Masya Alloh, Inilah 37 Manfaat Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Binahong adalah salah satu jenis tumbuhan herbal yang sudah terbukti khasiatnya.Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah “Bassela Rubra Linn” ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Nama binahong sendiri diperoleh dari bahasa Korea. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan tidak membutuhkan wilayah dan areal yang luas untuk tumbuh.

Tumbuhan binahong, mulai dari akar hingga daunnya memiliki banyak sekali khasiat dan juga manfaat bagi kesehatan kita dan sering dimanfaatkan sebagai tumbuhan herbal. Berikut ini 37 manfaat dan khasiat binahong untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Antibakteri.

Beberapa penelitian telah menunjukkan hasil yang menjanjikan antibakteri pada daun binahong. Daun binahong ditemukan baik untuk menghambat pertumbuhan Porphyromonas gingivalis, Prevotella intermedia, Mycobacterium tuberculosis, Streptococcus mutans, Bacillus cereus, Salmonella enteritidis, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis.

2. Menyembuhkan luka luar.

Binahong adalah salah satu tanaman herbal yang mampu menyembuhkan luka. Dengan adanya binahong, maka luka yang anda alami dapat cepat sembuh, paling tidak membantu proses agar luka tersebut menjadi lebih cepat kering.

3. Menyamarkan bekas luka.

Biasanya, setelah luka pada kulit seseorang mengalami kesembuhan, akan terdapat bekas luka yang mengganggu. Dengan mengompres bekas luka tersebut menggunakan daun binahong, maka bekas luka yang mengganggu tersebut secara perlahan dapat hilang, dan kulit akan terbebas dari bekas luka yang akan sangat mengganggu penampilan anda.

4. Mempercepat Penyembuhan pada Luka Bakar.

Daun binahong dapat mempercepat proses penyembuhan luka, tak terkecuali pada luka bakar. Manfaat tersebut diyakini berasal dari tanin, saponin, dan flavonoid yang dikandungnya. 

Saponin yang terkandung pada daun binahong berguna sebagai antiseptik yang mampu mencegah terjadinya infeksi bakteri yang bisa memperlambat proses penyembuhan luka. Di sisi lain, senyawa tersebut juga bisa mempercepat produksi kolagen. Sementara untuk flavonoid terbukti ampuh kurangi peradangan di luka, dan tanin mampu mengecilkan pori kulit yang terluka dan mencegah pendarahan ringan dan produksi nanah sehingga luka bisa tertutup dengan lebih cepat.

5. Menyembuhkan ambeyen dan wasir.

Ambeyen atau sering dikenal dengan istilah wasir merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat erat kaitannya dengan asupan serat di dalam tubuh. Selain itu, ambeyen juga dapat muncul karena adanya faktor genetik atau keturunan. Dengan menggunakan daun binahong, maka wasir atau ambeyen yang anda alami dapat sembuh dan berkurang gejala – gejalanya.

6. Meredakan batuk.

Ramuan larutan dari daun binahong dapat membantu meredakan batuk. Larutan dari daun binahong ini memiliki manfaat yang sangat efektif dan juga sangat baik untuk meredakan batuk, dan juga Menyembuhkan radang tenggorokan, sehingga dapat berefek pada leganya tenggorokan.

7. Mengatasi anemia.

Larutan dari daun binahong memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah dan juga mengatasi gejala-gejala anemia, alias gejala kekurangan darah pada diri seseorang. Biasanya anemia akan memiliki gejala umum berupa tubuh yang sering merasa lelah dan lemas, sering mengalami pusing dan juga daya tahan tubuh yang menurun.

8. Melancarkan pencernaan.

Manfaat daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme.

9. Menyembuhkan disentri dan diare.

Binahong dapat Menyembuhkan masalah pada organ pencernaan. Salah satu masalah tersebut adalah penyakit diare dan juga disentri. Larutan daun binahong dapat membantu menyembuhkan diare dan disentri yang diderita.

10. Menyembuhkan gatal dan penyakit kulit.

Gatal-gatal dan juga penyakit kulit, seperti eksim, ruam, infeksi kulit, dan juga kutu air juga dapat disembuhkan dengan mamanfaatkan daun binahong. Caranya cukup dengan menempelkan cacahan dari daun binahong ke bagian kulit yang mengalami gangguan tersebut.

11. Menyembuhkan gejala yang diakibatkan gegar otak.

Gegar otak merupakan kondisi medis dimana otak mengalami trauma akibat cedera yang terjadi karena kecelakaan dan beberapa hal tertentu. Biasanya gegar otak dapat menimbulkan gejala pusing, sakit kepala dan juga vertigo. Daun binahong dapat menyembuhkan gejala-gejala tersebut.

12. Menyembuhkan gusi berdarah.

Daun binahong juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk Menyembuhkan pendarahan pada baian gusi, atau ang sering kita kenal dengan gusi berdarah. Caranya juga sangat mudah, hanya dengan menempelkan daun binahong pada bagian gusi yang mengalami pendarahan.

13. Menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu manfaat terpenting dari daun binahong bagi kesehatan adalah dapat membantu untuk menurunkan kadar kolerstrol. Larutan daun binahong dapat membantu mengontrol dan juga menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

14. Mencegah munculnya gejala asam urat.

Daun binahong ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya gejala-gejala asam urat. Asam urat memiliki gejala yang amat menyiksa ketika kambuh dan dapat dicegah dengan memanfaatkan binahong.

Manfaat ini berasal dari flavonoid yang dipercaya mampu menghambat asam urat terbentuk dan bisa mencegah serta mengurangi risiko masalah asam urat.

15. Menyembuhkan pembengkakan dan radang usus.

Terkadang, rasa perih dan juga rasa sakit pada bagian perut juga dapat disebabkan oleh adanya suatu pembengkakan dan juga peradangan pada bagian usus. Larutan daun binahong akan membantu menyembuhkan pembengkakan dan juga radang usus yang menyerang.

16. Menyembuhkan penyakit maag.

Maag adalah jenis penyakit yang bisa menyerang siapa pun tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Akibat gaya hidup dan pola konsumsi yang kurang tepat, siapa saja bisa menderita masalah kesehatan ini.

Daun binahong merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menyembuhkan gejala-gejala penyakit maag pada tubuh.

17. Menurunkan Risiko Diabetes.

Air rebusan daun binahong bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes. Manfaat ini didukung dengan sejumlah penelitian yang menguak kemampuannya dalam menekan kadar gula darah pasca makan. 

Senyawa kumarin, steroid, dan flavonoid pada daun binahong merupakan pemeran utama dari khasiat menurunkan risiko diabetes ini. Kombinasi dari ketiga senyawa alami tersebut mampu menghambat penyerapan dan pemecahan gula pada usus serta mendorong fungsi dan produksi hormon insulin.

18. Mengatasi Hipertensi dan Mencegah Penyakit Jantung.

Daun binahong dapat menjadi penyembuh hipertensi dan juga mencegah serangan jantung. Kandungan pada ekstrak daun binahong pun mempunyai efek mengontrol detak jantung serta mendorong produksi urine.

Dalam kata lain, ekstrak dari daun binahong diyakini mampu bermanfaat bagi penderita hipertensi. Ekstrak tanaman tersebut juga andal menurunkan tingkat kolesterol jahat serta lemak di dalam darah. Gabungan dari efek penurun kolesterol dan anti hipertensi tersebut amat penting guna mencegah serangan jantung maupun gagal jantung. 

19. Mencegah stroke.

Tak hanya daunnya, umbi dari tanaman binahong pun memililki manfaat. Salah satu manfaat umbi binahong adalah dapat mencegah terjadinya stroke, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan menyebabkan kelumpuhan.

20. Mengatasi Masalah Darah Rendah.

Daun binahong dapat menjadi penyembuh untuk darah rendah. Menurut beberapa sumber, daun binahong memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah tubuh sehingga efektif menangani masalah darah rendah agar gejala yang ditimbulkannya tidak sering kambuh. 

21. Mengurangi gejala sesak nafas.

Binahong juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu penyembuh herbal yang dapat mengurangi gejala sesak nafas. Larutan daun binahong akan membantu menyembuhkan gejala-gejala sesak nafas yang diderita.

22. Mengatasi radang ginjal.

Binahong juga sangat baik manfaatnya untuk Menyembuhkan radang pada ginjal. Perlu diketahui bahwa radang pada ginjal dapat berakibat buruk, karena berhubungan dengan proses sekresi dan juga proses pencernaan. Apabila tidak disembuhkan, radang ginjal akan membawa dampak lebih buruk pada ginjal.

23. Menyembuhkan mimisan.

Daun binahong dapat Menyembuhkan mimisan. Caranya adalah dengan memasukkan daun binahong yang digulung ke dalam lubang hidung yang mengalami mimisan, lalu tunggu hingga pendarahannya berhenti.

24. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Binahong dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan dan juga stamina tubuh.

25. Mencegah Munculnya Sel Kanker.

Sebagai tumbuhan yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang kaya, daun binahong mampu menurunkan risiko seseorang terkena sel kanker. Air rebusan dari daun binahong yang sudah dikeringkan yang diminum sekali sehari dengan rutin akan membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

26. Mengatasi Masalah Lemah Syahwat

Khusus untuk kaum pria, lemah syahwat bisa menjadi masalah serius yang bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan membuat racikan herbal menggunakan daun binahong.

Rebus sekitar 3 sampai 10 lembar daun binahong dengan dua gelas air. Setelah mendidih dan hanya tersisa sekitar 1 gelas air rebusan, racikan diminum selagi hangat dengan rutin agar masalah lemah syahwat bisa teratasi.

27. Melancarkan Haid.

Ada pula manfaat daun binahong untuk kaum hawa, yaitu melancarkan haid dan meredakan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Air rebusan dari daun binahong dapat membantu mengatasi masalah haid yang tidak lancar. 

28. Ampuh Tangani Sariawan Kronis

Bagi kebanyakan orang, sariawan mungkin bukanlah masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, saat mengalami sariawan, penderitanya sering kali merasa tidak nyaman dan nyeri yang cukup mengganggu. Air rebusan daun binahong yang telah didinginkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif penyembuhan sariawan kronis.

29. Meredakan Inflamasi

Manfaat lainnya dari daun satu ini adalah dapat meredakan inflamasi. Seperti disebutkan sebelumnya, daun ini mempunyai kandungan anti inflamasi yang mampu mengatasi masalah peradangan pada tubuh.

Kandungan ini diperoleh dari senyawa flavonoid yang tidak hanya mempunyai sifat anti peradangan tetapi juga anti bakteri dan antioksidan.

Kandungan ini dapat bekerja menghambat bakteri E.coli dan S.aereus yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit, salah satunya Infeksi Saluran Kemih (ISK).

30. Dapat mencerahkan kulit.

Kulit yang cerah merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memperoleh kulit yan gcerah, tak perlu repot–repot membeli produk kecantikan. Daun binahong dapat membantu mencerahkan dan juga menghaluskan kulit.

31. Menyembuhkan dan membersihkan jerawat.

Bagi kebanyakan orang, memiliki jerawat terasa seperti mimpi buruk. Umumnya terjadi pada wajah, kemunculan jerawat sering kali memengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Karenanya, saat memiliki jerawat, tak sedikit orang langsung panik dan mencari cara untuk segera menyembuhkannya.

Cacahan daun binahong yang ditempelkan pada bagian-bagian wajah yang berjerawat akan sangat efektif untuk Menyembuhkan dan juga membersihkan wajah dari jerawat, sehingga membuat wajah akan terlihat lebih segar dan juga bersih.

32. Menghaluskan kulit wajah

Daun binahong dapat menghaluskan kulit wajah. Ambil daun binahong sebanyak 20 lembar, lalu rebus dengan 500 mililiter air.   

Diamkan beberapa saat hingga air rebusan dingin, kemudian gunakan untuk mencuci muka. Lakukan cara ini setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari untuk hasil yang optimal.    

33. Menghilangkan komedo.

Daun binahong dapat menghilangkan komedo. Banyak orang yang kesal dengan kemunculan komedo di wajah, terutama di bagian hidung.  

Tentu saja, karena komedo sangat mengganggu penampilan. Cara untuk menghilangkannya, cobalah gunakan daun binahong.  

Daun binahong direbus lalu gunakan air rebusan untuk mencuci muka. Cara agar hasilnya maksimal, yaitu gunakan secara rutin tiga kali sehari.   

34. Mengencangkan kulit wajah.

Daun binahong juga dapat mengencangkan kulit wajah. Sebagian besar wanita, pasti akan merasa percaya diri jika memiliki kulit wajah yang kencang.  

Untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang dan sehat alami, air rebusan daun binahong yang sudah dingin yang diminum akan membantu mengencangkan kulit wajah.

35. Mencegah penuaan dini.

Manfaat daun binahong sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Ini karena daun binahong merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah. Binahong juga terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

36. Menyehatkan mata.

Manfaat daun binahong seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Bersama dengan Vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya tetapi batangnya adalah sumber vitamin A. 

37. Menguatkan ingatan.

Kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko Depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi;

Dosis umum minum binahong.

Pengolahan daun binahong untuk pengobatan ada dosis umum yang disarankan. Berikut cara merebus daun binahong:

1. Ambil 9-11 lembar daun (tidak muda juga tidak terlalu tua), cuci bersih.

2. Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas.

3. Minum 2 kali sehari pagi dan sore atau malam hari.

Itulah 37 manfaat dari binahong untuk kesehatan dan kecantikan yang dikumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Komentar