Rahasia untuk Menggunakan Amazon Associates Blogger di Blog Bahasa Indonesia

Rahasia Amazon Associates Blogger di Blog Bahasa Indonesia

Apabila sebelumnya Kang Kombor mengatakan bahwa untuk menggunakan Amazon Associates Blogger maka kita harus membuat akun GMAIL baru dengan memilih Amerika Serikat sebagai negara, ternyata itu adalah SALAH BESAR! Ya, SALAH BESAR! Bukan itu masalahnya kalau hanya ingin Amazon Associates Blogger muncul di monetise tab dasbor blog kita.

Masalahnya bukan pada akun email yang kita pergunakan untuk membuat akun Google yang kemudian kita pergunakan untuk daftar di Blogger. Bukan! Bukan itu masalahnya.

Adalah omong kosong juga yang mengatakan bahwa Bahasa Blog harus Bahasa Inggris atau Bahasa negara-negara di mana Amazon sudah ada domainnya. Bukan itu masalahnya. Kang Kombor pernah mengatakan hal salah itu. Pilihan negara pada akun GMAIL atau pilihan bahasa blog pada settings>formatting atau pengaturan>format blog kita di Blogger pun bukan. Kang Kombor bisa membuktikan bahwa blog ini yang pada pengaturan>format menggunakan Bahasa Indonesia ternyata bisa memakai Amazon Associates Blogger.

Tidak percaya? Simaklah screen shots di bawah ini. Simak semuanya. Rahasianya nanti akan diungkap di akhir cerita.







































Nah, lihatlah pada gambar di atas bahwa bahasa blog ini adalah Bahasa Indonesia atau Indonesian.

Masih tidak percaya bahwa blog ini bisa diberi produk Amazon? Simak gambar di bawah ini yang menampilkan Amazon Products Finder di sebelah kanan posting field yang sedang saya ketiki ini.














Nah, percaya kan?

Eh tapi jangan senang dulu. Walaupun di posting page ada Amazon products finder dan bisa menyisipkan produk Amazon pada saat membuat posting, produk tersebut belum tentu akan muncul setelah dipublish dan posting itu dibuka dari Indonesia. Di bawah ini adalah contoh produk Amazon yang bisa dibuat pada saat posting tetapi Kang Kombor yakin setelah dipublish tidak akan muncul apa-apa selain kata-kata "Link saja:", "Gambar saja:" atau "Link dan Gambar:". Atau bisa jadi yang muncul hanya produk Amazon yang disisipkan berupa link dan image saja yang akan muncul. Sedangkan, yang pilihan LINK+IMAGE tidak bisa menampilkan sesuatu. Mari kita simak di bawah ini apakah ada sesuatu yang muncul.

Link saja:
The Complete Indonesian Cookbook

Gambar saja:
The Complete Indonesian Cookbook

Link dan Gambar:













Apabila Sampeyan tidak melihat produk Amazon apa pun di atas kalimat ini, jangan salahkan Kang Kombor. Lihat screen shot di bawah bahwa pada posting page, produk Amazon bisa disisipkan. Apabila ada yang muncul ya syukur kepada Tuhan.






























Nah, Kang Kombor sudah membuktikan pada Sampeyan semua bahwa blog Bahasa Indonesia pun bisa menampilkan menu Amazon Associates Blogger pada monetise tab atau tab uangkan. Akan tetapi, pertanyaan pertama, apakah setelah dipublikasikan ada produk yang muncul? Pertanyaan kedua, apakah penutur Bahasa Indonesia akan pas apabila kita jadikan target pasar produk Amazon? Nah, untuk pertanyaan kedua silakan Sampeyan pikirkan sendiri jawabannya. Yang pasti, Amazon dan Blogger memang sudah mengatur bahwa Amazon Associates Blogger tidak akan muncul di lokal Indonesia.

Rahasia untuk memunculkan Amazon Associates Blogger di blog Bahasa Indonesia


Sebenarnya, kunci untuk bisa mempergunakan Amazon Associates Blogger bukan terletak pada asal negara pemilik email. Bukan pula pada Bahasa Blog yang dipergunakan. Bukan di kedua tempat itu kuncinya.

Lalu di mana?

Kuncinya hanya satu, yaitu pemilihan bahasa di blogger.com atau di dasbor blogger kita pada saat kita login ke Blogger. Contohnya pada gambar di bawah:











Lihat itu, Kang Kombor hanya memilih Bahasa Inggris Britania atau English (UK) maka Amazon Associates Blogger langsung muncul pada monetise tab. Pada saat posting, kita bisa memilih produk Amazon dan menyisipkannya ke dalam posting. Akan tetapi, setelah dipublikasikan entahlah apakah produk Amazon yang kita sisipkan akan muncul atau tidak muncul sama sekali ketika posting dibuka dari Indonesia. Jujur saja saat membuat posting ini Kang Kombor belum tahu apakah produk akan muncul atau tidak.

UPDATE
Sesaat setelah posting ini dipublikasikan, Kang Kombor langsung mengintip hasilnya. Ternyata, produk yang disisipkan berupa link saja atau image saja bisa muncul. Sedangkan, produk yang disisipkan berupa LINK+IMAGE tidak bisa muncul.

Nah, silakan, terserah Sampeyan apakah akan menghiasi blog Bahasa Indonesia dengan link atau gambar produk Amazon.

Kang Kombor katakan menghiasi karena bisa jadi link atau image produk Amazon itu memang hanya akan jadi hiasan blog saja karena salah target pasar :) 
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

7 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Desember 29, 2009 5:35:00 PM

pertama dan terima kasih infonya kang kombor

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Desember 31, 2009 9:27:00 AM

saya baru tahu kalo di blogspot bisa disetting langsung
setuju kang, amazon cuma jadi hiasan saja kalo dipasang di blog indonesia, target pasarnya bukan orang indonesia

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Januari 12, 2010 10:41:00 AM

kang koq pas saya pilih image + link nggak mada padahal pake bahasa indonesia?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Selasa, Januari 12, 2010 10:41:00 AM

eh ralat bhs inggris

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Januari 23, 2010 4:49:00 AM

mau komen ah bagai mana ya lanjutannya da buat blog,terus klick-click aja apakah blog saya bisa di baca orang dan cara bisa mendapatkan inkam gimana ya sementara mengikuti petunjuk jg bingung nih?

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Agustus 18, 2010 12:03:00 PM

terima kasih infonya mas, sangat berguna

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 12:56:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan