Jumat, Mei 26, 2017

Masalah OnePlusOne Selesai dengan Memakai Lineage OS 14.1

Sejak Juni 2015 Kang Kombor memakai handphone OnePlusOne. Kinerja hp OPO itu sampai dengan dua bulan lalu masih oke-oke saja. Sayangnya, akhir-akhir ini smartphone keluaran dari perusahaan China yang bernama OnePlus itu mulai bermasalah.

gambar smartphone oneplusone

Masalah yang dialami ponsel OnePlusOne itu diantaranya adalah hp sering hang, peluncur aplikasi (launcher) sering gagal meluncur sehingga hp hanya menampilkan latar belakang layar tanpa ada ikon aplikasi dan penerimaan sinyal WiFi yang sangat lemah. Sebelumnya, tidak pernah dialami hal-hal seperti itu dengan hp OnePlusOne.

Sistem operasi yang dipakai pada OnePlusOne aslinya adalah Cyanogen OS yang berbasis android Kit Kat 4.4.4 yang kemudian berubah menjadi CyanogenMod OS. Versi CM OS terakhir  yang Kang Kombor pakai adalah CM OS 13. Itu adalah versi terakhir dari CyanogenMod karena ada perselisihan antara Cyanogen dengan mitra pengembang yang lain sehingga akhirnya CyanogenMod bubar.


Para pengembang lain meneruskan pengembangan custom ROM itu dengan nama baru Lineage OS dengan berbasis pada CM OS 13. Saat ini versi terakhir Lineage OS adalah Lineage OS 14.1 yang menggunakan android versi 7.1.2.

Kang Kombor mengira sering timbulnya masalah pada hp OnePlusOne Kang Kombor adalah karena tidak pernah ada lagi patch atau update dari CM OS 13. Hampir semua aplikasi android selalu diperbarui sedangkan sistem operasi CM OS 13 sendiri sudah tidak pernah diperbarui. Bisa saja ada sesuatu yang crash pada sistem operasi yang sudah kuno itu.

penampilan layar oneplusone dengan lineage os

Akhirnya, dengan memberanikan diri, Kang Kombor putuskan untuk melakukan root pada hp OPO yang garansinya juga sudah habis itu dan mengganti Cm OS 13 dengan Lineage OS 14.1.

Alhamdulillah, setelah sistem operasi CM OS 13 diganti dengan Lineage OS 14.1, ketiga masalah yang sering Kang Kombor alami itu bisa teratasi. HP tidak hang lagi, peluncur bisa meluncur dengan normal dan penerimaan sinyal WiFi saat ini sangat kuat.

Related Posts

Masalah OnePlusOne Selesai dengan Memakai Lineage OS 14.1
4/ 5
Oleh