Microsoft dan Google Membunuh Produk Mereka

Dalam bisnis, menghentikan produk yang tidak laku atau perusahaan yang tidak menguntungkan adalah hal yang biasa. Penghentian produksi atau perusahaan itu tidak melulu dilakukan orang yang baru belajar menjadi pengusaha. Bahkan, perusahaan raksasa multinasional pun sering melakukannya. Tidak kurang perusahaan teknologi sebesar Microsoft dan Google pun sering melakukannya. Microsoft dan Google membunuh produk mereka beberapa kali.

Untuk kasus Microsot, beberapa produk Windows pernah dibunuh. Ada yang karena tidak laku seperti Windows Vista, ada yang dipaksa dibunuh agar produk baru mereka laku, contoh Windows XP dan Windows 7. Windows XP dan Windows 7 adalah sistem operasi Windows yang memiliki pengguna sangat banyak tetapi harus dibunuh agar Windows keluaran baru laku.


Microsoft terkenal sebagai perusahaan piranti lunak. Semua orang tentu paham akan hal itu. Akan tetapi sekitar lima sampai sepuluh tahun ke belakang, Microsoft juga mulai membuat lini usaha piranti keras mereka sendiri. Sebut saja X-BOX, Microsoft Lumia dan Microsoft Surface. Nah, produk terbaru Microsoft adalah Microsoft Lumia. Lini produk smartphone Microsoft untuk menjual Windows Phone yang dikembangkan melalui pembelian lini produk ponsel Nokia itu akhirnya dibunuh oleh Microsoft setelah perjanjian Nokia dan Microsoft agar merek Nokia tidak dipakai dalam produk smartphone berakhir. Sebagai ganti atas penghentian Microsoft Lumia, dikabarkan Microsoft akan meluncurkan Surface Phone, smartphone yang khusus memakai sistem operasi Windows 10 Mobile.

Lain Microsoft lain pula Google. Google juga pernah gagal dengan beberapa produknya. Setiap tahun, banyak produk Google yang dihentikan. Contohnya Google Desktop, Google Friend Connect, Google Notebook, Google Reader dan Google Wave. Daftar produk Google lain yang dihentikan oleh Google bisa dilihat di sini. Google juga pernah menghentikan produk yang sempat membuat dunia tercengang. Ingat Google Glass? Produk itu pun juga telah dihentikan oleh Google.

Kasus yang seperti Microsoft juga dialami Google. Ingat kan Google pernah membeli Motorola? Akhirnya Google menjual Motorola ke Lenovo. Nah, yang senasib dengan Microsoft Lumia, Google juga punya. Lihat Google Nexus yang dibunuh oleh Google dan akan digantikan oleh Google Pixel.

Kang Kombor ingin mengajak Kawan-Kawan untuk tidak takut membuat produk atau perusahaan. Gagal itu biasa. Bahkan Microsoft bisa gagal! Bahkan Google bisa gagal!

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

1 komentar:

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Kamis, September 22, 2016 2:13:00 PM

saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta
bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri
apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
atau silahkan buktikan sendiri..

Selamat ibu irma dari singapura dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan