Berkreasi dengan Blogspot Membuat Blog post Tidak Tampil di Depan

Platform blog WordPress dapat dipergunakan dengan mudah sebagai CMS (Content Management System) untuk membuat website profil perusahaan. WordPress memiliki pilihan pengaturan untuk menampilkan sebuah halaman statis sebagai tampilan muka. Seseorang tidak perlu pengetahuan teknis untuk melakukan itu, cukup memilih tema yang disukai dan tinggal di atur sebuah halaman statis untuk menjadi halaman muka (homepage) dan, … Bla! Selesai.


Bagaimana dengan Blogger atau Blogspot?
Dengan sedikit sentuhan kreativitas, sebuah blog dengan platform Blogger yang disimpan di blogspot pun dapat dibuat sebagai sebuah website profil perusahaan. Caranya adalah dengan menyembunyikan kiriman blog (blog post) untuk tidak tampil di homepage.

Masih meneruskan topik mengenai nama domain lokal, pembuatan website profil perusahaan dengan menyiasati mesin Blogger dapat menjadi solusi murah tetapi handal bagi perusahaan-perusahaan mikro dan kecil di Indonesia. Perusahaan UMK hanya perlu menyewa nama domain .ID yang murah dan tidak perlu menyewa ruang hosting untuk menyimpan website.

Kang Kombor sudah mengutak-atik template sederhana (Simple) bawaan Blogger untuk menjadi basis template website profil perusahaan. Kang Kombor sembunyikan kiriman blog untuk tidak tampil di halaman awal dan menyiasati dengan menampilkan widget HTML untuk ditampilkan ‘hanya’ di halaman muka. Selanjutnya, Kang Kombor buat halaman profil, produk, kontak, dll. yang diperlukan untuk memberi informasi mengenai perusahaan. Agar konten selalu segar, kiriman blog tetap diperlukan untuk membagi informasi terkini mengenai produk baru, tips penggunaan produk, atau informasi kegiatan perusahaan yang perlu dibagi kepada pelanggan atau umum.

Kang Kombor melanjutkan kreasi dengan membuat sebuah template blogspot yang dapat menampilkan kiriman berdasarkan label di halaman muka. Dengan WordPress, hal seperti ini mudah dilakukan. Di blogspot, Kang Kombor harus mencari java script untuk menampilkan RSS Feed yang dapat menampilkan RSS Feed dari label. Ada sekitar 5 java script yang Kang Kombor coba dan hanya satu yang dapat berfungsi seperti yang Kang Kombor inginkan yaitu menampilkan thumbnail, judul kiriman dan sedikit ringkasan isi.
Pekerjaan selanjutnya adalah mengutak-atik javascript itu agar dapat menampilkan RSS Feed dengan rapi.

Alhamdulillaah, Kang Kombor berhasil. Satu yang menjadi kekurangan dari metode ini adalah halaman awal blog menjadi sedikit berat untuk dibuka karena misalnya kita menampilkan 6 label untuk ditampilkan, akan ada 6 java script yang harus dieksekusi oleh peramban. Kang Kombor masih berusaha untuk mencari cara agar pemuatan (loading) halaman awal blog dengan template ini bisa lebih ringan dan cepat.

Gambar di atas adalah tampilan template yang Kang Kombor maksudkan. Sementara, Kang Kombor masih belum akan membagi template itu baik gratis atau dengan harga tertentu karena template itu masih perlu optimasi terutama dalam hal kecepatan loading halaman awal. Untuk halaman kiriman, loading halaman sudah cepat karena Kang Kombor tidak membebani dengan widget macam-macam. Hanya widget Popular Post dan Arsip yang Kang Kombor tampilkan di bar sisi. Bagian kaki pun tidak Kang Kombor beri widget apa pun.

Mari berkreasi dengan Blogger!
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

10 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Februari 29, 2012 8:50:00 PM

keren :)

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Februari 29, 2012 9:45:00 PM

Biar ringan javascriptnya kasih saja conditional tag blogspot untuk page.

Ane dah lama banget ga ke blogspot, tapi klo loading blogspot susah di akalin, karena hanya file saja yang bisa di kurangi. Klo self host di apache misal kita bisa optimal seoptimal nya.

Lagipula blogspot HTMLnya bukan global, sepertinya pengelola blogger.com menggunakan phyton.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Rabu, Februari 29, 2012 9:46:00 PM

mari mari...
kang kombor memang jago dah urusan yg gini2, heheh

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Maret 01, 2012 3:04:00 AM

conditional tag itu sudah diterapkan di widget html yang memang hanya ditampilkan di di beranda. tetapi kalau memang loading blogspot susah diakalin ya sudah. yang saya pernah baca, semua script untuk java script dijadikan satu supaya bacanya nggak loncat-loncat. sayang lupa di mana artikel itu dulu bacanya.

thanks masukannya.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Maret 01, 2012 3:06:00 AM

nggak jago kok. saya hanya tukang jahit, cari-cari kain dan benang lalu dijahit jadi baju. atau, juru masak, cari-cari bahan makanan dan bumbu lalu dimasak jadi masakan siap saji.

kalau disuruh bikin template mulai dari nol nggak bisa. bisanya hanya ngoprek-oprek template yang sudah ada. itu pun coba-coba.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, Maret 08, 2012 6:00:00 AM

terimakasih mas ikhsan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 12, 2012 3:42:00 AM

Sedikit DEMO untuk blog yang tidak menampilkan postingan di halaman depan mungkin seperti blog saya ini kali ya, kang? :D

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 12, 2012 8:55:00 AM

iya betul, gan

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Anonim
Sabtu, Januari 12, 2013 3:11:00 AM

artikel ini show off atau tutorial ?
perasaan gak ada tutorialnya :(

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 8:44:00 AM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan