Kamis, November 23, 2017

Jangan Takut Gagal Karena Google dan Microsoft Pun Bisa Gagal

Jangan takut gagal karena Google dan Microsoft pun bisa gagal.


Tidak sedikit orang yang sangat takut untuk gagal sehingga malah mereka tidak melakukan apa-apa karena ketakutannya itu. Padahal sudah banyak contoh tokoh dunia yang sering gagal dalam melakukan usahanya. Contohnya adalah Thomas Alva Edison yang gagal ribuan kali dalam percobaannya.


Dalam dunia bisnis tidak sedikit pengusaha yang pernah gagal dalam usahanya. Mungkin bahkan bisa dikatakan 99,99% pebisnis pernah mengalami kegagalan dalam bisnisnya. Tentu dalam skala yang berbeda-beda. Ada yang gagal dalam memasarkan produknya, ada yang gagal mengelola keuangannya, ada yang gagal mempertahankan perusahaannya sehingga harus menutup perusahaannya, dan lain-lain. Akan tetapi, kesamaan para wirausahawan adalah mereka tidak pernah menyerah hanya karena gagal.


motorola-lenovo - from techcrunch


Raksasa teknologi seperti Google dan Microsoft pun pernah gagal dalam lini bisnisnya. Tidak percaya?


Google pernah mengakuisisi lini bisnis telepon seluler Motorola. Siapa yang menyangka Google akan gagal? Faktanya, Google gagal dalam menjalankan bisnis telepon seluler itu dan akhirnya menjual kembali Motorola itu ke Lenovo. Google menjual rugi Motorola. Saat membeli, Google membayar $12,5 Milyar dan saat menjual hanya menerima $2,9 Milyar.


Microsoft pun gagal dalam lini bisnis telepon seluler. Akuisisi Microsoft atas Nokia untuk memproduksi telepon seluler bersistem operasi Windows Phone dan Windows Mobile tidak memberi hasil seperti yang diharapkan. Microsoft gagal menaikkan pangsanya di pasar telepon pintar dan akhirnya merek Nokia yang sempat tidak dipakai oleh Microsoft yang mengeluarkan merek Lumia akhirnya bisa kembali lagi di pasaran.


Kita tidak perlu takut gagal untuk memulai sesuatu. Bayi pun harus ratusan kali jatuh saat belajar berjalan. Apabila sekali jatuh kemudian tidak berani mencoba berjalan lagi, mungkin seorang bayi tidak akan pernah menjadi batita yang bisa berjalan.

Related Posts

Jangan Takut Gagal Karena Google dan Microsoft Pun Bisa Gagal
4/ 5
Oleh