Rekomendasi Software Text To Speech Berbahasa Indonesia dengan Suara Damayanti

tangkapan layar text to speech software balabolka

Rekomendasi Software Text To Speech Berbahasa Indonesia dengan Suara Damayanti.

Kamu tipe orang yang senang mendengar daripada membaca dan ingin ada yang membacakan buku, dokumen, email, atau berita untukmu? Kamu tentu membutuhkan piranti lunak yang bisa membacakan semua teks itu untukmu. Piranti lunak itu disebut text to speech.

Dalam skenario lainnya, Kamu ingin membuat video yang dilengkapi dengan narasi suara tetapi Kamu tidak pede untuk merekam suaramu sendiri atau lingkungan di studiomu tidak memungkinkan bagimu untuk merekam suara tanpa ada gangguan-gangguan bunyi-bunyian yang lain? Untuk kasus ini Kamu juga butuh text to speech software.

Kalau Kamu amati, banyak video di YouTube yang memiliki narasi berbahasa Indonesia memakai suara seorang wanita yang di hampir semua video suaranya muncul, itulah suara Damayanti. Suara yang sangat terkenal di dunia teks ke wicara karena sampai saat ini untuk teks ke wicara bahasa Indonesia baru ada dua suara yang sudah direkam yaitu suara Pak Arry Akhmad  Armand yang mengembangkan piranti lunak teks ke wicara dalam bahasa Indonesia pertama kali dengan piranti lunak yang diberi nama IndoTTS dan Ibu Damayanti.


Karena IndoTTS tidak bisa Kang Kombor instal di Windows 10, untuk bisa memakai piranti lunak yang memakai suara Pak Arry Akhmad  Armand itu Kang Kombor harus melakukan pencarian di internet. Setelah hanya memakai Panopreter Basic untuk mendengarkan teks ke wicara bahasa Inggris akhirnya Kang Kombor menemukan kiriman blog yang mengulas cara instalasi piranti lunak eSpeak yang memakai suara Pak Armand. Silakan baca saja kiriman blog itu di sini.

Kemudian untuk suara Damayanti, Kang Kombor baru menemukan setelah membaca di situs web Panopreter mengenai suara jenis apa yang bisa dipakai di piranti lunak itu. Panopreter bisa membaca semua jenis basis data suara yang memakai Microsoft SAPI 5. Sapi apa pula itu? Sapi Jawa atau Sapi Madura? Hhhh…

Berbekal kata kunci SAPI 5 dan Damayanti voice akhirnya Kang Kombor menemukan vocalizer damayanti yang sudah dalam format Microsoft SAPI 5 di sini. Vocalizer ini tinggal diinstal dan bisa dipakai dengan Panopreter Basic yang gratis. Akan tetapi, ada piranti lunak gratis pembaca teks ke wicara yang lain yang antarmukanya lebih menarik dari Panopreter Basic. Namanya Balabolka. Namanya lucu tapi bisa membantumu membacakan teks dalam bahasa Indonesia.

Sebagai hadiah karena Kamu sudah membaca sampai pragraf akhir ini, rekomendasi Kang Kombor apabila Kamu mencari software text to speech bahasa Indonesia dengan suara Damayanti, unduh saja Balabolka dan vocalizer Damayanti.

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan