Good Bye PageRank

Good By PageRank!

image

Kalimat itu semestinya yang Kang Kombor sampaikan sambil dadah ke PageRank. Bukan karena PageRank nggak perlu buat blog atau website. Bukan, bukan karena itu.

[+] Lalu karena apa, Kang?

Bukan karena itu. Pagerank jelas masih menjadi salah satu ukuran mengenai nilai penting sebuah blog/website/halaman web atas suatu topik, terutama di mata Google. Semakin tinggi pagerank suatu halaman web/situs web, semakin dipercaya halaman web/situs web tersebut oleh Google. Jadi bukan karena pagerank nggak perlu.

[+] Iya. Iya. Lalu karena apa?

Kang Kombor pernah mengejar-ngejar pagerank sehingga domain kombor.com dulu pernah punya PR5. Setelah itu, turun lagi menjadi PR4, lalu PR3, lalu lama dengan PR2. Dengan PR4 waktu itu blog ini diterima oleh TextLinkAds. Diterima oleh SponsoredReviews walaupun tidak pernah ngebid kerjaan. Diterima oleh Blogsvertise walaupun ketika diberi 3 kerjaan malah tidak mau mengerjakan. Oleh karena itu, pagerank Kang Kombor pandang masih perlu untuk sebuah blog. Dus, bukan karena pagerank nggak perlu maka Kang Kombor mengatakan “Good bye PageRank!”. Bukan karena itu.

[+] Ah… sudahlah Kang. Aku nggak nanya lagi sebabnya.

Nah. Kang Kombor mengatakan good bye pagerank karena blog ini pada pagerank update terakhir telah diberi hadiah oleh Google menjadi PR0.

So, pantas kan apabila Kang Kombor mengatakan “Good bye PageRank!”?

PageRank memang aneh saat ini. Ada satu domain yang diparkir dan tidak diberi inbound links tetapi tetap bertengger di PR3. Akhirnya, domain itu dikeluarkan dari parkiran dan dipakai untuk autoblogging. Entah pada pagerank yang akan datang, apakah akan dihajar jadi PR0 juga oleh Google. Ada satu blog di blogspot yang tidak pernah update karena isinya hanya agregator dari feedjumbler masih dikasih PR2.

Jangan-jangan, selama ini Kang Kombor nggak peduli pada SEO. Hihihi…

Memang sih, akhir-akhir ini blog ini lebih banyak memberikan outgoing links daripada incoming links. Kang Kombor tidak mencoba untuk mengurangi outgoing links karena memang ada links yang otomatis akan disisipkan oleh WindowsLiveWriter yang Kang Kombor pakai. Hehehe, masa ngasih outgoing links saja pelit.

Nah, itulah bedanya Allah SWT dengan Google. Apabila banyak sedekah, maka Allah akan membalas kita dengan rejeki yang makin banyak. Sedangkan, apabila kita dermawan dalam memberikan outgoing links, Google justru akan menurunkan pagerank kita.

Oleh karena itu, mumpung bulan Ramadhan, perbanyaklah sedekah. Banyak sedekah tidak membuat kita miskin karena Allah SWT akan membalas harta yang kita sedekahkan dengan nilai yang lebih besar. Orang yang banyak memberi akan diberi banyak rejeki oleh Allah. Sebaliknya, orang yang kikir, akan dijauhkan rejekinya. Atau, minimal ia tidak bahagia dengan hartanya itu.

Lohhh… kok malah ngomongin sedekah. Ya sudahlah, good bye pagerank!

Bantu saya dengan membagi artikel di atas ke media sosial:

Tentang Kang Kombor

Seorang blogger desa, alumni Perguruan Pirikan, pernah belajar Manajemen di FE UPH, pernah bekerja sebagai penjual (salesman), punya pengalaman seputar pengembangan bisnis (busines development) dan manajemen proyek (project management).

2 komentar

Click here for komentar
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Minggu, September 27, 2009 4:29:00 PM

sama kang.. sebenernya saya juga gak peduli sama pagerank. Yang terpenting rame pengunjung dan terindex di mesin pencari google.

Balas
Terima Kasih Sudah Berkomentar
Sabtu, Oktober 24, 2015 3:18:00 PM

Nice info. Thanks for sharing.

Balas

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan