Masya Alloh, Inilah 60 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kawan-kawan, Sirsak salah satu buah yang banyak digemari lantaran rasanya yang asam manis. Biasanya buah ini dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan makanan lain. Buah ini memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan air yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya daging buahnya yang kaya manfaat, daunnya juga banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat daun sirsak di Indonesia sangat populer sekali terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak terduga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Berikut 60 manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

.1. Membantu Mengatasi Diabetes.

Batas kadar gula normal dalam darah kita berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi obat herbal diabetes alami.

Cara Penggunaan:

Ambil 2 sampai 5 helai daun sirsak.

Bersihkan dengan air bersih mengalir (untuk menghilangkan kuman dan bakteri).

Rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas.

Biarkan kering hingga tinggal 1 gelas.

Minum secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes.

Lakukan secara rutin 3 sampai 4 hari, lalu cek kadar gula darah Kawan-kawan:


.2. Mengontrol Peradangan.

Peradangan merupakan salah satu bagian esensial pada proses penyembuhan di dalam tubuh. Tubuh akan mengalami peradangan saat sel-sel peradangan atau inflamasi bergerak ke lokasi terjadinya luka atau benda asing yang masuk ke tubuh. Jika peradangan ini terjadi dalam waktu lama, maka akan berisiko memicu timbulnya peradangan kronis.

Daun sirsak sendiri disebut berpotensi dalam mengontrol peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan kalau ada lebih dari 117 komponen di dalam daun sirsak yang memiliki sifat anti peradangan. Pada penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan kalau ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat anti peradangan, antioksidan, dan penyembuhan luka.

Efek daun sirsak untuk meredakan peradangan juga disebabkan karena adanya efek antirematik dan neuralgic yang dihasilkannya saat diaplikasikan di bagian tubuh setelah daun tersebut direbus. Ekstrak daun sirsak juga bisa meredakan kondisi peradangan seperti nyeri artritis, diare, disentri, malaria, sistitis, reumatik, dan demam:


.3. Berpotensi Melawan Kanker.

Ini adalah salah satu sebab mengapa manfaat daun sirsak sangat fenomenal di dunia termasuk di Indonesia yang kaya tumbuhan herbal. Daun sirsak dipercaya dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif daripada kemoterapi yang menghasilkan beberapa efek samping selain biaya yang sangat mahal. Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Cara Penggunaan:

Untuk pengobatan, merebus 10 daun sirsak dalam 3 gelas air hingga menjadi hanya satu gelas, saring dan dinginkan lalu minum ramuan ini setiap pagi selama 3 sampai 4 minggu untuk melihat efek perbaikan kondisi Kawan-kawan. Daun sirsak sebagai pengobatan kanker adalah salah satu obat yang paling ampuh sampai saat ini.

Manfaat sirsak (buah dan daun) dalam memerangi kanker sangat besar sekali yang membuatnya telah digunakan lebih dari 40 tahun untuk informasi ini: 


.4. Membantu Mengatasi Asam Urat.

Daun sirsak dapat membantu dalam mengobati asam urat yang Kawan-kawan derita. Bahkan banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.

Cara Penggunaan :

Untuk menggunakan daun sirsak sebagai obat asam urat, rebus 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau yang telah dicuci. Rebus daun dalam 2 gelas air dan didihkan sampai satu gelas saja. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat maksimal:


.5. Membantu Mengatasi Sakit Punggung.

Sakit punggung sering kita alami terutama saat berolahraga dan bertambahnya usia. Menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

Cara Penggunaan:

Kawan-kawan bisa merebus 20 lembar daun sirsak di 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air yang tersisa. Minum 3 per 4 cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah sakit punggung Kawan-kawan:


.6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Kandungan nutrisi daun sirsak diyakini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Rebus daun sirsak 4 sampai 5 lembar di 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk hasil yang bermanfaat. Senyawa antioksidan dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita:


.7. Menyembuhkan Infeksi.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya yakni bisa menyembuhkan infeksi karena daun ini memiliki kandungan flavonoid, saponin, alkaloid, dan tanin yang berperan sebagai anti bakteri. Senyawa aktif tersebut juga bisa melindungi paru-paru dari infeksi virus:


.8. Melindungi dari Paparan Radikal Bebas.

Paparan radikal bebas merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan kesehatan. Mulai dari penuaan dini pada kulit, gangguan kardiovaskular, peradangan, katarak, dan kanker. Saat tubuh terpapar radikal bebas, maka sel-sel dalam tubuh akan rentan mengalami kerusakan. Saat sel-sel itu rusak, maka potensi gangguan kesehatan pun akan muncul. Salah satu cara melindungi tubuh dari paparan radikal bebas ini adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan antioksidan, di mana salah satunya bisa ditemukan pada daun sirsak. Ada banyak antioksidan dalam daun sirsak, seperti flavonoid, tanin, dan fitosterol, yang akan bisa membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas tersebut:


.9. Membantu Mengatasi Rematik.

Penyakit rematik biasanya dialami pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan herbal alami untuk nyeri artritis.

Cara Penggunaan:

Untuk tujuan masalah eksim dan rematik ini penggunaannya sedikit berbeda, haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah tubuh yang terkena nyeri akibat arthritis dan eksim serta rematik secara teratur dua kali sehari. Diamkan beberapa menit sampai daun sudah agak kering:


.10. Relaksasi Otot, Tulang, dan Kulit.

Salah satu hal yang membuat sirsak menjadi favorit di antara suku asli Amerika Selatan adalah sifat anti-inflamasi dan antispasmodiknya. Manfaat minum air rebusan daun sirsak dapat membantu meredakan ketegangan dan kejang, belum lagi mengurangi rasa sakit akibat cedera atau olahraga.


.11. Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru.

Kandungan pada daun sirsak dapat bermanfaat untuk berbagai penyembuhan, diantaranya penyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenin yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Daun sirsak ini dapat mengatasi penyakit paru-paru basah maupun kering.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ambil 10 sampai 15 daun sirsak cuci dan keringkan di bawah matahari. Rebus dengan 3 gelas air mineral. Setelah dingin minum, air rebusan tersebut minum secara rutin sebanyak 3 kali sehari:


.12. Melawan Bakteri, Virus, Parasit dan Mencegah Perkembangan Tumor.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang. Mereka juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak. Mereka membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit:


.13. Membantu Mengatasi Bisul.

Untuk Kawan-kawan yang menderita bisul, Kawan-kawan tidak perlu khawatir karena daun sirsak dapat membantu mengatasi bisul yang Kawan-kawan derita.

Cara Penggunaan : 

Cara penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 helai, haluskan, dantempelkan di tempat yang terkena bisul sampai bisul tersebut mengering:


.14. Membantu Menyembuhkan Eksim.

Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit contohnya adalah kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim dengan cara alami. Kawan-kawan dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur. Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya:


.15. Mengurangi Flek Hitam Pada Kulit Wajah.

Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, termasuk genetik. Flek hitam sendiri merupakan bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan.

Untuk mengurangi flek hitam, kamu bisa menggunakan daun sirsak sebagai perawatan alami. Kandungan di dalam daun sirsak dapat membantu memudarkan flek hitam, dengan cara menyediakan 6 lembar daun sirsak yang ditumbuk halus, tambahkan sedikit air mawar, kemudian oles pada wajah sebagai masker. Sambil dipijat lembut dan tunggu hingga cukup meresap, baru dibilas bersih:


.16. Mengatasi Jerawat.

Hampir semua orang pernah mengalami jerawatan. Ketika jerawat muncul, seseorang biasanya akan merasa tidak percaya diri karena jerawat dapat mengurangi penampilan. Untuk perawatan alami, kamu bisa menggunakan daun sirsak untuk mengatasi jerawat hanya dengan mengusapkannya pada kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan daun hingga layu baru wajah dicuci bersih:


.17. Mencerahkan Kulit.

Manfaat daun sirsak untuk kecantikan selanjutnya yakni mampu mampu membantu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C dapat kamu tambahkan dengan bahan lain untuk menambah manfaatnya, seperti menambahkan madu atau lemon. Untuk mencerahkan kulit, haluskan 3 lembar daun sirsak yang telah dibersihkan. Kemudian, campur dengan madu dan air perasan lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan meresap. Setelah 20 menit, bilas dengan air bersih:


.18. Mengencangkan Kulit.

Manfaat daun sirsak selanjutnya, yaitu mengencangkan kulit wajah maupun tubuh. Caranya dengan merebus 8 sampai 10 lembar daun sirsak dengan tiga gelas air hingga mendidih. Diamkan sejenak, jika air rebusan daun sirsak sudah berkurang dan tinggal tersisa satu gelas, angkat lalu tuangkan dalam gelas. Tunggu hingga suhunya menurun lebih hangat, dan air rebusan daun sirsak pun siap diminum. Untuk hasil yang maksimal, rutinlah mengonsumsi rebusan daun sirsak 1 sampai 2 kali seminggu:


.19. Membantu Mengatasi Komedo.

Daun sirsak memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo. Komedo juga merupakan salah satu permasalahan wajah yang cukup mengganggu dan bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa menggunakan manfaat daun sirsak dengan menjadikannya masker wajah. Caranya, siapkan daun sirsak. Kemudian tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air mawar. Oleskan sebagai masker wajah. Daun sirsak yang telah dihaluskan jika dioleskan pada kulit dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya juga:


.20. Menunda Penuaan Dini.

Manfaat selanjutnya dari daun sirsak yaitu dipercaya bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan asam askorbat yang baik untuk mencegah radikal bebas penyebab penuaan. Vitamin C berperan penting dalam mengatasi keriput, garis halus, serta perubahan warna yang menjadi ciri penuaan dini. Biasanya daun sirsak dimanfaatkan dalam bentuk pasta:


.21. Mengatasi Ketombe.

Salah satu masalah kulit kepala yakni ketombe. Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe terlihat seperti serbuk putih yang sering terlihat di pundak. Hal ini dapat mengganggu penampilan apalagi ketika memakai pakaian berwarna gelap karena ketombe semakin jelas terlihat.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya ketombe. Perawatan rambut yang tidak tepat dapat memicu timbulnya ketombe, seperti pemilihan sampo yang tidak sesuai dan terlalu sering keramas. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyiapkan beberapa helai daun sirsak. Kemudian tumbuk sampai halus dengan menambahkan sedikit air. Oles secara merata pada rambut sebagai masker. Setelah dibiarkan selama 30 menit, bilas rambut dengan air bersih:


.22. Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala.

Kulit kepala yang gatal membuat seseorang akan sering menggaruknya. Ini tentu membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Rambut gatal dapat terjadi karena beberapa hal seperti mengikat rambut terlalu kencang, alergi, atau kurang menjaga kebersihan rambut.

Untuk mengurangi rasa gatal, kamu cukup merebus 7 lembar daun sirsak muda dengan air 1,5 liter. Kemudian tunggu hingga air berubah warna, tunggu sampai air dingin dan setelahnya gunakan air tersebut untuk keramas. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelahnya:


.23. Mengurangi rambut rontok.

Kondisi tubuh yang stres menjadi penyebab rontok yang sering ditemukan. Selain itu rambut rontok juga terjadi kepada orang anemia dan pasca persalinan. Obat-obatan, terapi kesehatan yang tidak tepat dapat membuat rambut rontok. Maka hal ini bisa dihindari dengan memperbaiki gaya hidup dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Jika kerontokan masih ditemukan maka cobalah siapkan beberapa daun sirsak, lalu bersihkan dan haluskan dengan cara ditumbuk, kemudian campurkan dengan 5 sendok makan air mawar. Setelah itu, aplikasikan masker ini ke permukaan rambut secara merata. Kemudian biarkan selama 25 menit dengan membungkusnya menggunakan handuk. Terakhir, bersihkan rambut dengan air bersih:


.24. Menghilangkan Kutu Rambut.

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh dikulit kepala yang dapat menyebabkan gangguan pada rambut seperti kutu dan ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup merebus daun sirsak 10 sampai 20 menit lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk keramas dapat membantu menghilangkan parasit termasuk kutu dan ketombe yang disebabkan oleh parasit tersebut:


.25. Menurunkan Kadar Kolesterol.

Manfaat rebusan daun sirsak selanjutnya yakni bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Antioksidan di daun sirsak bisa mengkontrol kolesterol jahat. Selain menurunkan kadar kolesterol, daun sirsak bisa mencegah kolesterol. Kawan-kawan bisa minum air rebusan daun sirsak setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal:


.26. Membantu Mengatasi Sariawan.

Jika Kawan-kawan mengalami sariawan, daun sirsak juga bisa digunakan untuk obat. Cara mengobatinya cukup mudah tumbuk daun sirsak kemudian rebus, lalu minum air rebusannya:


.27. Menurunkan Risiko Hipertensi.

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi merupakan suatu kondisi ketika kadar darah di dalam tubuh meningkat. Kondisi ini bisa saja menyebabkan penyakit pada jantung. Daun sirsak memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran karena memiliki antioksidan yang bisa melenturkan pembuluh darah:


.28. Mengatasi Anemia.

Daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Senyawa baik inilah yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga risiko anemia bisa diminimalisir:


.29. Mengatasi Insomnia.

Insomnia atau sulit tidur menjadi masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Cara mengatasinya bisa dengan konsumsi bahan alami, seperti rutin mengkonsumsi daun sirsak. Kandungan tryptophan di dalam daun sirsak bisa memberikan efek rasa mengantuk yang akan membuat Kawan-kawan bisa lebih cepat tertidur. Dengan demikian insomnia bisa teratasi:


.30. Membantu Mengobati Kista pada Ovarium.

Manfaat pertama dari daun sirsak untuk wanita yaitu mengobati kista pada ovarium. Kista merupakan tumor jinak yang harus ditangani. Apabila tidak segera mendapatkan perawatan, tumor ini bisa berubah menjadi kanker. Daun sirsak dipercaya bisa mengatasi tumor jinak. Untuk menggunakannya, alangkah baiknya berkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam penanganan penyakit berbahaya ini:


.31. Baik untuk Kesuburan Wanita.

Daun sirsak juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan wanita. Sebab daun herbal ini memiliki kemampuan untuk memperkuat rahim. Namun manfaat daun sirsak ini butuh penelitian lebih lanjut, sehingga jika Kawan-kawan ingin konsumsi obat herbal ini sebagai peningkat kesuburan Kawan-kawan harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan efek samping berbahaya:


.32. Membanu Menurunkan Berat Badan.

Perempuan biasanya selalu mendambakan memiliki berat badan yang ideal. Bahkan banyak sekali wanita yang melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan berat badan ideal, mulai dari olahraga hingga mengatur pola konsumsi makanan. Daun sirsak dipercaya bisa menurunkan berat badan karena melancarkan pencernaan. Daun sirsak ini bisa melancarkan pembuangan air besar sehingga berat badan lebih mudah terkontrol:


.33. Melancarkan Sistem Pencernaan.

Daun sirsak memiliki kandungan berbagai vitamin, mineral, kalsium yang tinggi. Tapi tak hanya itu saja daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antimikroba. Mengonsumsi teh daun sirsak juga dapat membantu melancarkan dan mencegah terjadinya sembelit, kembung, diare hingga gangguan pencernaan lainnya. Antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak juga mampu menyeimbangkan mikroflora pada usus:


.34. Mengobati Maag.

Para penderita sakit maag tentu tahu benar betapa menyakitkannya lambung terasa saat penyakit maag tersebut kambuh. Jika sudah begini, maka tubuh gak akan terasa nyaman saat diajak untuk menjalankan aktivitas rutin seperti biasanya. Bagi Kawan-kawan yang ingin terhindar dari sakit maag yang sering kambuh dan nyerinya yang gak tertahankan, bisa coba minum air rebusan daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan yang bisa membantu mengurangi peradangan, serta menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkannya. Gak hanya itu saja, daun sirsak juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan tubuh dari sakit maag bisa berjalan dengan lebih cepat:


.35. Memelihara Kesehatan Mulut.

Daun sirsak bersifat bakterisidal dan fungisidal. Daun sirsak bisa menghambat pertumbuhan streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, dan Candida albicans.

Ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk melawan melawan bau mulut yang diakibatkan oleh jamur maupun bakteri karena memiliki sifat antimikroba dan fungisida. Kemampuan tersebut menunjukkan potensi daun sirsak dalam mengobati gangguan mulut. Kamu bisa berkumur secara rutin dengan air rebusan daun sirsak untuk menjaga kesehatan mulut:


.36. Meringankan Gejala Fibromyalgia.

Dikutip dari Science Daily, Ana María Quilez dari tim peneliti tanaman obat dari Departemen Farmakologi di University of Seville, mengungkapkan bahwa diet yang dilengkapi dengan air ekstrak daun sirsak dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan fibromyalgia, seperti rasa sakit kronis, kecemasan dan depresi. Hal ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan pasien fibromyalgia:


.37. Antipiretik.

Daun sirsak mengandung antipiretik. Antipiretik adalah obat penurun panas. Obat-obat antipiretik juga menekan gejala-gejala yang biasanya menyertai demam seperti mialgia, kedinginan, nyeri kepala, dan lain-lain:


.38. Sifat Antioksidan.

Senyawa alami ini memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan dan membunuh bakteri. Jerawat bisa saja disebabkan oleh adanya infeksi bakteri selain itu, jerawat juga bisa menyebabkan peradangan. Selain itu, antioksidan juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Produksi minyak berlebihan inilah yang bisa memicu jerawat tumbuh di wajah:


.39. Sifat Antibakteri.

Penelitian yang pernah dilakukan di Brazil pada tahun 2010 diketahui daun sirsak memiliki anti bakteri. Sifat inilah yang ternyata bisa menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang bisa memicu jerawat:


.40. Sifat Anti Radang.

Pada Journal of Medicinal Food (2014), menjelaskan bahwa manfaat daun sirsak bisa meredakan peradangan. Jerawat ini bisa menyebabkan adanya peradangan pada kulit yang ditKawan-kawani dengan warna kemerahan. Ekstrak daun sirsak dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut:


.41. Antivirus.

Daun sirsak memiliki sifat antivirus. Zat antivirus adalah golongan zat yang digunakan untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti flu, HIV/AIDS, herpes, atau hepatitis. Kebanyakan infeksi virus dapat sembuh dengan sendirinya berkat sistem kekebalan tubuh. Namun, zat antivirus perlu digunakan untuk infeksi virus yang dapat bertahan lama dalam tubuh atau infeksi virus yang dapat mengancam nyawa, misalnya infeksi virus SARS-CoV-2, virus hepatitis B, atau HIV:


.42. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker

Daun sirsak memiliki sifat antikanker. Anti kanker atau yang dalam farmakologi sering disebut obat sitostatika merupakan suatu obat yang digunakan untuk membunuh atau menghambat mekanisme proliferasi sel kanker:


.43. Antitumor.

Daun sirsak memiliki sifat antitumor. Daun sirsak dipercaya memiliki zat yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh:


.44. Antiparasit.

Daun sirsak memiliki zat antiparasit. Antiparasit adalah zat yang dapat membunuh parasit. Daun sirsak dipercaya memiliki zat antiparasit yang dapat membunuh parasit yang menginfeksi tubuh dan menyebabkan penyakit:


.45. Antimalaria: Mencegah malaria

Daun sirsak memiliki zat antimalaria. Antimalaria adalah zat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal (protozoa) yang ditularkanmelalui gigitan nyamuk Anophelesbetina yang menggigit pada malam hari:


.46. Antileishmanial.

Daun sirsak memiliki zat antileishmanial. Leishmaniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa yang termasuk dalam genus Leishmania dan ditularkan lewat gigitan sejenis lalat genus Lutzomyia dan Phlebotomus. Penyakit ini dinamai menurut penemunya William Boog Leishman dan juga dikenal sebagai Leichmaniosis, Leishmaniose, dan leishmaniose:


.47. Antispasmodik.

Daun sirsak mengandung antipasmodik. Antispasmodik adalah zat yang bekerja untuk merilekskan kerja otot saluran pencernaan. Otot yang dimaksud disini adalah otot polos yang menyusun organ usus sehingga usus dapat berkontraksi memompakan isinya keluar dari tubuh:


.48. Antikonvulsan.

Daun sirsak mengandung antikonvulsan. Antikonvulsan atau Antikejang adalah sekelompok obat farmakologi yang dipakai dalam pengobatan kejang epileptik. Antikejang juga banyak dipakai dalam pengobatan penyakit bipolar dan gangguan kepribadian ambang, karena beberapa obat dipKawan-kawanng bertindak sebagai penstabil perasaan dan mengobati nyeri neuropatik:


.49. Astringent.

Daun sirsak mengandung zat astringent. Astringent adalah zat yang menyebabkan jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut. Terdapat berbagai manfaat astringent untuk medis. Selain itu, banyak perusahaan kosmetik menjual astringent untuk perawatan kulit:


.50. Antimutagenik.

Daun sirsak mengandung sifat atimutagenik. Antimutagenik merupakan kemampuan untuk mencegah sel-sel bermutasi dan berubah menjadi kanker atau penyakit kronis lainnya:


.51. Analgesik.

Daun sirsak memiliki sifat analgesik. Analgesik ialah istilah yang digunakan untuk mewakili sekelompok zat yang digunakan sebagai pereda nyeri:


.52. Hipotensif.

Daun sirsak memiliki sifat hipotensif. Sifat hipotensif adalah kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah:


.53. Hipoglikemik.

Daun sirsak memiliki efek hipoglikemik. Efek hipoglikemik adalah kemampuan untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan kandungan efek hipoglikemik inilah dun sirsak digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes:


.54. Kardiodepresan.

Daun sirsak memiliki sifat kardiodepresan. Zat kardiodepresan berfungsi untuk menekan aktivitas jantung, sehingga jantung kembali sehat dan normal kembali baik dari segi kinerja maupun dari segi fisik jantung tersebut:


.55. Galactogogue.

Daun sirsak digolongkan sebagai galactogogue karena mengandung lactogogue. Lactogogue adalah zat yang dipercaya dapat membantu merangsang, mempertahankan atau meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) ibu menyusui:


.56. Sedatif.

Daun sirsak memiliki efek sedatif atau menenangkan. Efek sedatif daun sirsak ini karena daun sirsak memiliki zat sedatif yakni zat yang dapat membantu menenangkan diri, membuat rileks, dan memudahkan tidur:


.57. Stomakika.

Daun sirsak mengandung stomakika. Stomakika adalah Senyawa yang dapat memacu enzim pencernaan sehingga dapat menambah nafsu selera makan. Sangat bermanfaat untuk mengobati anemia untuk meningkatkan nafsu makan. Menaikkan berat badan ideal, untuk orang yang bertubuh kurus ata baru sembuh dari penyakit:


.58. Vasodilator..

Daun sirsak berfungsi sebagai vasodilator. Vasodilator adalah salah satu golongan obat yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah. Obat ini digunakan untuk menangani masalah kesehatan yang terkait dengan jantung seperti gagal jantung kongestif, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan preeklampsia.

Obat vasodilator bekerja untuk melebarkan pembuluh darah arteri dan vena dengan mengendurkan otot-otot pada dinding arteri. Nantinya, pembuluh darah yang telah melebar akan melancarkan aliran darah sehingga dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah dan oksigen:


.59. Vermifuge.

Daun sirsak mengandung vermifuge. Vermifuge adalah zat yang dapat mematikan atau melumpuhkan cacing dalam usus manusia atau hewan sehingga cacing dapat dikeluarkan bersama-sama dengan kotoran:


.60. Diuretik.

Daun sirsak memiliki senyawa diuretik. Diuretik adalah senyawa yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Digunakan untuk pengobatan gangguan saluran kemih dan anyang-anyang.Pengobatan penyakit ginjal, mencuci ginjal dari racun yang mengendap:



Efek Samping Daun Sirsak:


Meskipun manfaat daun sirsak sangat banyak namun tidak membuat bahan alami ini aman 100%, sebab dilihat dari sehatq.com, ternyata ada beberapa efek samping daun sirsak yang patut kita waspadai. Beberapa efek samping tersebut antara lain menyebabkan toksisitas pada hati, gangguan pada ginjal, kerusakan di bagian saraf, kelainan pada gerah hingga Myeloneuropathy dengan gejala seperti tremor atau kaku pada otot.

Obat herbal daun sirsak juga tidak diperkenankan dikonsumsi oleh orang yang sedang mengkonsumsi obat untuk tekanan darah tinggi, obat diabetes, mempunya penyakit hati atau ginjal, memiliki trombosit yang rendah, serta tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi efek samping daun sirsak tersebut? Ada beberapa langkah untuk mencegah efek samping seperti;

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi daun sirsak. Jika Kawan-kawan tidak memiliki cukup waktu untuk konsultasi langsung, Kawan-kawan bisa berkonsultasi melalui aplikasi telemedicine yang saat ini sudah banyak pilihannya.

Ketika sedang mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah sebaiknya jangan konsumsi obat herbal dari daun sirsak ini.

Konsumsi air rebusan daun sirsak dalam jumlah yang wajar.

Jika muncul gejala masalah kesehatan setelah konsumsi obat herbal ini, maka harus dihentikan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun sirsak berserta efek sampingnya. Tidak berlebihan dan berhati-hati dalam mengkonsumsi obat herbal merupakan kunci agar bisa mendapatkan manfaat secara optimal. Jangan sungkan untuk bertanya langsung dengan ahli jika memang merasakan ada gangguan setelah konsumsi obat herbal dari daun sirsak ini.


Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Komentar