri di Google Apps. Mengapa perlu Kang Kombor setting emailnya?
  1. Supaya domain itu memiliki email sendiri
  2. Untuk mendaftar di Blogger dengan Google Account email dengan domain sendiri. Tujuannya adalah agar blog itu terdaftar dengan Google Account yang terpisah dari Google Account yang dipergunakan untuk blog ini. Mengapa? Supaya kuota PicasaWebAlbum untuk menyimpan gambarnya pun terpisah.
Apabila Sampeyan belum dapat menyetting email dengan domain sendiri dari Google Apps, silakan download Tutorial membuat email dengan domain sendiri dari Google Apps.
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

12 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 7:19:00 AM

i'm using blogspot too :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 8:12:00 AM

:) wah...sip..sip.., salam kenal buat om kombor...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 8:14:00 AM

kang kombor rupanya tetap semangat... :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 11:28:00 AM

Halah...bahasanya haitek (hi-tech) banget. Coba ngikutin ah. Btw saya download ya tutorialnya. Terima kasih sudah main ke blog kembarannya :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 4:02:00 PM

wah jadi susah komentar neh pak.. eh domainku cuman satu yg tak taroh di blogspot...

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 4:05:00 PM

wah.. trafik turun ga neh pak?? setelah hijrah ke blogger.com?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 13, 2009 7:25:00 PM

kang kombor memang konsisten dalam bisnis online sambilan nya, salah satunya dengan memblogspotkan domain yang udah lama tidak terpakai, tentu lumayan dengan PR 3, tawaran PTR akan lebih mudah didapat :-)salam

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 14, 2009 2:40:00 AM

blog dengan wordpress memang okay tapi masalah hosting sering menggangu. Blogspot bisa menjadi solusi, tapi kenapa ya kalau mau daftar blogspot baru harus verifikasi telepon?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Senin, September 14, 2009 7:53:00 PM

Om kombor Bos CITRA RAYA hehehe

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, September 15, 2009 6:36:00 PM

hi hi ngikut ah (lagi mikir mikir mau embelogsepotin domain satu lagi he he)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, September 16, 2009 10:38:00 PM

wah hebat.. domain diparkir tetap PR 3.. ada domain berpagerank lainnya ga kang? kalo harga bersahabat, boleh ditawarin ke saya.. :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 2:15:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan