Pembatasan BBM Bersubsidi Apakah Masih Perlu?

Halo Kawan-Kawan, sebelumnya saya pernah menulis tentang pembatasan BBM subsidi setengah hati. Sekarang saya ingin menyampaikan pendapat apakah pembatasan BBM bersubsidi apakah masih perlu atau tidak.


Idealnya, subsidi itu diberikan oleh negara kepada seluruh penduduknya. Setiap penduduk harus memiliki akses yang sama terhadap subsidi tersebut. Di Indonesia saja yang salah kaprah sehingga dikatakan subsidi itu hanya diperuntukkan bagi kalangan kurang mampu. Kata kuncinya di indonesia adalah subsidi untuk kalangan tidak mampu sehingga dengan demikian pembatasan menjadi punya alasan untuk diterapkan.

stasiun pengisian bahan bakar umum

Lalu apakah terhadap BBM bersubsidi harus dilakukan pembatasan? Untuk menjawab hal itu kita harus melihat bahwa besaran nilai subsidi dibatasi di APBN. Pembatasan terhadap BBM bersubsidi kalau saya lihat sebenarnya hanya untuk menjaga agar anggaran subsidi BBM tidak jebol. Kalau hanya untuk itu, mengapa kemudian harus ada kampanye bahwa subsidi hanya untuk orang miskin? Itu sudah tidak tepat. Kalau mau membatasi agar kuota subsidi BBM tidak jebol, negara tidak boleh melakukan diskriminasi terhadap penduduknya. Akses terhadap BBM bersubsidi harus sama antara penduduk yang satu dengan yang lainnya.

Akses terhadap BBM bersubsidi tidak boleh dibedakan antara penduduk yang satu dengan penduduk yang lainnya. Apabila semangatnya adalah menjaga agar kuota subsidi BBM tidak jebol maka yang dibatasi adalah keran-keran untuk mengucurkan subsidi itu. Dengan demikian, akan terseleksi dengan sendirinya mana yang benar-benar membutuhkan BBM bersubsidi itu dan mana yang sebenarnya tidak membutuhkan subsidi. Yang harus dijaga adalah angkutan umum dan angkutan barang kebutuhan pokok sebaiknya mendapat prioritas untuk mengakses subsidi tersebut.

Kira-kira demikian pendapat saya. Bagaimana pendapat Kawan-Kawan?
Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Jumat, Oktober 23, 2015 10:53:00 AM

Nice article! Thanks for sharing.

Selamat asiapoker dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan